Thursday, October 1, 2015

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Di CV. Garuda Trisakti




        Pelatihan mempersiapkan peserta latihan untuk mengambil jalur tindakan tertentu yang dilukiskan oleh teknologi dan organisasi tempat bekerja, dan membantu peserta memperbaiki prestasi dalam kegiatannya terutama mengenai pengertian dan keterampilan.
(Rolf P. Lynton dan Udai Pareek—Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja, Pustaka Binaman Jakarta 1998)¹.
        Menurut Mathis (2002), Pelatihan adalah suatu proses dimana orang-orang mencapai kemampuan tertentu untuk membantu mencapai tujuan organisasi².

        Dictionary of Psychology di atas secara lebih luas merinci pengertian perkembangan manusia sebagai berikut³.
1.       The progressive and continuous change in the organism from birth to death, perkembangan itu merupakan perubahan yang progresif dan terus menerus dalam diri organisme sejak lahir hingga mati.
2.       Growth, perkembangan itu berarti pertumbuhan.
3.       Change in the shape and integration of bodily parts into functional parts, perkembangan berarti perubahan dalam bentuk dan penyatuan bagian-bagian yang bersifat jasmaniah ke dalam bagian-bagian yang fungsional.
4.       Maturation or the appearance of fundamental pattern of unlearned behavior, perkembangan itu adalah kematangan atau kemunculan pola-pola dasar tingkah laku yang bukan hasil belajar.

        CV. Garuda Trisakti merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang percetakan yang mana proses Pelatihan Pengembangan karyawan dilakukan pada saat proses seleksi calon karyawan yang telah dilaksanakan untuk dibimbing dan dibina. CV. Garuda Trisakti melakukan pelatihan dan pengembangan yang bertujuan agar karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut memahami work flow / alur pekerjaan sehingga paham betul dengan kegiatan cetak mencetak yang akan karyawan jalankan, yakni mengetahui proses kerja pembuatan pelat cetak (Pre Press) , proses cetak (Press) dan finishing pada hasil cetakan (Post Press). Dengan adanya Pelatihan dan pengembangan ini memudahkan karyawan dalam bekerja serta menghindarkan dari segala faktor yang merugikan perusahaan. Diantara aspek-aspek tujuan dari pelatihan dan pengembangan pada perusahaan, yakni sebagai berikut⁴:
  1. Meningkatkan kualitas  keahlian karyawan sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui pelatihan, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap karyawan dapat secara efektif dan efisien mengembangkan kapasitas potensi yang dimilikinya.
  2. Menghemat  waktu belajar karyawan untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
  3. Membantu memecahkan persoalan operasional secara kreatif.
  4. Mendorong setiap karyawan memahami dan menjalankan visi dan misi organisasi.
  5. Mengembangkan  kemampuan diatas rata-rata (extra miles) dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
  6. Mempertajam dan memperlengkapi tingkat professionalisme para karyawan dengan standar terbaik.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.