Thursday, March 17, 2016

Tugas B02 , Y39-Sumaryono


Rekrutmen
SDM merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan keberhasilan suatu perusahaan. SDM yang baik dapat diperoleh dari proses seleksi yang baik pula. Terdapat beberapa definisi rekrutmen menurut beberapa ahli diantaranya,
Menurut simamora (1997), rekrutmen adalah serangkaian aktivitas dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Sedangkan menurut Schermerhorn (1997), rekrutmen adalah proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang kosong. Perekrutan yang efektif akan membawa peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang-orang yang berkemampuan dan keterampilannya memenuhi spesifikasi pekerjaan.
Rekruitment merupakan salah satu tahap penting dalam menentukan kelanjutan suatu perusahaan karena proses ini merupakan langkah awal untuk menemukan kandidat dengan kualitas yang bagus. Dengan adanya SDM yang berkualitas perusahaan juga akan lebih cepat untuk maju.
Calon karayawan yang akan direkrut dapat diambil dari SDM internal maupun SDM eksternal. Perekrutan tenaga kerja internal biasanya dilakukan oleh organisasi atau perusahaan yang lama berjalan dan memiliki sistem karir yang baik. Proses perekrutan karyawan melalui metode internal memiliki beberapa keuntungan diantaranya lebih murah, tidak diperlukan adaptasi lagi dan dapat memelihara loyalitas dari karyawan tersebut.
Contoh kasus:
Proses rekruitmen di PT. Beta Pharmacon Member of Dexa Medica Group secara umum dibagi menjadi 4 tahapan yaitu seleksi administrasi, Psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Proses seleksi administrasi dilakukan dengan pengumpulan berkas seperti Curiculum Vitae, Surat Lamaran, dan dokumen penunjang lainnya. Setelah melakukan seleksi administrasi maka perusahaan akan meminta kandidat terpilih untuk mengikuti tahap Psikotes. Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui tipe kepribadian kandidat sehingga pihak perusahaan dapat menentukan kesesuaian kandidat dengan kebutuhan perusahaan. Setelah melewati tahapan ini kandidat akan diminta untuk wawancara. Tahap wawancara dibagi menjadi 2 tahap yaitu wawancara oleh HRD dan User (Supervisor dan atau manager). Tahap wawancara dilakukan untuk mengetahui tingkat kepantasan kandidat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Setelah ketiga tahap tersebut selesai maka akan dilakukan tes kesehatan untuk memastikan bahwa kandidat yang telah dipilih dalam kondisi sehat sehingga dapat mengurangi risiko untuk perusahaan pada nantinya. Setelah semua tahapan di atas terpenuhi maka kandidat akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja yang telah dinegoisasi sebelumnya. Setelah masuk dan bergabung dengan perusahaan tersebut karyawan akan ditempatkan sesuai dengan keahlian dan passion masing-masing.
Proses rekruitmen di PT. Beta Pharmacon juga dilakuakan dengan metode rekruitmen internal dimana, posisi ditawarkan kepada karyawan yang sudah berada di perusahaan tersebut dan karyawan tersebut dipandang memiliki kemampuan untuk mengisi posisi yang sedang kosong tersebut. Pemilihan karyawan tersebut dilakukan dengan beberapa tahapan penting diantaranya pengusulan oleh atasan kepada HRD.
Daftar Pustaka:
Schermerhorn, John R. 1997. Manajemen. Penerbit Andi: Yogyakarta
Simamora, Henry. 1997. Buku Koleksi Digital Universitas Kristen petra
Yullyanti, Ellyta. 2009. Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.