Oleh : Sari Malem
NIM : 41616110075
Konsep Manajemen Kinerja
Menurut Dessler (2005) , Manajemen kinerja
adalah proses dimana eksekutif, manajer, dan supervisor bekerja untuk
mengaitkan/mensejajarkan tujuan karyawan dengan tujuan perusahaan. Arti dari
manajemen kinerja meliputi : performance management dan managing employee
performance. Selanjutnya definisi program manajemen kinerja meliputi: (1)
merencanakan, (2) proses manajemen, dan (3) produktivitas. Manajemen kinerja
meliputi pengelolaan semua elemen proses organisasi yang mempengaruhi prestasi
meliputi penetapan tujuan, seleksi & penempatan pekerja, penilaian,
kompensasi, pelatihan, dan manajemen karir.
Ruang Lingkup Program Manajeman Kinerja
terdiri dari beberapa elemen:
Teknologi (Peralatan, metode kerja)
Kualitas dari input (termasuk material)
Kualitas lingkup fisik (keselamatan,
kesehatankerja)
Iklim dan budaya organisasi (termasuk
supervisi dan kepemimpinan
Sistem kompensasi dan imbalan
Di dalam organisasi penting untuk
menentapkan program manajemen kinerja, dimana program manajemen kinerja
merupakan sebuah proses. Program manajemen kinerja pada dasarnya adalah sebuah
proses dalam manjemen sumber daya manusia. Istilah “manajemen” dalam program tersebut
mempunyai implikasi bahwa kegiatan tersebut harus dilaksanakan sebagai sebuah
proses manajemen yang umum yang dimulai dengan penetapan tujuan dan sasaran dan
diakhiri dengan evaluasi.
program manajemen kinerja memliki
tujuan/manfaat antara lain:
Meningkatkan prestasi kerja karyawan
Peningkatan yang terjadi pada prestasi
karyawan
Merangsang minat dalam pengembangan
pribadi
Membantu perusahaan untuk dapat menyusun
progam pengembangan dan pelatihan karyawan yang
lebih tepat guna.
Menyediakan alat atau sarana untk
membandingkan prestasi kerja pegawai
Memberikan kesempatan pada pegawai untuk
mengeluarkan perasaanya tentang pekerjaan
Sejumlah penyebab umum yang sering
menimbulkan kegagalan dan harus dihindarkan dalam menerapkan manajemen kinerja
disebutkan oleh Oliver (1985) yang dikutif oleh Dessler (2005) sebagai berikut:
Tidak adanya standar.
Standar yang relevan dan bersifat
subyektif.
Standar yang tidak realistis.
Ukuran prestasi yang tidak tepat
Kesalahan penilai.
Pemberian umpan balik secara buruk.
Komunikasi yang negatif.
Kegagalan untuk memanfaatkan data hasil
penilaian
PROSES MANAJEMEN
Menurut James A.F. Stoner, Edward Freeman
dan Daniel R. Gilbert (1996), sejak akhir abad kesembilan belas, biasanya manajemen
didefinisikan dalam empat fungsi spesifik dari manajer, yaitu merencanakan,
mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan. Walaupun kerangka kerja ini
masih terus diteliti, pada umumnya masih diterima. Proses adalah cara
sistematik yang sudah ditetapkan dalam melakukan kegiatan atau metode
sistematik dalam menangani aktivitas.
1 Merencanakan adalah proses menetapkan
sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi. Manajer memikirkan
dengan matang terlebih dahulu sasaran dan tindakan serta tindakan mereka
berdasarkan pada beberapa metode, rencana, atau logika dan bukan berdasarkan
perasaan.
2 Mengorganisasikan adalah proses
mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dengan cara terstruktur
guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran. Proses mengatur dan
mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber daya di antara anggota
organisasi, sehingga mereka dapat mencapai sasaran organisasi.
3 Memimpin adalah proses mengarahkan dan
mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok
atau sebuah organisasi. Meliputi mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi
karyawan untuk melaksanakan tugas yang penting.
4 Mengendalikan adalah proses untuk
memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang
direncanakan. Manajer harus yakin tindakan yang dilakukan oleh anggota
organisasi benar-benar menggerakkan organisasi ke arah sasaran yang telah
dirumuskan.
Menurut Richard L. Daft (2010),
fungsi-fungsi manajemen ada empat yaitu:
1 Perencanaan adalah sebuah fungsi manajemen
yang meliputi pendefinisian sasaran, penetapan strategi untuk mencapai sasaran,
dan pengembangan rencana kerja untuk mengelola aktivitas.
2 Penataan (pengorganisasian) adalah sebuah
fungsi manajemen yang melibatkan tindakan-tindakan penataan dan pengaturan
berbagai aktivitas kerja secara terstruktur demi mencapai sasaran organisasi.
3 Kepemimpinan adalah sebuah fungsi
manajemen yang melibatkan interaksi dengan orang-orang lain untuk mencapai
sasaran organisasi.
4Pengendalian adalah sebuah fungsi manajemen
yang melibatkan tindakan-tindakan pengawasan, penilaian, dan koreksi terhadap
kinerja dan hasil pekerjaan.
BERBAGAI TINGKAT MANAJEMEN
Menurut Ike Kusdyah Rachmawati (2004) ada
tiga tingkat manajer yaitu:
1.
Manajer Pertama atau Tingkat
Pertama merupakan tingkat paling rendah dalam sebuah organisasi dimana orang
bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. Manajer lini pertama mengarahkan
karyawan non-manajemen; mereka tidak mengawasi manajer yang lain.
2.
Manajer Menengah dapat mencakup lebih dari
satu tingkat dalam sebuah organisasi. Manajer menengah mengarahkan kegiatan
manajer dari tingkat yang lebih rendah dan kadang-kadang karyawan operasional
juga. Mereka juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior.
3.
Manajer Puncak terdiri dari
kelompok yang relatif sedikit. Manajer Puncak bertanggung jawab untuk manajemen
keseluruhan dari sebuah organisasi. Orang-orang ini disebut eksekutif. Biasanya
nama jabatan manajer puncak adalah “chief executive officer”, presiden dan
wakil presiden.
MANAJEMEN SEBAGAI SUATU KEISTIMEWAAN
DALAM WAKTU DAN HUBUNGAN MANUSIA
Menurut James A.F. Stoner, Edward Freeman
dan Daniel R. Gilbert (1996), manajemen adalah suatu keistimewaan dalam
menangani masalah waktu dan hubungan manusia ketika hal tersebut muncul dalam
organisasi. Ide kita tentang waktu dalam organisasi mempunyai beberapa elemen
sebagai berikut.
1.
Manajemen adalah usaha
menciptakan masa depan yang lebih baik, dengan mengingat masa lalu dan masa
kini.
2.
Manajemen dipraktekkan di dalam
dan refleksi dari era sejarah tertentu.
3.
Manajemen adalah kegiatan yang
menghasilkan konsekuensi dan pengaruh yang muncul dengan berlalunya waktu.
Kepentingan hubungan manusia juga melibatkan beberapa ide sebagai
berikut.
1. Manajer bertindak dalam hubungan yang bersifat dua arah; setiap
pihak dipengaruhi oleh yang lain. 2. Manajer bertindak dalam hubungan yang
pengaruhnya menyebar kepada orang lain, dapat membuat menjadi lebih baik dan
bisa pula lebih buruk.
3. Manajer dengan cepat memainkan hubungan simultan berganda.
Manajemen adalah aktivitas utama yang membuat perbedaan dalam hal
seberapa baik organisasi melayani orang yang dipengaruhi olehnya. Sejauh mana
keberhasilan suatu organisasi mencapai tujuannya, dan memenuhi tanggung jawab
sosialnya, banyak tergantung pada para manajernya. Bila para manajer melakukan
pekerjaan mereka dengan baik, suatu organisasi mungkin akan mencapai
sasarannya.
Daftar Pustaka
Dessler, Gary. 2005. Human Resource
Management. 10th Edition. Pearson Prentice-Hall, Inc., Florida.
Ike Kusdyah Rachmawati, Manajemen,
Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2004
James A. F. Stoner, R. Edward Freeman,
Daniel R. Gilbert, Manajemen, Jilid Satu, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit
Prenhallindo, Jakarta, 1996 .
Richard L. Daft, Era Baru Manajemen Buku
Satu, Edisi Sembilan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2010.
Triyono. 2010. Manajer dan Pengelolaan Pada
Era Milenium. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=98371&val=5094,
diakses pada tanggal 10 November 2016 pukul
4.40 WIB.
@A04-MAULANA
ReplyDeletePoin 2
Penulisan sudah cukup baik, namun perlu dirapikan lagi point point penjelasannya agara lebih nyaman saat membaca.
Manajemen kinerja memang salah satu faktor dalam merencanakan MSDM yang baik. Hal yang kurang dalan artikel ini adalah kurangnya penjelasan dalam hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan manajemen pada segi kinerja.
Karena menurut saya hal tersebut perlu ditekankan dalam artikel ini.
Wassalam.
Materi yang disampaikan sudah baik, namun dalam penulisan perlu diperbaiki sedikit, mind mapp sudah baik dan menarik,secara keseluruhan sudah baik, sukses untuk sari 😊
ReplyDeletePoint untuk mind mapp: 3