1. Proses Rekrutmen SDM
Tujuan dari
proses rekrutmen adalah untuk menghasilkan daftar calon yang latar-belakang dan
kemampuannya sesuai dengan profil yang terdapat pada spesifikasi pekerjaan.
2. Pengertian Rekrutmen SDM
Menurut
Ivancevich (2007) rekrutmen adalah sekumpulan kegiatan organisasi yang
digunakan untuk menarik calon karyawan yang memiliki kemampuan dan sikap yang
diperlukan untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.
Menurut Noe
& Wright (2007), rekrutmen adalah kegiatan apapun dijalankan oleh
organisasi dengan tujuan utama untuk mengidentifikasi dan menarik karyawan
potensial.
3. Standard Rekrutmen
Rekrutmen
memiliki cara standard untuk menilai para kandidat yang akan mengisi
posisi-posisi lowong, antara lain:
- Penilaian persyaratan minimum; Rekrutmen akan mengkaji pemenuhan persyaratan minimum seperti pendidikan, pengalaman, kompetensi dll, berdasarkan persyaratan di posisi tersebut.
- Penilaian kemampuan
- Penilaian BEI
- Penilaian tertulis
- Penilaian lapangan (jika diperlukan)
- Penilaian lisan
- Presentasi (jika diperlukan)
- Check up kesehatan pra-bekerja
- Hanya kandidat yang lolos semua tahapan penilaian akan memeroleh Surat Penawaran (bagi kandidat staf ke atas) atau akan diundang untuk menandatangani kontrak (bagi kandidat non staf)
4. Alternatif-alternatif Rekrutmen SDM
Menurut
Mondy & Noe(2005) perusahaan harus mempertimbangkan alternative-alternatif
rekrutmen dengan cermat sebelum memutuskan perekrutan. Alternatif-alternatif
untuk perekrutan yang umum adalah outsourcing, penggunaan contingent
workers, employee leasing, dan lembur
- Outsourcing
Adalah proses penyerahan tanggung-jawab untuk
bidang pelayanan kepada pihak eksternal. Dalam hal ini dilakukan
sub-kontrak dari berbagai fungsi organisasi/perusahaan untuk mengisi
pekerjaan/jabatan tertentu yang sedang dibutuhkan.
- Contingent workers
Tenaga-kerja sementara merupakan tenaga-kerja yang
bersifat kontrak secara individual. Perusahaan yang menyediakan pekerja
sementara ini membantu klien mereka dalam menangani kelebihan beban kerja atau
pekerjaan khusus, dengan cara menugaskan karyawan mereka sendiri untuk klien
mereka.
- Employee Leasing professional employee organization
Karyawan leasing merupakan karyawan perusahaan yang
bekerja dengan klien perusahaan dalam hubungan kerja untuk memberikan tenaga
ahli bidang administrasi, program manfaat pekerja yang komprehensif, asumsi
risiko majikan, pengisian pajak, dan kepatuhan hukum ketenagakerjaan
- Lembur
Mungkin metode yang paling umum digunakan dalam
menghadapi fluktuasi volume pekerjaan dalam jangka pendek adalah dengan
lembur / tambahan jam kerja.
Referensi
1. Ivancevich, J.M.
(2007), Human Recourse Management, Singapore: McGraw-Hill
2.
Mondy, Wayne R. & Noe, Robert, M. (2005). Human Resource Management.
New Jersey. Pearson Education..
3. Noe, Hollenbeck,
Gerhard, Wright, (2007), Fundamentals of Human Resource Management,
New York: McGraw-Hill
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.