Saturday, May 28, 2016

Kepuasan Kerja dan Faktor yang Mempengaruhinya


Oleh: Sumaryono

Kepuasan kerja karyawan merupakan masalah penting yang diperhatikan dalam hubungannya dengan produktivitas kerja karyawan dan ketidakpuasan sering dikaitkan dengan tingkat tuntutan dan keluhan pekerjaan yang tinggi. Pekerja yang memiliki tingkat ketidakpuasan tinggi lebih memungkinkan untuk melakukan sabotase.
Robbins & Judge (2011) mendefinisiksan kepuasan kerja sebagai perasaan positif pada suatu pekerjaan, yang merupakan dampak atau hasil evaluasi dari berbagai aspek pekerjaan tersebut. Kepuasan kerja merupakan penilaian dan sikap karyawan terhadap pekerjaannya dan berhubungan dengan lingkungan kerja, jenis pekerjaan, hubungan antar rekan kerja, dan hubungan sosial di tempat kerja. Secara sederhana kepuasan kerja atau job satisfaction adalah suatu hal yang membuat seseorang menyenangi pekerjaannya.
Menurut Baron dan Byrne (1994) terdapat dua kelompok faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja yaitu, faktor organisasi yang berisi kebikasanaan perusahaan dan iklim kerja dan faktor pribadi atau individual  karyawan. Pada faktor individual terdapat 2 predictor penting yaitu status dan senioritas. Status kerja yang rendah dan pekerjaan yang rutin dapat mendorong karyawan untuk mencari pekerjaan lain. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja diantaranya,
1.      Gaji/kompensasi
Gaji lebih banyak menyebabkan ketidakpuasan, dan jarang orang yang mengekspresikan kepuasan kerjanya dengan sejumlah uang yang diperolehnya.
2.      Kedudukan
Umumnya manusia beranggapan bahwa seseorang yang bekerja pada pekerjaan yang lebih tinggi akan merasa lebih puas daripada karyawan yang bekerja pada pekerjaan yang lebih rendah. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut tidak selalu benar, akan tetapi perubahan dalam tingkat pekerjaanlah yang mempengaruhi kepuasan kerja.
3.      Jaminan finansial dan jaminan sosial
Masalah finansial dan jaminan sosial kebanyakan berpengaruh terhadap kepuasan kerja.
4.      Umur
Dinyatakan bahwa ada hubungan antara kepuasan kerja dengan umur karyawan. Umur diantara 25 tahun sampai 34 tahun dan umur 40 sampai 45 tahun adalah merupakan umur umur yang bisa menimbulkan rasa kurang puas terhadap pekerjaan.
5.      Kesempatan untuk maju
Dalam hal ini ada tidaknya kesempatan untuk memperoleh pengalaman dan peningkatan kemampuan selama kerja.
6.      Perusahaan dan manajemen
Perusahaan dan manajemen yang baik adalah yang mampu memberikan situasi dan kondisi kerja yang stabil. Faktor ini menentukan kepuasan kerja karyawan.
7.      Pengawasan atau supervisi
8.      Faktor intrinsik dari pekerjaan
9.      Kondisi kerja
10.  Komunikasi
Komunikasi yang lancar antar karyawan dengan pihak manajemen banyak dipakai alasan untuk menyukai jabatannya. Dalam hal ini adanya kesediaan pihak atasan untuk mau mendengar, memahami dan mengakui pendapat ataupun prestasi karyawannya sangat berperan dalam menimbulkan rasa puas terhadap kerja.
11.  Fasilitas
Berdasarkan indikator yang menimbulkan kepuasan kerja tersebut dapat dipahami sikap individu terhadap pekerjaan yang dilakukan. Setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku pada dirinya. Hal ini disebabkan adanya perbedaan persepsi dalam masing masing individu. Semakin banyak aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu tersebut maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan. Oleh karena itu, sumber kepuasan seorang karyawan secara subyektif menentukan bagaimana pekerjaan yang dilakukan memuaskan.

DAFTAR PUSTAKA
Gomez, L.R, Balkin, D.B., Cardy, R.L. 2012. Managing Human Resources. Pearson Education: USA.
Marwansyah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta: Bandung.
Robbins, S.P. dan Judge, T. 2011. Organizational Behaviour 14th ed. Prentice Hall: New Jersey.
Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Predana Media: Jakarta.
Wardani, E.S. 2009. Pengaruh Kompensasi, Keahlian dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Muara Tawar. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
Wulansari, Puspita., Andre, H.D., Arif, P.P. 2014. Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi Karyawan di Departemen Sumber Daya Manusia PLN Kantor Distribusi Jawa Barat dan Banten. Jurnal Manajemen Indonesia vol.14 no 2.

No comments:

Post a Comment