Rekrutmen pada hakikatnya merupakan proses menentukan dan menarik pelamar yang mampu untuk bekerja dalam suatu perusahaan. Dapat dikatakan rekrutmen sebagai proses untuk mendapatkan sejumlah SDM yang berkualitas untuk menduduki suatu jabatan atau pekerjaan dalam suatu perusahaan.
Tujuan
dari rekrutmen itu sendiri adalah menerima pelamar sebanyak-banyaknya sesuai
dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan dari berbagai sumber sehingga
memungkinkan akan terjaring calon karyawan dengan kualitas tertinggi dari yang
terbaik. Kegiatan rekrutmen dilakukan ketika sebuah perusahaan atau organisasi
memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan sampai mendapatkan calon yang
diinginkan sesuai dengan jabatan atau lowongan yang ada.
Seperti
halnya salah satu perusahaan perbankan berbasis syariah yang ada di Indonesia
ini yaitu PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. melakukan perencanaan perekrutan
SDM dengan menambah karyawan baru di
masing-masing kantor cabangnya, rencana tersebut perlu diadakannya tindakan.Tindakan ini juga harus direncanakan, karena proses tindakan ini sebagai
penentu jalur mana yang akan digunakan untuk merekrut karyawan baru, bisa
melalui pelamar yang melamar langsung via website
dari Bank Syariah Mandiri (pendaftaran online)
atau melalui job fair yang biasa diadakan di tempat-tempat tertentu. Namun, proses
perekrutan dan rencana tindakan yang ditetapkan ini juga perlu diadakaannya
konfirmasi dan permintaan khusus dari masing-masing kantor cabang. Setelah
rencana perekrutan SDM, rencana tindakan yang akan dilakukan, dan konfirmasi
dari masing-masing kantor cabang, terciptalah lowongan pekerjaan yang
teridentifikasi, misalnya sebagai contoh di PT. Bank Syariah Mandiri ingin
melakukan penambahan karyawan baru pada bagian program Regular dan Management Development Program (MDP)
dengan mengikutsertakan perusahaan tersebut pada job fair yang diadakan di
Gelora Bung Karno dengan jumlah karyawan
yang tidak diketahui oleh pelamar baik untuk program regular atau MDP.
Setelah
diketahui lowongan pekerjaannya, pelamar akan diberikan informasi mengenai
deskripsi pekerjaan. Biasanya akan diberitahukan lowongan apa saja yang sedang
dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Pemberitahuannya bisa datang langsung ke booth BSM yang telah tersedia melalui
karyawan dari BSM itu sendiri atau dari brosur dan poster yang ada di booth BSM, pelamar bisa langsung
membacanya sendiri. Deskripsi
pekerjaan untuk program Regular (bagian Frontliner)
melayani nasabah, memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada nasabah
Bank Syariah Mandiri, menangani keluhan nasabah secara efektif, menawarkan
produk-produk perbankan yang ada di BSM, dan melaksanakan tugas lainnya yang
ditunjukkan atasan.
Selain
deskripsi pekerjaan, akan tertera pula persyaratan bagi calon pelamar yang bisa
disebut sebagai spesifikasi pekerjaan. BSM memiliki standar sendiri untuk calon
pelamar yang akan mengikuti proses seleksi seperti berpenampilan menarik dan
belum menikah, pendidikan minimum D3
(Lebih diutamakan S1) , IPK minimal 2.75 (akreditasi A), usia maksimal 27
tahun, dan persyaratan lainnya. Deskripsi dan spesifikasi pekerjaan ini biasanya
tertera pada brosur dan poster yang ada di booth
BSM. Setelah calon pelamar memiliki ketertarikan dan memenuhi persyaratan yang
dibutuhkan oleh BSM, pelamar masuk dalam tahapan seleksi administrasi. Seleksi
administrasi yaitu pelamar menyerahkan berkas lamaran yang akan diperiksa
kesesuaiannya dengan kriteria yang dibutuhkan oleh Bank BSM dan pelamar harus
mengisi formulir yang tersedia dengan lengkap dan jelas.
Sumber : disini
Daftar
Pustaka :
1.
Rivai Zainal, Viethzal, dkk. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk
Perusahaan: Dari Teori ke Praktek Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.