Saturday, September 12, 2015

Desain Pekerjaan

Desain pekerjaan adalah proses pengaturan Kerja (atau penataan ulang) yang bertujuan untuk mengurangi atau mengatasi ketidakpuasan kerja dan tingkat stress karyawan yang timbul dari tugas-tugas yang berulang-ulang dan bersifat mekanistik.  

Selanjutnya silahkan buka Modul 5 Desain Pekerjaan, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat Tayangan https://youtu.be/-1Pgoff-cX8

34 comments:

  1. Tujuan desain pekerjaan secara umum adalah untuk penugasan kerja yang memenuhi kebutuhan perusahaan, teknologi dan perilaku. Dengan demikian dari sudut pandang personalia, desain pekerjaan sangat mempengaruhi kualitas kehidupan kerja, dimana hal ini tercermin pada kepuasan kerja para karyawan yang memegang jabatan tersebut.
    Atas dasar pentingnya peranan yang dimainkan oleh desain pekerjaan dalam kualitas dan kepuasan kerja, maka sangat dibutuhkan analisis pekerjaan. Analisis pekerjaan secara sistematis mengumpulkan, mengevaluasi dan mengorganisasi informasi tentang pekerjaan-pekerjaan. Dari informasi yang dihasilkan oleh analisis pekerjaan akan disusun atau diadakan desain pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan, tujuan dan jenis usaha yang dijalankan oleh perusahaan.

    ReplyDelete
  2. A25-Tri
    Tri Juliyan Pamungkas

    Desain pekerjaan atau job design merupakan faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi karena selain berhubungan dengan produktifitas juga menyangkut tenaga kerja yang akan melaksanakan kegiatan operasi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan secara efektif dan efisien yang dapat merangsang karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan dapat meningkatkan kepuasan kerja, desain pekerjaan terkadang digunakan untuk menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan.

    ReplyDelete
  3. A14-Syahli

    Desain Pekerjaan merupakan hal yang harus dipertimbangkan saat menyusun objektif dari sebuah perusahaan. Karena dengan desain pekerjaan yang baik, maka karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien serta dapat menghindari masalah-masalah mental seperti stres, bosan, jenuh, kepuasan karyawan dll. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kualitas dari karyawan.

    ReplyDelete
  4. A07-ahmad

    Dalam manajemen/strategi pekerjaan, salah satunya adalah desain pekerjaan, dimana hal ini sangat diperlukan karena dengan desain dapat meningkatkan Passion dalam bekerja, secara psikis dapat menambah semangat dan mengurangi rasa bosan yang dapat menunda dan membuat pekerjaan itu terbengkalai.

    ReplyDelete
  5. A13-Yudi

    desai pekerjaan untuk pengaturan proses kerja harus dibuat secara efektif untuk mengembangkan sebuah organisasi/perusahaan agar berkembang dan mengurangi tingkat stress/bosan pada karyawan serta dapat meningkatkan kualitas karyawan karena karyawan akan mendapat pengalaman serta ilmu yang baru dalam pekerjaannya. komensasi yang didapat apabila desain pekerjaannya bagus tentu perusahaan akan mendapat benefit yang lebih karena meningkatnya produktifitas karyawan.

    terima kasih

    ReplyDelete
  6. A20-Denis

    Pekerjaan yang baik harus lebih dari sekedar sekumpulan tugas yang harus dilakukan. Pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas, kepuasan dan mengurangi ketidakhadiran. Oleh karena itu, pekerjaan harus dirancang atau didesain dengan baik. Selain kondisi tersebut dengan berkembangnya suatu organisasi akan menambah kerumitan dalam segala hal yang berhubungan dengannya, mulai dari semakin rumitnya mengatur anggota hingga tujuan organisasi tersebut. Karena kerumitan tersebut, pihak manajemen perlu untuk melakukan desain pekerjaan kepada setiap anggota yang aktif dalam organisasi tersebut. Hal ini dilakukan agar organisasi tersebut dapat berjalan secara terstruktur.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. A03-Rio

    Dalam meteri ini saya fokus mempelajari design perkerjaan yang memotivasi. Terkait karyawan-karyawan tua yang saya kelola, dimana mereka sudah kehilangan motivasi bekerja.
    Design pekerjaan harus menarik dan memuaskan setiap karyawannya.
    Hasil studi yang terdapat didalam materi ini terkait faktor penyebab seorang karyawan termotivasi adalah stimulasi intelektual, keamanan kerja, pengawasan yang baik dan adanya kebebasan/keleluasaan. Faktor-faktor penyebab karyawan termotivasi ini yang coba saya pahami, sehingga bisa saya jadikan sebagai dasar mendesign pekerjaan yang harapannya motivasi karyawan meningkat.

    ReplyDelete
  8. Desain pekerjaan berfungsi untuk memetakan fungsi pekerjaan ke setiap departemen atau team agar kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan secara optimal.
    Atasan dituntut untuk bisa melihat potensi dan skill karyawan agar karyawan bisa bekerja dengan hasil yang memuaskan.

    ReplyDelete
  9. ini link blog saya pak : http://swahyuni-industri27.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  10. Pedro Subekti A09
    #5. Desain Kerja

    Melalui desain pekerjaan, organisasi mencoba untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan menawarkan imbalan non-materi, seperti kesempatan untuk mendapatkan kepuasan yag lebih besar dan rasa pencapaian pribadi dalam memenuhi tantangan dan tanggung jawab kerja. Teknik yang digunakan dalam penerapan desain pekerjaan adalah Perluasan kerja, pengayaan pekerjaan, rotasi pekerjaan, dan penyederhanaan pkerjan.

    ReplyDelete
  11. Desain pekerjaan dibuat untuk mengurangi atau mengatasi ketidakpuasan kerja dan.tingkat stres karyawan yang timbul dari tugas-tugas yang berulang-ulang.
    Desain pekerjaan meliputi proses memutuskan isi pekerjaan dan jenis pekerjaan, menentukan metode untuk melaksanakan pekerjaan.karena jika para pekerja melaksanakan tugasnya seefisien mungkin, tidak hanya menimbulkan manfaat bagi organisasi berupa biaya yang lebih rendah dan output pekerja yang lebih besar, namun tingkat kelelahan pekerja pun berkurang.

    ReplyDelete
  12. A01-Fitra

    Salah satu faktor yang mempengaruhi efektifitas dan efisiensi kerja adalah desain pekerjaan. Desain pekerjaan akan membagi wilayah kerja menjadi beberapa bagian, menentukan fungsi pekerjaan dan tanggung-jawabnya, dan menyusun struktur organisasi agar integrasi antar bagian dapat berjalan dengan baik. Diharapkan dengan desain pekerjaan yang telah dibuat masing-masing bagian akan jelas dan paham terhadap apa saja yang menjadi tanggung-jawabnya dan dengan siapa harus menyelesaikan suatu permasalahan tertentu untuk memperlancar proses integrasi end-to-end dalam bekerja.

    ReplyDelete
  13. A-21 Yusuf
    Saya mendapatkan pengetahuan bahwa Desain pekerjaan atau job design merupakan faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi karena selain berhubungan dengan produktifitas juga menyangkut tenaga kerja yang akan melaksanakan kegiatan operasi perusahaan. Desain pekerjaan adalah suatu alat untuk memotivasi dan memberi tantangan pada karyawan. Oleh karena itu perusahaan perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan secara efektif dan efisien yang dapat merangsang karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan dapat meningkatkan kepuasan kerja, desain pekerjaan terkadang digunakan untuk menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan.

    ReplyDelete
  14. A18 Raditya

    Job design Merupakan Aspek Yang penting untuk seorang karyawan karena dari job design nantinya berpengaruh pada tanggung jawab, jenjang karier dan kompensasi bagi si karyawan, secara pasti nantinya seorang karyawan akan tau job desk yang akan dikerjakan dan tanggung jawabnya sebagai karyawan di suatu perusahaan,

    ReplyDelete
  15. A-16 Abdirama
    Design Pekerjaan merupakan hal terpenting utama yang harus dilakukan sebelum pekerjaan dimulai.karena design pekerjaan menyangkut banyak aspek dari perusahaan maupun jobs desk dari orang tersebut.

    ReplyDelete
  16. Desain pekerjaan meliputi proses memutuskan isi pekerjaan dan jenis pekerjaan, menentukan metode untuk melaksanakan pekerjaan.karena jika para pekerja melaksanakan tugasnya seefisien mungkin, tidak hanya menimbulkan manfaat bagi organisasi berupa biaya yang lebih rendah dan output pekerja yang lebih besar, namun tingkat kelelahan pekerja pun berkurang.

    ReplyDelete
  17. Jabatan atau pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas organisasi, meningkatkan kepuasan kerja, memotivasi, mengurangi turn over, dan meningkatkan kemampuan. Oleh karena itu, pekerjaan harus didesain dengan baik agar menjadi sumber motivasi, kepuasan kerja, dan produktivitas. Desain pekerjaan adalah penentuan cakupan pekerjaan, wewenang, lingkungan kerja yang mendukung, spesialisasi dari sebuah proses atau organisasi.

    ReplyDelete
  18. Y-59Renward
    Desain pekerjaan merupakan salah satu faktor untuk menenentukan pengembangan karyawan dalam menjalankan pekerjaannya, mengurangi stres kerja terhadap karyawan akibat kerjaan yang berulang karena tidak menampilkan variasi berbeda terhadap pekerjaan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan pada modul di atas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut perlu metode desain pekerjan yang ramah. Metode ini menunjang untuk meningkatkan kinerja, semangat, dan mengurangi tingkat kejenuhan karyawan yang dapat menyebabkan menurunnya produktifitas kinerja karyawan tersebut.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Y-36 Franciska
    Desain pekerjaan adalah proses penentuan tugas-tugas yang akan dilaksanakan atau bisa disebut juga dinyatakan sebagai suatu proses dimana manajer memutuskan tugas pekerjaan individu maupun wewenangnya. Desain pekerjaan memadukan isi pekerjaan(tugas, wewenang dan hubungan) balas jasa dan kualifikasi yang dipersyaratkan (keahlian, pengetahuan dan kemampuan) untuk setiap pekerjaan dengan cara memenuhi kebutuhan pegawai maupun perusahaan. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian akan sangat sulit untuk dilaksanakan oleh pegawai. Desain pekerjaan haruslah dirancang dengan sebaik mungkin dengan mempertimbangkan elemen-elemen yang mempengaruhi desain pekerjaan.

    ReplyDelete
  21. Tugas B05, Y58-Vionna

    Pekerjaan harus dirancang atau didesain secara baik. Maka inti dari desain pekerjaan adalah membuat semua pekerjaan yg dilakukan dapat berjalan secara sistematis. Dan bertujuan untuk mengatasi ketidakpuasan kerja. Meliputi identitas pekerjaan, penjelasan tugas dan tanggung jawab, standar wewenang dan pekerjaan , syarat kerja, dan ringkasan pekerjaan serta jabatan.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Tugas B05, Y43-Wulan

    Desain pekerjaan adalah rincian tugas dan cara pelaksanaan tugas atau kegiatan yang mencakup siapa yang mengerjakan tugas, bagaimana tugas itu dilaksanakan, dimana tugas dikerjakan dan hasil apa
    yang diharapkan. menambahkan desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan kerja seorang atau sekelompok karyawan secara organisasional. Tujuannya untuk mengatur penugasan kerja supaya dapat
    memenuhi kebutuhan organisasi.

    ReplyDelete
  24. Tugas B05, Y37-Tarma
    Desain pekerjaan adalah proses penentuan tugas-tugas yang
    akan dilaksanakan, metode-metode yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas ini, dan
    bagaimana pekerjaan tersebut berkaitan dengan pekerjaan lainnya di dalam organisasi. Desain
    pekerjaan memadukan isi pekerjaan (tugas, wewenang dan hubungan) balas jasa dan kualifikasi
    yang dipersyaratkan (keahlian, pengetahuan dan kemampuan) untuk setiap pekerjaan dengan
    cara memenuhi kebutuhan pegawai maupun perusahaan. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan
    keahlian akan sangat sulit untuk dilaksanakan oleh pegawai. Desain perkerjaan haruslah
    dirancang dengan sebaik mungkin dengan mempertimbangkan elemen-elemen yang
    mempengaruhi desain pekerjaan. Simamora (2004:116).

    Dengan begitu desain pekerjaan juga bertujuan untuk mengurangi tingkat stres karyawan karena pekerjaan yang diembannya tidak sesuai dengan bidang keahliannya.

    ReplyDelete
  25. Tugas B05, Y55-Hilman
    Fungsi umum dari desain pekerjaan adalah suatu aturan yang fungsinya mengarahkan pekerja melakukan pekerjaan dengan baik dan benarsecara detail . yang meliputi mengatasi ketidakpuasan kerja. Meliputi identitas pekerjaan, penjelasan tugas dan tanggung jawab, standar wewenang dan pekerjaan , syarat kerja, dan ringkasan pekerjaan serta jabatan.

    ReplyDelete
  26. Tugas B05, y44-Muhammad AR
    desain pekerjaan adalah rincian tugas dan cara pelaksanaan tugas atau kegiatan yang mencakup siapa yang mengerjakan tugas, bagaimana tugas itu dilaksanakan, dimana tugas dikerjakan dan hasil apa yang diharapkan. Tujuannya untuk mengatur penugasan kerja supaya dapat memenuhi kebutuhan organisasi. Definisi diatas menjelaskan bahwa desain pekerjaan dibuat oleh perusahaan untuk mengatur tugas-tugas yang tepat sasaran, memberikan tugas kepada orang dengan kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki untuk mengerjakan tugas tersebut demi mencapai sasaran dari perusahaan.

    ReplyDelete
  27. Tugas B05, Y47-Muhammad FW
    Desain pekerjaan harus bisa dibuat sedemeikian rupa agar karyawan tidak jenuh dan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Hal ini akan dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

    ReplyDelete
  28. Tugas B05, Y42-Mutiara
    Desain pekerjaan adalah penentuan tugas yang akan dilaksanakan, metode yang digunakan, bagaimana tugas itu dilakukan dan hasil apa yang diharapkan dari desain pekerjaan. Desain pekerjaan dibuat agar pekerjaan lebih mudah dan cepat dilakukan , efisien sehingga dapat memenuhi kebutuhan organisasi atau perusahaan.

    ReplyDelete
  29. Tugas B05, Y46-Reno

    Perusahaan dan organisasi yang baik adalah perusahaan yang mengatur SDM sedemikian rupa agar tercapainya suatu tujua perusahaan. Salah satu faktor penting dalam SDM adalah design pekerjaan. Desain pekerjaan merupakan salah satu faktor untuk menenentukan pengembangan karyawan dalam menjalankan pekerjaannya, mengurangi stres kerja terhadap karyawan akibat kerjaan yang berulang karena tidak menampilkan variasi berbeda terhadap pekerjaan tersebut

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Y39-Sumaryono
    Desain pekerjaan merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan produktivitas kerja. Desain pekerjaan hendaknya dibuat sejelas dan seinformatif mungkin agar karyawan yang menjalankannya dapat mengerti lebh cepat. Desain pekerjaan yang baik juga akan meningkatkan kompetensi karyawan.

    ReplyDelete
  34. Y61-Klara,Tugas B05 Jabatan atau pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas organisasi, meningkatkan kepuasan kerja, memotivasi, mengurangi turn over, dan meningkatkan kemampuan. Oleh karena itu, pekerjaan harus didesain dengan baik agar menjadi sumber motivasi, kepuasan kerja, dan produktivitas. Desain pekerjaan adalah penentuan cakupan pekerjaan, wewenang, lingkungan kerja yang mendukung, spesialisasi dari sebuah proses atau organisasi.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.