Friday, April 8, 2016

Desain dan Analisis Pekerjaan Karyawan Berbasis Kompetensi

  • Abstrak
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup tenaga kerja, baik karyawan, manajer, dll. guna menunjang aktifitasperusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.


Menurut A.F. Stonner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memassok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukanya.
Manajemen SDM juga menyangkut desihn pekerjaan, perencanaan, penyususnan karyawan, pengembangan karyawan, pengelola karier.

  • Definisis Umum
Desain pekerjaan adalah fungsi penempatan keguiatan kerja seorang atau sekelompok karyawan secara organisasi. dengan tujuan untuk mengatur penugasan kerja agar dapat memenuhi kebutuhan organisasi.

  • Unsur-unsur desain pekerjaan
Handoko (2000) menjelaskan unsur-unsur desai pekerjaan meliputi unsur organisasi, lingkungan dan unsur perilaku. unsur organisasi terdiri dari pendekatan mekanik, aliran kerja dan praktek-praktek kerja. Unsur lingkungan menyangkut ketersediaanya tenaga kerja yang potensial.
  • Pedoman Desain pekerjaan
Dessler (2004) menerangkan bahwa sebuah desain pekerjaan merupakan pernyataan tertulis tentang apa yang harus dikerjakan oleh pekerja, bagaimana orang tsb melakukanya, dan bagaimana kondisi kerjanya. Maka desain pekerjaan melingkupi hal-hal berikut :
    1. Identitas pekerjaan.
    2. Hubungan tugas dnn tanggung jawab.
    3. Standsrd wewenang dan pekerjaan.
    4. syarat kerja harus diuaraikan dengan jelas.
    5. ringkasan pekerjaan atau jabatan
    6. penjelasan tentang jabatan dibawah ataupun diatasnya.
  • Manfaat desain pekerjaan
Desain pekerjaan merupakan faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi karena selain berhubugan dengan produktifitas juga menyangkut tenaga kerjayang akan melaksanakan kegiatan perusahaan (Sulipan, 2000). Berikut beberapa tujuan desain pekerjaan :
  1. efisiensi operasional, produktifitas ndan kualitas pelayanan menjadi optimal.
  2. fleksibilitas dan kemampuan melaksanakan proses kerja secara horizontal dan hirarki
  3. minat, tantangan, dan prestasi menjadi optimal.
  4. tanggung jawab tim ditetapkan sedemikian rupa sehingga bisa mkeningkatkan kerja sama dan efektiftas tim.
  5. integrasi kebutuhan individu karyawan dengan kebutuhan organisasi.

Daftar Pustaka :

  1. Hasibuan, s.p Malayu.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Bumi Aksara,2011 hlm. 69
  2. Sihombing, Sarinah dan Gultom, R. Simon. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, In Media.
  3. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/1529/1382
  4. http://herdi73.wordpress.com/2014/01/20/analisa-pekerjaan-dan-desain-pekerjaan/
  5. http://muhammad25b055.blogspot.co.id/2014/10/desain-pekerjaan.html

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.