Di PT. Trakindo Utama
pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan salah satu agenda penting yang
wajib dilakukan oleh karyawan. Hal ini ditunjukan dengan didirikannya Trakindo
Utama Training Center yang berlokasi di Cileungsi. Setiap karyawan yang baru
masuk di PT. Trakindo Utama akan di training di training center ini agar
memiliki pemahaman yang lebih tinggi mengenai alat berat.
Untuk karyawan, pelatihan
dan pengembangan diatur dan dijadwalkan oleh bagian human resources department
setiap tahunnya, agar setiap karyawan mendapatkan pengetahuan yang merata.
Bagian HRD juga berkordinasi dengan divisi lainnya sebelum menentukan jadwal
training untuk karyawan. Hal ini dilakukan agar mengetahui skill atau kemampuan
apakah yang paling dibutuhkan oleh karyawan, sehingga proses pelatihan ini
benar-benar terjadi proses peningkatan, bukan hanya proses pengulangan
pengetahuan yang telah diketahui oleh karyawan tersebut.
Terdapat dua jenis
pelatihan di PT. Trakindo Utama, yaitu Pelatihan internal dan pelatihan
eksternal. Pelatihan internal adalah pelatihan yang dilakukan oleh rekan kerja
yang lebih senior, berpengalaman dan menguasai materi yang akan di training
secara in class. Pelatihan internal ini dilakukan secara terjadwal atau ketika
load pekerjaan sedang rendah.
Sedangkan pelatihan
Eksternal adalah pelatihan yang dilakukan seorang trainer professional dan
bukan rekan kerja. Di Trakindo, training eksternal ini biasanya di lakukan di
Training Center Cileungsi. Namun untuk beberapa materi lain yang tidak terdapat
di training center, maka karyawan akan mendapatkan pelatihan melalui biro
pelatihan atau biro sertifikasi.
Namun, PT. Trakindo Utama
juga memberlakukan program mentoring. Program mentoring ini dilakukan oleh
posisi senior atau superior terhadap karyawan junior dan berjalan ketika
pekerjaan sedang berlangsung ( tidak di dalam kelas ). Hal ini dinilai efektif
dalam peningkatan kompetensi karyawan karena karyawan tersebut terjun langsung
dalam sebuah pekerjaan ataupun permasalahan.
Terdapat program khusus
untuk Service Department, yaitu Technician Development Program. Program ini memberikan
acuan kepada service department terhadap skill yang harus dicapai dalam kurun
waktu tertentu. Skill-skill tersebut nantinya akan divalidasi oleh superior dan
HRD. Skill tersebut juga digunakan sebagai alat untuk kenaikan gaji karyawan.
Sumber :
Sumber :
Sjafri
Mangkuprawira. 2008. Strategi Manajemen Pelatihan. Ronawajah. Dalam :
International
Labour Organization, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Kerjasama dan
Usaha Yang Sukses. Dalam :
Yaman-Indonesia.
2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Dalam :
Marihot Tua Efendi Hariandja. 2002. Manajemen Sumber Daya
Manusia. PT. Grasindo. Dalam :
Dewi Irawati. Pengembangan SDM berbasis kompetensi. Ariyanti.ac.id.
Dalam :
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.