Friday, November 11, 2016

Manajemen Kinerja

Oleh : Sari Malem
NIM : 41616110075




Konsep Manajemen Kinerja
Menurut Dessler (2005) , Manajemen kinerja adalah proses dimana eksekutif, manajer, dan supervisor bekerja untuk mengaitkan/mensejajarkan tujuan karyawan dengan tujuan perusahaan. Arti dari manajemen kinerja meliputi : performance management dan managing employee performance. Selanjutnya definisi program manajemen kinerja meliputi: (1) merencanakan, (2) proses manajemen, dan (3) produktivitas. Manajemen kinerja meliputi pengelolaan semua elemen proses organisasi yang mempengaruhi prestasi meliputi penetapan tujuan, seleksi & penempatan pekerja, penilaian, kompensasi, pelatihan, dan manajemen karir.

Ruang Lingkup Program Manajeman Kinerja terdiri dari beberapa elemen:
 Teknologi (Peralatan, metode kerja)
 Kualitas dari input (termasuk material)
 Kualitas lingkup fisik (keselamatan, kesehatankerja)
 Iklim dan budaya organisasi (termasuk supervisi dan kepemimpinan
 Sistem kompensasi dan imbalan

Di dalam organisasi penting untuk menentapkan program manajemen kinerja, dimana program manajemen kinerja merupakan sebuah proses. Program manajemen kinerja pada dasarnya adalah sebuah proses dalam manjemen sumber daya manusia. Istilah “manajemen” dalam program tersebut mempunyai implikasi bahwa kegiatan tersebut harus dilaksanakan sebagai sebuah proses manajemen yang umum yang dimulai dengan penetapan tujuan dan sasaran dan diakhiri dengan evaluasi.

program manajemen kinerja memliki tujuan/manfaat antara lain:
 Meningkatkan prestasi kerja karyawan
 Peningkatan yang terjadi pada prestasi karyawan
 Merangsang minat dalam pengembangan pribadi
 Membantu perusahaan untuk dapat menyusun progam pengembangan dan pelatihan karyawan yang  lebih tepat guna.
 Menyediakan alat atau sarana untk membandingkan prestasi kerja pegawai
 Memberikan kesempatan pada pegawai untuk mengeluarkan perasaanya tentang pekerjaan

Sejumlah penyebab umum yang sering menimbulkan kegagalan dan harus dihindarkan dalam menerapkan manajemen kinerja disebutkan oleh Oliver (1985) yang dikutif oleh Dessler (2005) sebagai berikut:
 Tidak adanya standar.
 Standar yang relevan dan bersifat subyektif.
 Standar yang tidak realistis.
 Ukuran prestasi yang tidak tepat
 Kesalahan penilai.
 Pemberian umpan balik secara buruk.
 Komunikasi yang negatif.
 Kegagalan untuk memanfaatkan data hasil penilaian

PROSES MANAJEMEN
Menurut James A.F. Stoner, Edward Freeman dan Daniel R. Gilbert (1996), sejak akhir abad kesembilan belas, biasanya manajemen didefinisikan dalam empat fungsi spesifik dari manajer, yaitu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan. Walaupun kerangka kerja ini masih terus diteliti, pada umumnya masih diterima. Proses adalah cara sistematik yang sudah ditetapkan dalam melakukan kegiatan atau metode sistematik dalam menangani aktivitas.
1 Merencanakan adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi. Manajer memikirkan dengan matang terlebih dahulu sasaran dan tindakan serta tindakan mereka berdasarkan pada beberapa metode, rencana, atau logika dan bukan berdasarkan perasaan.
2 Mengorganisasikan adalah proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dengan cara terstruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran. Proses mengatur dan mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber daya di antara anggota organisasi, sehingga mereka dapat mencapai sasaran organisasi.
3 Memimpin adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau sebuah organisasi. Meliputi mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas yang penting.
4 Mengendalikan adalah proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan. Manajer harus yakin tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakkan organisasi ke arah sasaran yang telah dirumuskan.

Menurut Richard L. Daft (2010), fungsi-fungsi manajemen ada empat yaitu:
1 Perencanaan adalah sebuah fungsi manajemen yang meliputi pendefinisian sasaran, penetapan strategi untuk mencapai sasaran, dan pengembangan rencana kerja untuk mengelola aktivitas.
2 Penataan (pengorganisasian) adalah sebuah fungsi manajemen yang melibatkan tindakan-tindakan penataan dan pengaturan berbagai aktivitas kerja secara terstruktur demi mencapai sasaran organisasi.
3 Kepemimpinan adalah sebuah fungsi manajemen yang melibatkan interaksi dengan orang-orang lain untuk mencapai sasaran organisasi.
4Pengendalian adalah sebuah fungsi manajemen yang melibatkan tindakan-tindakan pengawasan, penilaian, dan koreksi terhadap kinerja dan hasil pekerjaan.

BERBAGAI TINGKAT MANAJEMEN
Menurut Ike Kusdyah Rachmawati (2004) ada tiga tingkat manajer yaitu:
1.      Manajer Pertama atau Tingkat Pertama merupakan tingkat paling rendah dalam sebuah organisasi dimana orang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. Manajer lini pertama mengarahkan karyawan non-manajemen; mereka tidak mengawasi manajer yang lain.
2.       Manajer Menengah dapat mencakup lebih dari satu tingkat dalam sebuah organisasi. Manajer menengah mengarahkan kegiatan manajer dari tingkat yang lebih rendah dan kadang-kadang karyawan operasional juga. Mereka juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior.
3.      Manajer Puncak terdiri dari kelompok yang relatif sedikit. Manajer Puncak bertanggung jawab untuk manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi. Orang-orang ini disebut eksekutif. Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah “chief executive officer”, presiden dan wakil presiden.

MANAJEMEN SEBAGAI SUATU KEISTIMEWAAN DALAM WAKTU DAN HUBUNGAN MANUSIA   

Menurut James A.F. Stoner, Edward Freeman dan Daniel R. Gilbert (1996), manajemen adalah suatu keistimewaan dalam menangani masalah waktu dan hubungan manusia ketika hal tersebut muncul dalam organisasi. Ide kita tentang waktu dalam organisasi mempunyai beberapa elemen sebagai berikut.
1.      Manajemen adalah usaha menciptakan masa depan yang lebih baik, dengan mengingat masa lalu dan masa kini.
2.      Manajemen dipraktekkan di dalam dan refleksi dari era sejarah tertentu.
3.      Manajemen adalah kegiatan yang menghasilkan konsekuensi dan pengaruh yang muncul dengan berlalunya waktu.

Kepentingan hubungan manusia juga melibatkan beberapa ide sebagai berikut.
1. Manajer bertindak dalam hubungan yang bersifat dua arah; setiap pihak dipengaruhi oleh yang lain. 2. Manajer bertindak dalam hubungan yang pengaruhnya menyebar kepada orang lain, dapat membuat menjadi lebih baik dan bisa pula lebih buruk.
3. Manajer dengan cepat memainkan hubungan simultan berganda.

Manajemen adalah aktivitas utama yang membuat perbedaan dalam hal seberapa baik organisasi melayani orang yang dipengaruhi olehnya. Sejauh mana keberhasilan suatu organisasi mencapai tujuannya, dan memenuhi tanggung jawab sosialnya, banyak tergantung pada para manajernya. Bila para manajer melakukan pekerjaan mereka dengan baik, suatu organisasi mungkin akan mencapai sasarannya.

Daftar Pustaka

Dessler, Gary. 2005. Human Resource Management. 10th Edition. Pearson Prentice-Hall, Inc., Florida.
Ike Kusdyah Rachmawati, Manajemen, Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2004
James A. F. Stoner, R. Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, Manajemen, Jilid Satu, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Prenhallindo, Jakarta, 1996 .
Richard L. Daft, Era Baru Manajemen Buku Satu, Edisi Sembilan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2010.
Triyono. 2010. Manajer dan Pengelolaan Pada Era Milenium. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=98371&val=5094, diakses pada tanggal 10 November 2016 pukul  4.40 WIB.





















2 comments:

  1. @A04-MAULANA

    Poin 2

    Penulisan sudah cukup baik, namun perlu dirapikan lagi point point penjelasannya agara lebih nyaman saat membaca.

    Manajemen kinerja memang salah satu faktor dalam merencanakan MSDM yang baik. Hal yang kurang dalan artikel ini adalah kurangnya penjelasan dalam hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan manajemen pada segi kinerja.
    Karena menurut saya hal tersebut perlu ditekankan dalam artikel ini.

    Wassalam.

    ReplyDelete
  2. Materi yang disampaikan sudah baik, namun dalam penulisan perlu diperbaiki sedikit, mind mapp sudah baik dan menarik,secara keseluruhan sudah baik, sukses untuk sari 😊
    Point untuk mind mapp: 3

    ReplyDelete