Friday, March 11, 2016

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Menjalankan Bisnis

Created By: B-01 (Y52-Yenny)

Manajemen Sumber Daya Manusia -Yenny Y52


Dalam menjalankan suatu bisnis, hal yang sangat menunjang kestabilan dan perkembangan bisnis adalah Sumber Daya Manusia (SDM). MSDM adalah pengelolaan manusia dan hubungan manusia dalam organisasi yang merupakan suatu kunci dalam keberhasilan dan pertumbuhan bisnis. Dengan mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas maka akan menunjang keberhasilan bisnis kita.


Mengapa MSDM sangat diperlukan dalam bisnis? Kita dapat mengambil contoh perusahaan terkenal misalnya Toyota.  Kunci kesuksesan Toyota adalah Toyota Culture yang meneliti ‘sistem manusia’ untuk menyuntikkan prinsip-prinsip dasarnya, yaitu kepercayaan, kesejahteraan bersama, dan kesempurnaan di dalam pabrik-pabrik, dealer-dealer, dan kantor-kantornya di seluruh dunia. SDM merupakan jantung dan jiwa Toyota Way yang ditunjukkan dengan semangat Toyota yaitu 'we build people before we build products'.

Sederhananya, bila sumber daya manusia yang kita punya memiliki potensi yang hebat dan loyalitas tinggi terhadap kita, maka bisnis kita pun akan mempunyai satu senjata untuk dapat melawan persaingan tinggi saat ini. Bisnis itu adalah sesuatu yang tidak dapat dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Orang lain yang kita jadikan tumpuan harus dapat melengkapi kekurangan yang kita miliki. Namun susah untuk menemukan orang tersebut. Maka dari itu, kita harus menjalankan manajemen sumber daya manusia.

Bagaimana caranya? Kita dapat mulai membuat perencanaan mengenai tujuan bisnis kita, struktur organisasi yang akan kita miliki beserta tugas dan posisi yang jelas. Bisnis kecil maupun besar wajib mempunyai prosedur tentang tugas dan wewenang yang jelas agar tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan yang dapat membuat salah paham dalam pekerjaan.  Tolak ukur penilaian SDM harus jelas agar ke depannya mereka dapat mengetahui target dan beban pekerjaan mereka. Setelah itu, lakukan perekrutan sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Setelah mendapatkan orang yang Anda inginkan, jangan lupa tunjangan, gaji dan kompensasi harus sesuai dan jelas. Anda harus membuat suasana kerja yang nyaman dan kondusif agar semua karyawan menjadi betah. Berikan pelatihan pengembangan karyawan agar mereka selalu dapat bersaing di era global ini. Salah satu caranya yaitu dengan mengadakan pelatihan SDM. Pelatihan SDM dapat dilakukan dengan training, kompetisi maupun QCC.

Urgensi MSDM sangat diperlukan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Semakin besar nilai urgensi MSDM semakin besar keberhasilan perusahaan. Hal ini bisa diwujudkan dengan meningkatkan SDM yang ada sehingga menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas yang akan menopang perusahaan untuk maju dan berkembang.
Dengan melihat perkembangan MSDM, perkembangan dunia sangat pesat sehingga membuat kita sebagai manusia harus selalu menjalankan prinsip perbaikan terus menerus (continual improvement) agar tidak kalah dengan generasi muda di bawah kita.
(Sumber:http://portalhr.com/berita/belajar-dari-budaya-toyota/)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.