Motivasi adalah keinginan untuk melakukan sesuatu, dengan
demikian motivasi kerja adalah keinginan seseorang untuk melakukan pekerjaan. Sedangkan
demotivasi adalah ketidakinginan dalam melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah
pekerjaan.
Setiap individu memiliki motivasi yang berbeda dalam melakukan pekerjaan. Sehingga seorang manager atau atasan harus mengetahui motivsi apakah yang dimiliki oleh bawahannya agar dapat memperlakukan karyawannya sesuai dengan motivasi yang dimilikinya.
Setiap individu memiliki motivasi yang berbeda dalam melakukan pekerjaan. Sehingga seorang manager atau atasan harus mengetahui motivsi apakah yang dimiliki oleh bawahannya agar dapat memperlakukan karyawannya sesuai dengan motivasi yang dimilikinya.
Pada dasarnya seseorang berhasil melakukan pekerjaan karena
adanya dorongan motivasi inter, eksternal dan gabungan keduanya. Motivasi eksternal,
dalam hal ini ekosistem tempatnya bekerja sangat berpengaruh pada suasana hati
pekerjanya. Ekosistem yang nyaman dan kondusif menjadikan motivasi kerja yang
tinggi. Dan ekosistem yang buruk dapat menyebabkan demotivasi pada pekerja.
Menurut Mangkuprawira, seberapapun tingkat kemampuan yang dimiliki oleh seorang
karyawan pasti membutuhkan motivasi yang akan berpengaruh pada kinerjanya.
Di Service Department PT. Trakindo Utama, motivasi karyawan
merupakan salah satu hal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap karyawan. Karena load
kerja yang tinggi dapat menyebabkan menurunnya motivasi dan mengakibatkan
dampak terhadap keselamatan kerja, kemauan karyawan untuk bekerja dan kinerja
karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
Terdapat 5 ( lima ) aspek yang mempengaruhi motivasi :
1.
Kebutuhan Fisik
PT. Trakindo Utama memberikan tunjangan
untuk tempat tinggal agar setiap karyawan trakindo bisa tinggal ditempat yang
layak. Agar karyawan tidak perlu memikirkan hal-hal tersebut ketika melakukan
pekerjaan. Trakindo juga memberikan locker room yang nyaman bagi karyawan, agar karyawan dapat beristirahat saat break time.
2.
Kebutuhan Rasa Aman
Trakindo sangat memperhatikan keselamatan
ditempat kerja. Hal ini ditunjukan dengan support penuh terhadap APD ( Alat
Pelindung Diri ) dalam melakukan pekerjaan. Trakindo juga memberikan karyawan
untuk tidak melakukan pekerjaan apabila setelah dilakukan analisis, pekerjaan
tersebut tidak aman untuk dikerjakan dan berusaha mencari alternative lain
meskipun mengeluarkan cost.
3.
Kebutuhan Cinta / Rasa memiliki
Trakindo sangat menjaga hubungan
kekeluargaan di tempat kerja. Sehingga setiap karyawan bersemangat ketika akan
berangkat kerja. Ekosistem kerja yang baik tentunya akan memberikan kinerja
yang baik pula. Trakindo juga mengadakan family gathering untuk mempererat
hubungan antar karyawannya.
4.
Kebutuhan Status / Kekuasaan
Setiap karyawan diberikan independensi
dalam melakukannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga karyawan
tidak perlu berpikir berkali-kali ketika akan membuat decision. Hal ini
dilakukan agar setiap karyawan memiliki kemampuan decision making. Hal seperti
ini sangat berpengaruh pada motivasi karyawan saat bekerja, karena seorang
karyawan merasa dirinya dipercaya oleh atasan. Atasan pun siap bertanggung
jawab bersama-sama terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan bawahannya. Setiap
karyawan juga memiliki kebanggaan bekerja dengan membawa nama perusahaan, hal
ini membuat karyawan bekerja semaksimal mungkin agar perusahaan yang
dibanggakannya maju dan berkembang.
5.
Kebutuhan Aktualisasi Diri
Trakindo utama memberlakukan program
development terhadap semua posisi. Didalam program tersebut, karyawan
diberitahu kemampuan apa saja yang harus dicapai dalam suatu posisi. Apabila semua
kemampuan yang dibutuhkan dalam posisi tersebut telah dicapai oleh karyawan,
seorang karyawan berhak untuk divalidasi oleh atasannya untuk meningkatkan
karirnya ke posisi yang lebih tinggi dan salarynya. Dengan mengetahui hal ini,
karyawan akan berusaha terus menerus agar kemampuannya berkembang. Tentu saja
hal ini juga meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.
Dengan memberlakukan berbagai kebijakan tersebut, Trakindo
telah meningkatkan motivasi kerja dari setiap karyawan di service department,
dan memenuhi factor-faktor kebutuhan karyawan untuk membangun motivasi.
Daftar
Pustaka
·
Atep Afia Hidayat, 2015, MSDM : Motivasi Kerja
·
Cherry, K. 2014. Theories of motivation, A
Closer Look at Some Important Theories Motivation. Dalam : http://psychology.about.com/od/psychologytopics/tp/theories-of-motivation.htm
·
Mangkuprawira, T. S. dan Aida V.H. 2007.
Manajemen Mutu SDM. PT Ghalia Indonesia. Jakarta
·
MCLeod, S. 2007. Maslow’s Hierarchy of Needs.
Dalam :
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.