Sunday, June 13, 2021

KOMUNIKASI JEMBATAN MANAJEMEN ORGANISASI

 

KOMUNIKASI JEMBATAN MANAJEMEN ORGANISASI

Nama : Gimawati Sudibyo

NIM : 41619010019

gimaa21@gmail.com

ABSTRAK

                Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau kelompok, organisasi, dan masyarakatmenciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan oranglain. Menajemen sering juga didefinisikan sebagai seni untuk melaksanakan suatu pekerjaanmelalui orang lain. karena itu manajemen komunikasi merupakan perpaduan konsep komunikasidan manajemen yang diaplikasikan dalam berbagai kegiatan komunikasi dengan tujuan untukmembuat pelaksanaann komunikasi itu berjalan efektif, sehingga pesan atau hasil yang diharapakandari penyampaian informasi tadi sesuai dengan yang diharapkan.

ABSTRACT

                Communication is a process by which a person or group, organization, and society create, and use information to connect with the environment and other people. Management is often defined as the art of carrying out a job through other people. Therefore, communication management is a combination of communication and management concepts that are applied in various communication activities with the aim of making the implementation of the communication run effectively, so that the message or result expected from the delivery of the information is as expected.

 

Kata Kunci : Manajemen, Komunikasi, Efektif, Tujuan.

 

PENDAHULUAN

                Menurut Soesanto (1976), komunikasi bertujuan untuk menciptakan keharmonisandiantara pelaku-pelaku komunikasi. Pola tindakan komunikasi untuk mencapai itu semuabukan hanya reaktif semata-mata, tetapi juga harus penuh dengan strategi. Dengan  berkomunikasikita bisa melihat berbagai macam individu dengan latar belakang, pendidikan, kepercayaan,ke-budayaan, keadaan jiwa, dan kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk Meningkatkan efektivitaskomuniikasi yang sering terjadi karena adanya berbagai masalah-masalah dalam ber-komunikasi. Untuk itu diperlukan, pertama  kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif.Pimpinan atau manajer mempunyai  peranan penting dalam proses komunikasi, karena sorangmanejer bisa  mengambil kebijakan atau  langkah-langkah untuk meningkatkan efektivitas komunikasi. Selanjutnya  yang diperlukan untuk meningkatakan efektifitas komunikasiadalah penggunaan umpan – balik. Komunikasi dua arah ini memungkinkan proses komunikasiberjalarn lebih efektif. Para pimpinan dan manajer dapat melakukan dua hal penting mendorongumpan balik dan menggunakannya secara efektif. Manajer dapat menciptakan lingkunganyang mendorong umpan balik, dan mendapatkan umpan balik melalui kegiatan merekasendiri. Tipe komunikasi dan cara penyampai manajer berkomunikasi dengan para bawahannyadapat menentukan jumlah umpan balik yang akan mereka terima. Di samping itu, perananaktif menejer untuk tetap menjaga dan mencari adanya umpat balik yang akan terjadi. Disinilahperanan manajemen partisipatif dan komunikasi tatap muka merupakan cara-cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas komunikasi melalui penggunaan umpan balik. Terakhir pimpinan dan menejer harus memiliki tehnik komunikasi yang baik, menjadikomunikator yang efektif. Dalam melaksanakan tugasnya manejer harus berkomunikasikankepada bawahannya agar rencana-rencana kegiatan dapat dilaksanakan. Pengarahanmengharuskan manejer untuk berkomunikasi agar yang menjadi tujuan kegiatan  dapattercapai. Jadi seorang manejer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen melaluiinteraksi dan komunikasi dengan pihak lain.

 

PERMASALAHAN

1.       Apa pengertian komunikasi?

2.       Apa pengertian manajemen?

3.       Bagaimana komunikasi bisa memengaruhi manajemen?

4.       Apa saja fungsi komunikasi dalam manajemen?

5.       Kenapa komunikasi diperlukan dalam organisasi?

6.       Bagaimana ciri komunikasi yang efektif?

 

PEMBAHASAN

1.       Pengertian Komunikasi

Istilah  komunikasi  dalam  bahasa  inggris “communication”, dari  bahasa latin “communicatus” yang  memounyai  arti  berbagi  atau  menjadi  milik  bersama, komunikasi   diartikan   sebagai   proses   sharing   diantara   pihak-pihak   yang melakukan  aktifitas  komunikasi  tersebut.  Menurut  Lexicographer,  komunikasi adalah  upaya  yang  bertujuan  berbagi  untuk  mencapai  kebersamaan.  Jika  dua orang  berkomunikasi  maka  pemahaman  yang  sama  terhadap  pesan  yang  saling dipertukarkan  adalah  tujuan  yang  diinginkan  oleh  keduanya. 

Webster‟s  New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977 antara lain menjelaskan bahwa komunikasi adalah   suatuproses   pertukaran   informasi   diantara   individu   melalui   system lambing-lambing, tanda-tanda, atau tingkah laku.Definisi komunikasi menurut beberapa ahli itu sendiri salah satunya adalah J.A  Devito  mengartikan  bahwa  komunikasi  merupakan  suatu  tindakan  oleh  satu orang  atau  lebih  yang  mengirim  dan  menerima  pesan  yang  terdistorsi  oleh gangguan  terjadi  dalam  satu  konteks  tertentu,  mempunyai  pengaruh  tertentu  dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik.Ilmu    komunikasi    sebagai    ilmu    pengetahuan    sosial    yang    bersifat multidisipliner, tidak bisa menghindari perspektif dari beberapa ahli  yang tertarik pada  kajian  komunikasi,  sehingga  definisi  dan  pengertian  komunikasi  menjadi semakin  banyak  dan  beragam.  Masing-masing  mempunyai  penekanan  arti, cakupan,  konteks  yang  berbeda  satu  sama  lain,  tetapi  pada  dasarnya  saling melengkapi     dan     menyempurnakan     makna     komunikasi     sejalan     dengan perkembangan ilmu komunikasi.

Menurut  Hovland,  Jains  dan  Kelley,  komunikasi  adalah  suatu  proses melalui  mana  seseorang  (komunikator)  menyampaikan  stimulus  (biasanya  dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan untuk membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). Komunikasi   adalah   proses   penyampaian   informasi,   gagasan,   emosi, keahlian  dan  lain-lain.  Melalui  penggunaaan  symbol-symbol  seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.

 

2.       Pengertian Manajemen

Manajemen adalah sekumpulan orang yang melakukan kegiatan planning, organizing,leading dan controlling. Manajemen mempunyai tanggung jawab tertinggi atas berbagaipengambilan keputusan yang berkaitan dengan bidang yang dibawahi. Karyawan danmanajemen merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan. Manajemen yang baikadalah manajemen yang dapat berkomunikasi dengan karyawan secara tepat. Manajemenmerupakan suatu proses merancang dan memelihara suatu lingkungan dimana orang-orang yang bekerja sama di dalam suatu kelompok dapat mencapai tujuan yang telahditetapkan dengan seefisien mungkin (H. Weihrich & H. Koontz).

Fungsi Manajemen.  

·         Fungsi Perencanaan (Planning). Yaitu suatu keputusan yang diambil untuk waktuyang akan datang meliputi apa yang dilakukan, kapan dan siapa yang melakukan“suatu keputusan yang diambil” mengandung maksud akan adanya upaya pemilihanalternatif dari berbagai alternatif yang ada.Pentingnya perencanaan :-Untuk menghilangkan atau mengurangi ketidak pastian di masa datang-Memusatkan perhatian setiap unit yang terlibat-Membuat kegiatan lebih ekonomis-Memungkinkan dilakukan pengawasan. 

·         Fungsi Pengorganisasian (Organizing). Yaitu suatu fungsi yang dijalankan berupa cara pengaturandari sekian banyak pekerjaan yang perlu dilakukan disesuaikan dengan sumber dayayang ada guna tercipta efisiensi di dalam bekerja dalam upaya pencapaian tujuan.

·         Fungsi Penugasan (Staffing). Yaitu fungsi yang dijalankan berupa pengisisan posisidalam struktur organisasi atau bidang-bidang yang telah ada melalui identifikasi kebutuhan kerja.  

·         Fungsi Kepemimpinan (Leading). Yaitu fungsi pengelolaan dan pengkoordinasiananggota organisasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi. Di sini keterikatananngota dengan pemimpinnya sangat terkait untuk melakukan kegiatan yang telahdirencanakan bersama.

·         Fungsi Pengawasan (Controlling). Yaitu merupakan pengukuran dan koreksi-koreksipenyimpangan dari pelaksanaan kegiatan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkandengan membandingkan pada standar yang telah disusun, seperti standar biaya,program, sasaran dan lain-lain.

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasisan, pengarahan dan pengawasandengan memberdayakan anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasilainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Menajemen sering jugadidefinisikan sebagai seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Paramanejer mencapai tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain untuk melaksanakantugas apa saja yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

 

 

 

3.       Manajemen dalam Komunikasi

Manajemen Komunikasi merupakan definisi yang menggabungkan pengertian manajemendan komunikasi karena itu manajemen komunikasi merupakan perpaduan konsep komunikasidan manajemen yang diaplikasikan dalam berbagai setting komunikasi. Pada pengertiannya manajemen komunikasi adalah proses timbal balik (resiprokal) pertukaran sinyal untuk memberi informasi, membujuk atau memberi perintah, berdasarkan makna yang samadan dikondisikan oleh konteks hubungan para para komunikator dan konteks sosialnya.

Menurut Kaye (1994), kelahiran subdisiplin manajemen komunikasi tidak terlepas dariadanya tuntutan untuk lebih membumikan ilmu komunikasi di tataran dunia nyata. Manajemenkomunikasi lahir karena adanya tuntutan umtuk menjembatani antara teoritisi komunikasidengan praktisi komunikasi. Para teoritisi menghadapai keterbatasan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimilkinya.

Manajemen komunikasi sangat identik dengan interaksi sosial. Ada kalanya kitaharus mampu untuk memposisikan diri dengan tepat dalam situasi tertentu, kita juga harusmampu menghadapi dan menjalin kerjasama dengan orang lain tanpa mencampurnyadengan urusan pribadi. Ini merupakan sebagian alasan diperlukannya sikap professionaldalam diri anda masing-masing. Manajemen komunikasi berada di dalam dan diantarasistem sosial. Manajemen komunikasi meliputi P4I (Penerimaan, Pengolahan, Penyimpanan,dan Penyampaian Informasi) dalam sub-sub sistem soaial, diantaranya adalah individu, kelompok, organisasi, massa, dan masyarakat.

Konsep manajemen dalam perspektif ilmukomunikasi pada hakikatnya dipahami sebagai proses memengaruhi orang lain. Selain itu, konsep dari manajemen komunikasi juga memberi saran kepada kita bahwa kemampuanuntuk berkomunikasi dengan baik bukan hanya sebagai hal yang sudah melekat dalamdiri kita saja, melainkan sebagai suatu hal yang dapat kita pelajari dan kita kembangkan. Sebagai contohnya, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasiagar dapat menjadi seorang komunikator yang memiliki kredibilitas. Disinilah letak kegunaanmempelajari manajemen komunikasi, yaitu agar kita dapat lebih mengerti bagaimanaseharusnya berkomunikasi dengan orang lain, sehingga komunikasi yang terjadi merupakankomunikasi yang efektif. Manajemen komunikasi yang menggabungkan antara pendekatan manajemendengan pengelolaan komunikasi memungkinkan kita untuk mewujudkan keharmonisandalam komunikasi yang kita lakukan.

4.       Komunikasi Efektif dalam Manajemen Organisasi

Komunikasi yang efektif  sangat berpengaruh terhadap proses keberhasilan komunikasidalam menyampaikan  pesan yang  diinginkan. Organisasi sangat memerlukan hal ini karenatanpa komunikasi yang efektif diantara berbagai pihak yang terlibat didalamnya, akanmenyebabkan kurangnya pemberian pelayanan yang baik.  Komunikasi akan terlaksanadengan baik bila direncanakan dan disusun dengan penggunaan  managemen komunikasi.Komunikasi ialah proses menyalurkan informasi, ide, penjeleasan, perasaan, pertanyaandari komunikator kepada komunikan. Komunikasi merupakan sesuatu yang sangat pokok,yang dalam prosesnya terdapat tujuan:

1.   Menentapkan dan menyebarkan maksud dari pada suatu usaha

2.   Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan.

3.   Mengorganisasikan sumber-sumber daya manusia dan sumber daya lainnya sepertiefektif dan efisien.

4.   Memilih, mengembangkan, menilai anggota organisasi.

5.   Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan suatu iklim kerja di manasetiap orang mau memberikan kontribusi.

 

PENUTUP

Manajemen adalah sekumpulan orang yang melakukan kegiatan planning, organizing,leading dan controlling. Manajemen mempunyai tanggung jawab tertinggi atas berbagaipengambilan keputusan yang berkaitan dengan bidang yang dibawahi. Karyawan danmanajemen merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan. Manajemen yang baikadalah manajemen yang dapat berkomunikasi dengan karyawan secara tepat. Manajemenmerupakan suatu proses merancang dan memelihara suatu lingkungan dimana orang-orang yang bekerja sama di dalam suatu kelompok dapat mencapai tujuan yang telahditetapkan dengan seefisien mungkin.

 

DAFTAR PUSTAKA

A.      F. Stoner, James, 1989, Manajemen, Jakarta: Erlangga

B.        Diwan, Parag. 1999. Communication Management. Jakarta: Erlangga

C.        Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung:

D.       Remaja Rosdakarya.Effendy. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar MajuHandoko,

E.        T. Hani. 2007. Manajemen. Yogyakarta:

F.        BPFEKaye, Michael. 1994. Communication Management, Jakarta: Erlangga

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. 33_rajib
    artikel ini pembahasanya sangat mudah dipahami dan manarik si pembaca untuk membacanya,mindmapp juga sangat bagus namun kurang bisa untuk dibaca ,kedepannya bisa diperbaiki lagi,saya menilai artikel ini 80



    terimakasih

    ReplyDelete
  3. 37_Fathan

    Teknik Penulisan: Penulisan pada artikel yang berjudul “KOMUNIKASI JEMBATAN MANAJEMEN ORGANISASI” ini sudah sangat lengkap dan mudah dipahami. Dan pada strukturnya juga sudah sangat lengkap karena terdapat bagian judul, pembuka, penjelasan, dan penutup.

    Review Konten Artikel: Untuk poin-poin yang diberikan juga tidak terlalu banyak sehingga menjadi mudah dipahami. Pada bagian mind map juga cukup menarik karena cukup menarik.

    Nilai: 83

    ReplyDelete
  4. 48_NiWayan

    isi artikel sudah cukup rapi, dan lengkap. untuk mind mapnya sudah bagus sehingga menarik & mudah dipahami.
    dan susunan untuk artikel nya sudah cukup baik tetapi kurang adanya kesimpulan dari isi keselurahan artikel tersebut.

    Nilai : 85

    ReplyDelete
  5. 26_Firsta

    Teknik penulisan: artikel yang ditulis secara keseluruhan sudah bagus dan mudah dipahami.

    Review: artikel dibuat dengan rapih menampilkan poin-poin dari maksud penulis dengan baik, serta mindmap juga dibuat dengan sangat ringkas dan dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

    Nilai: 85

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.