Pelatihan
dan pengembangan SDM adalah hal utama harus ada dalam
sebuah manajemen. Pelatihan SDM
mengacu pada serangkaian kegiatan yang memberikan peluang kepada setiap
karyawan untuk mendapatkan dan meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan
pekerjaan.
Program pelatihan SDM umumnya diberikan kepada karyawan yang baru maupun karyawan yang telah ada, tujuannya adalah agar setiap karyawan tersebut mampu menghadapi situasi – situasi yang selalu berubah.
Program pelatihan SDM umumnya diberikan kepada karyawan yang baru maupun karyawan yang telah ada, tujuannya adalah agar setiap karyawan tersebut mampu menghadapi situasi – situasi yang selalu berubah.
Sementara
itu program pengembangan SDM bertujuan untuk mengembangkan keterampilan
untuk pekerjaan masa depan. Pengembangan SDM merupakan suatu proses
pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis dan
terorganisir dimana karyawan manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan
teoritis guna mencapai tujuan umum. Program pendidikan dan pelatihan SDM
merupakan upaya untuk pengembangan SDM, terutama untuk pengembangan
kemampuan intelektual dan kepribadian.
Program pelatihan dan pengembangan SDM merupakan
istilah-istilah yang berhubungan dengan usaha-usaha berencana, yang
diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan, dan sikap-sikap
pegawai atau anggota organisasi. Pengembangan SDM lebih difokuskan pada
peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusan dan memperluas hubungan
manusia (human relation) bagi manajemen tingkat atas dan manajemen tingkat
menengah sedangkan pelatihan SDM dimaksudkan untuk pegawai pada tingkat
bawah (pelaksana). Sehingga diharapkan karyawan semakin terampil dan mampu
melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik, sesuai dengan standar.
Dapat
disimpulkan bahwa pelatihan
dan pengembangan SDM adalah suatu kegiatan untuk
meningkatkan kapasitas SDM agar bisa menjadi sumber daya yang berkualitas baik
dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat professionalisme yang
tinggi dalam bekerja agar bisa meningkatkan kemampuan untuk mencapai
tujuan-tujuan perusahaan dengan baik.
Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM
Pelatihan
dan pengembangan SDM mempunyai tujuan yang terdiri dari
beberapa tujuan antara lain:
- Memutakhirkan
keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui
pelatihan SDM, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat
secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
- Mengurangi
waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam
pekerjaan.
- Membantu
memecahkan persoalan operasional.
- Mengorientasikan
setiap individu terhadap organisasi.
- Memberikan
kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
- Meningkatkan
tingkat professionalisme para karyawan.
CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun
1955. Sekitar 97,94% saham
CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan produk dan layanan
perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 968 jaringan
kantor per 30 September 2012, yang terdiri
dari jumlah kantor cabang sebanyak 608, Mikro Laju sebanyak 314, kantor kas dan
payment point sebanyak 46. CIMB Niaga memiliki lebih dari 14.000 karyawan yang tersebar di seluruh Tanah Air. Jika berbicara
dari sisi sumber daya manusia (SDM). Pengelolaan SDM yang baik menjadi faktor
yang sangat penting. Karena, SDM merupakan tulang punggung dalam menjalankan
roda kegiatan operasional perusahaan. SDM yang berkualitas, bisa memberikan
kontribusi yang penting terhadap pertumbuhan dan pencapaian sukses bisnis CIMB
Niaga. Untuk meningkatkan kualitas SDM, CIMB Niaga telah mengadakan pelatihan
baik di internal maupun eksternal, yang bisa mengembangkan potensi karyawan
untuk bersama-sama mengembangkan CIMB Niaga dalam mencapai prestasi yang lebih
baik lagi.
CIMB Niaga menunjukkan komitmennya
untuk mengembangkan potensi dan kompetensi karyawan secara optimal melalui
berbagai program pelatihan, pendidikan, dan pengembangan yang dilakukan secara
terus menerus. Berbagai program pelatihan dan pendidikan yang dirancang,
dikembangkan, dan disampaikan kepada karyawan merupakan sarana yang digunakan
CIMB Niaga untuk meningkatkan kualitas karyawan agar dapat berkembang
bersama-sama CIMB Niaga demi menjawab tantangan dunia perbankan yang semakin
kompleks dan ketat. Ada 2 fokus utama yang menjadi sumber dari berbagai
aktivitas-aktivitas pelatihan dan pendidikan, yaitu :
- Memajukan Intellectual
Capital untuk mencapai keunggulan kompetitif CIMB Niaga.
- Mengembangkan
sebuah Learning Organisation.
Prinsip-Prinsip
Belajar
Prinsip-prinsip
belajar yang ada terdiri dari 3 hal yaitu :
- Setiap
karyawan bertanggung jawab untuk terus menerus belajar demi kepentingan
pengembangan diri dan perusahaan.
- Untuk
menunjang pengembangan karyawan, alokasi berbagai sumber daya harus
dilakukan secara optimal.
- Kreativitas
dan inovasi dapat dikembangkan melalui lingkungan dan situasi belajar yang
kondusif.
Program
Pelatihan dan Pendidikan CIMB Niaga
Program
Pelatihan dan Pendidikan CIMB Niaga ditetapkan terdiri dari 2 kelompok
besar yaitu :
- Program
Inti (CIMB Niaga Learning Core Program) :
Merupakan program-program utama CIMB Niaga yang menjadi kerangka dan acuan berbagai program pelatihan dan pendidikan di CIMB Niaga. - Program
Tambahan (CIMB Niaga Additional Learning Program) :
Merupakan program-program yang tidak termasuk dalam program inti namun dipandang perlu untuk melengkapi program inti.
Evaluasi
Efektivitas Pelatihan Dan Pendidikan
Pendekatan
evaluasi yang digunakan adalah melakukan evaluasi terhadap setiap program
dengan 5 tingkatan evaluasi yang ditetapkan berbeda sesuai tujuan masing-masing
program. Hasil evaluasi pada satu tingkatan dapat mempengaruhi hasil evaluasi
pada tingkatan yang lebih tinggi. Walaupun demikian, dalam menetapkan hasil
suatu evaluasi tetap harus diperhatikan faktor-faktor lain yang kiranya dapat
mempengaruhi hasil suatu pelatihan atau pendidikan dan tidak selalu dapat
dikontrol.
Adapun
5 tingkatan evaluasi dimaksud mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai
dengan yang paling tinggi adalah :
Tingkatan
1
|
:
|
Evaluasi
Reaksi (Reaction).
|
Tingkatan
2
|
:
|
Evaluasi
Belajar (Learning).
|
Tingkatan
3
|
:
|
Evaluasi
Tingkah Laku (Behavior).
|
Tingkatan
4
|
:
|
Evaluasi
Hasil (Results).
|
Tingkatan
5
|
:
|
Evaluasi
Return On Training Investment (ROTI).
|
PROGRAM
PENDIDIKAN EKSEKUTIF
Program
Pendidikan Eksekutif merupakan program pendidikan bagi calon Karyawan Pimpinan
Junior CIMB Niaga. Program ini dirancang dan diselenggarakan oleh Bank
Niaga untuk memenuhi kebutuhan akan Karyawan Pimpinan Junior sebagaimana
kualifikasi dan kompetensi yang ditetapkan.
Bentuk
Program
Program
Pendidikan Eksekutif CIMB Niaga terdiri dari 2 bentuk yaitu :
- Program
Pendidikan Eksekutif
Merupakan program dengan peserta yang berasal dari luar CIMB Niaga. Calon peserta diseleksi sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan CIMB Niaga. - Program
Pendidikan Khusus
Merupakan program dengan peserta yang berasal dari dalam CIMB Niaga. Calon peserta adalah para karyawan Clerk yang setelah melalui proses seleksi sesuai standar CIMB Niaga dinilai memenuhi kualifikasi sebagai calon Karyawan Pimpinan Junior CIMB Niaga.
Materi
yang diberikan dalam program ini meliputi:
- Professional
Development
- Dasar-dasar
Perbankan
- Basic
Accounting
- Pengantar
Teknologi Informasi
- Treasury
- Risk
Management & Audit Control
- Operation
& Service
- Operation
& Administration
- Ekspor
Impor
- Marketing
Credit
PROGRAM
SERTIFIKASI
Program
Sertifikasi merupakan suatu program bertujuan memvalidasi penguasaan karyawan
akan suatu pengetahuan atau ketrampilan. Sertifikat yang diberikan kepada
karyawan untuk program bersangkutan menjelaskan bahwa penguasaan karyawan atas
pengetahuan atau ketrampilan bersangkutan telah memenuhi standar yang
ditetapkan berdasarkan hasil validasi melalui keikut-sertaan dan evaluasi atas
peserta dalam program.
PENGELOLAAN
PENGETAHUAN
Pengelolaan
Pengetahuan merupakan pengelolaan atas berbagai pengetahuan dan berbagai proses
yang dapat meningkatkan pengaruh pengetahuan terhadap kemampuan
bersaing CIMB Niaga. Dengan melakukan pengelolaan pengetahuan,
diharapkan CIMB Niaga dapat memperoleh dan memanfaatkan berbagai
pengetahuan penting, lalu mengembangkannya sedemikian rupa dan membuatnya dapat
dimanfaatkan secara efektif oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Pengetahuan
tersebut dapat dieksploitasi secara kreatif dan memberikan nilai tambah
terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan perusahaan.
Adapun
yang disebut pengetahuan adalah kombinasi data dan informasi, termasuk pendapat
para ahli, ketrampilan, dan pengalaman, yang pada akhirnya dapat digunakan
untuk membantu proses pengambilan keputusan. Pengetahuan itu sendiri dapat
bersifat eksplisit atau tidak diungkapkan (tacit) dan individual atau
kolektif.
Pelaksanaan
Aktivitas
pengelolaan pengetahuan CIMB Niaga dilakukan dalam bentuk-bentuk yaitu :
- Melakukan
sentralisasi berbagai pengetahuan yang ada di CIMB Niaga yang
dibutuhkan untuk menunjang pencapaian Intellectual Capital di CIMB
Niaga. Dengan dilakukannya sentralisasi pengetahuan yang ada, CIMB
Niaga melakukan penyimpanan atas pengetahuan yang dipersyaratkan harus
dikuasai oleh seluruh karyawan.
- Mengembangkan
program-program untuk menyebarkan berbagai pengetahuan yang dipandang
penting bagi karyawan CIMB Niaga, baik yang dapat dilakukan langsung
oleh karyawan ataupun melalui berbagai media yang ada.
- Mengolah
berbagai informasi, terutama secara elektronik, untuk menunjang penyebaran
pengetahuan secara lebih cepat dan akurat.
- Mengumpulkan
berbagai pengetahuan mengenai stakeholder, termasuk nasabah, untuk
menunjang pengambilan keputusan dalam berbagai bidang demi pencapaian
sasaran bisnis perusahaan.
- Melakukan
evaluasi-evaluasi atas kemampuan pengetahuan individu dan organisasi demi
efektivitas pengelolaan pengetahuan yang optimal.
MANAGEMENT
FORUM PROGRAM
Dalam
upaya memperluas wawasan atau meningkatkan pengetahuan karyawan atau untuk
pencerahan gagasan, disamping memperkuat budaya belajar dalam
perusahaan, CIMB Niaga mengadakan suatu bentuk aktivitas belajar yang
disebut Management Forum Program.
Bentuk
Program
Adapun
bentuk-bentuk dari Management Forum Program adalah sebagai berikut :
- Bedah Buku
- Leadership
Session
- Management
Up Date
ON
THE JOB TRAINING PROGRAM
On
the Job Training merupakan suatu bentuk pelatihan dan
pengembangan melalui aktivitas belajar di suatu unit kerja dimana karyawan
ditugaskan untuk mempelajari aktivitas (-aktivitas) unit kerja bersangkutan.
Adapun tujuan dari On The Job Training adalah untuk kepentingan baik
meningkatkan pengetahuan ataupun ketrampilan yang dibutuhkan karyawan dalam
pelaksanaan tanggung jawab tugasnya ataupun untuk mempersiapkan karyawan
menerima tanggung jawab tugas yang lebih tinggi tingkatannya.
MORNING BRIEFING
Morning Briefing merupakan salah satu bentuk
pembelajaran yang dilakukan pada pagi hari sebelum jam kerja dimulai dan dalam
waktu yang relatif pendek bertujuan untuk mengingatkan kembali secara singkat
kepada karyawan mengenai suatu pengetahuan atau ketrampilan berkaitan dengan pelaksanaan
tugas di CIMB Niaga.
REFRESHING COURSE
Refreshing Course merupakan salah satu bentuk
pembelajaran bertujuan mengingatkan atau menyegarkan kembali penguasaan
karyawan akan suatu pengetahuan atau keterampilan berkaitan dengan pelaksanaan
tugas karyawan
Daftar Pustaka
·
www.cimbniaga.com
· Arifin.J dan
A.Fauzi.2007.”Manajemen Sumber Daya Manusia”.Jakarta:PT.Elex Media Komputindo.
· Manullah,Marihot.2006.”Manajemen
Personalia Edisi ketiga”, Cetakan ke 5, Yogyakarta: Gajah Mada University
Press.
· Marwansyah.2010. “Manajemen
Sumber Daya Manusia Edisi kedua”, Cetakan ke 1, Bandung: CV ALFABETA.
·
Rivai
,Veithzal.2006.”Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT.Grafindo Persada.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.