Sunday, May 22, 2016

Motivasi Kerja dan Etos Kerja Karyawan.

PENDAHULUAN

Motivasi dapat diartikan sebagai keinginan untuk melakukan sesuatu, dengan demikian motivasi hidup adalah keinginan untuk menjalani kehidupan, motivasi usaha adalah keinginan untuk menjalankan bisnis dengan baik, sedangkan motivasi kerja adalah keinginan untuk melaksanakan suatu pekerjaan.


Motivasi berasal dari kata Motivation dan Motive yang dapat diartikan sebagai dorongan, sebab atau alasan seseorang melakukan sesuatu. maka motivasi merupakan suatu kondisi yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan sesuatu kegiatan yang berlangsung atas kehendaknya sendiri.

Pakar psikologi mengatakan bahwa motivasi adalah kekuatan untuk memulai, sekaligus memandu dan memelihara perilaku individu yang orientasi pada tujuan. motivasi menyebabkan seseorang mengambil tindakan, mulai dari meraih cemilan untuk mengurangi rasa lapar atau mendaftar di perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar. dalam hal ini motivasi melibatkan aspek biologis, sosial, emosional dan kognitif.

Hal yang penting saat ini adalah, bagaimana manajemen mengembangkan etos kerja, iklim kerja dan budaya kerja menjadi kondusif, sehingga para pekerja menjadi semakin bergairah dan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.


MOTIVASI

Motivasi, dalam hal ini akumulasi dari hasil pekerjaan seluruh pegawai tak lain merupakn hasil pekerjaa seorang manajer. dengan demikian prestasi, produktifitas dan kredibilitas seorang manajer sangat ditentukan oleh kinerja dari tim kerja yang ada dalam lingkup kepemimpinannya. Untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas kerja yang optimal sangat dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan manajersebuah kata yang baik diucapka, tapi belum tentu dilaksanakan.

setiap karyawan membutuhkan lingkungan manajemen yang harmoni dan kepemimpinan yang menentramkan, sehingga dalam melaksanakan pekerjaanya menjadi sangat termotivasi. Sebagai catatan, dalam keadaan demotivasi banyak pegawai yang mengalami stress hingga depresi, beragam gangguan organ tubuh atau fisik, malas dn apatis dalam menjalankan pekerjaan, kualitas kerja yang terus menurun hingga terhambatnya komunikasi personal baik dengan rekan kerja maupun dengan atasan.


TEORI MOTIVASI


Manajemen sumber daya manusia tentu saja upaya penerapan berbagai teori motivasi menjadi sangat penting. setidaknya terdapat enam teori motivasi yang layak diterapkan dalam MSDM di lingkungan perusahaan atau organisasi. teori tesebut adalah :


  • Teori Kebutuhan
  • Teori Prestasi
  • Teori Penguatan
  • Teori Harapan
  • Teori tujuan sebagai motivasi.


Daftar Pustaka


  • Hidayat, Atep Afia. 2016. Perancangan dan Perilaku organisasi - Motivasi kerja. Jakarta. Universitas Mercu Buana.
  • Mudayana, Ahmad Ahid. 2016. Pengaruh motivasi dan beban kerja pada karyawan. Yogyakarta. Fakultas Kesehatan Masyaratak Universitas Ahmad Dahlan.
  • Cahyono, Yuli. 2015. Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja serta lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal riset bisnis Indonesia.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.