Desain pekerjaan adalah proses
pengaturan dan penataan ulang kerja yang bertujuan untuk mengurangi atau
mengatasi ketidakpuasan kerja dan tingkat stress karyawan yang timbul dari
tugas-tugas yang berulang dan bersifat mekanistik.
Dalam desain pekerjaan perlu
adanya pengayaan pekerjaan, rotasi pekerjaan dan penyederhanaan pekerjaan agar
lebih efisien dan efektif serta hemat dalam segi biaya serta menghindari atau
mengurangi tingkat bosan dan kejenuhan karyawan.
Jabatan atau
pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas perusahaan, meningkatkan
kepuasan kerja, memotivasi, mengurangi turn over, dan meningkatkan kemampuan. Oleh karena itu, pekerjaan harus didesain dengn baik agar menjadi sumber motivasi, kepuasan kerja dan produktivitas.
Dalam Divisi Layanan untuk desain
pekerjaan customer service perbankan saat ini memang sudah didesain agar bisa
melayani nasabah dengan baik, contohnya berupa rotasi yang sering dilakukan
dari Teller menjadi Customer Service begitu juga sebaliknya meskipun intinya
tetap melayani nasabah namun dari segi jobdesk pekerjaan berbeda, jadi untuk
menghindari kejenuhan/kebosanan yang dapat menurunkan kualitas pelayanan bank
terhadap nasabah.
Desain pekerjaan sudah dibuat
dan dikelola dengan peraturan yang membuat karyawan tetap dapat bekerja dengan
baik meskipun dalam tekanan nasabah dan sudah ada SOP yang harus dipatuhi oleh
setiap karyawan yang bekerja dalam Divisi Layanan, desain SOP ini mencakup
banyak aspek tentang system pelayanan nasabah. Setiap pekerjaan membutuhkan
analisis yang bagus agar dapat memenuhi standar kualitas pelayanan yang telah
ditetapkan, untuk analisis pekerjaan customer service diantaranya :
1.
Job
description : pernyataan tertulis yang menjelaskan tugas-tugas, kondisi kerja, tanggung
jawab dan aspek standar pelayanan nasabah
2.
Job
specification : karakteristik orang yang dibutuhkan untuk melakukan suatu
pekerjaan dalam bidang pelayanan nasabah
3.
Job
performance standard : bagaimana kerja diukur (target yang harus dicapai, sikap dan perilaku kerja)
Desain pekerjaan untuk
customer service tidak hanya dibuat untuk melayani nasabah melainkan juga untuk
melindungi karyawan dari segi kerugian financial yang dapat terjadi akibat
kesalahan dalam Standar Operasonal Prosedur. System informasi perbankan
didesain dengan baik untuk menghindari kesalahan SOP tersebut.
Dengan desain
pekerjaan yang baik akan menciptakan kualitas kerja, lingkungan kerja dan
kinerja yang optimal.
Atep Afia
Hidayat.2015.Manajemen Sumber Daya Manusia Modul 5
https://herdi73.wordpress.com/2014/01/20/analisa-pekerjaan-dan-desain-pekerjaan/
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.