Analisis pekerjaan
terdiri atas dua kata, analisis dan pekerjaan. Analisis merupakan aktivitas
untuk berpikir dan menjabarkan pokok persoalan menjadi bagian, komponen, atau
unsur serta kemungkinan keterkaitan fungsinya. sedangkan pekerjaan adalah
sekumpulan/sekelompok tugas dan tanggung jawab yang akan, sedang dan telah dikerjakan oleh tenaga kerja dalam kurun waktu tertentu. dengan demikian analisis pekerjaan dapat diartikan sebagai suatu aktifitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematik dan sistemik..
sekumpulan/sekelompok tugas dan tanggung jawab yang akan, sedang dan telah dikerjakan oleh tenaga kerja dalam kurun waktu tertentu. dengan demikian analisis pekerjaan dapat diartikan sebagai suatu aktifitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematik dan sistemik..
Tujuan
analisis pekerjaan dipakai untuk berbagai tujuan, baik sektor publik maupun
sektor swasta. Berikut ini tujuan dari analisis pekerjaan :
1. Job description,
yang berisi informasi pengeidentifikasian pekerjaan, riwayat pekerjaan,
kewajiban-kewajiban pekerjaan, dan pertanggungjawaban, spesifikasi pekerjaan
atau informasi mengenai standar- standar pekerjaan.
2. Job
classification, penyusunan pekerjaan-pekerjaan ke dalam klas-klas,
kelompok-kelompok, atau jenis-jenis berdasarkan rencana sistematika tertentu.
Rencana sistematika tradisional biasanya didasarkan pada garis kewenangan
organisasi, isi tugas/pekerjaan yang didasarkan pada teknologi, dan tugas/pekerjaan
ini pada gilirannya didasarkan pada perilaku manusia.
3. Job
evaluation, suatu prosedur pengklasifikasian pekerjaan berdasarkan
kegunaan masing-masing di dalam organisasi dan dalam pasar tenaga kerja luar
yang terkait.
4. Job
desing instructuring, meliputi usaha-usaha untuk mengalokasi dan
merestrukturalisasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan ke dalam berbagai kelompok.
analisis
pekerjaan dalam dunia call center
meliputi pelayanan customer dalam hal handling complaint, maintenance data dan informasi
nasabah. dalam analisa pekerjaan ini customer service harus bisa menganalisa permasalahan
yang terjadi mencari solusinya dan memecahkan permasalahan dari nasabah
tersebut. Customer service dalam tugasnya menjadi bagian dari kelompok kerja
yang mempunyai visi dan misi dalam melayani nasabah dengan baik dengan
memperhatikan ruang lingkup pekerjaan dan SOP yang telah ditetapkan. juga harus
bisa mengumpulkan dan mencatat setiap informasi baik dari nasabah sebagai saran
atau kritik untuk ditindak lanjuti ke pihak manajemen.
customer service
mempunyai kualifikasi pekerjaan yang dibagi dalam kelompok-kelompok yang
bertujuan untuk merencanakan target yang harus dicapai dengan cara yang
sistematis seperti untuk mencapai target jumlah nasabah atau pelayanan yang
sesuai dengan SOP yang akan ada penilaiannya dari QA (Quality Assurance).
setelah
merencanakan target dengan kualifikasi pekerjaaan tertentu customer service
harus mengevaluasi hasilnya dalam 1 bulanan untuk evaluasi apakah target yang
dihasilkan tepat atau tidak.
Dengan adanya analisis pekerjaan diharapkan customer dapat bekerja sesuai dengan SOP dan bisa mencapai target yang ditetapkan.
terima kasih
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.