Manajemen kompensasi
adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung maupun barang
tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atau jasa yang diberikan
pada perusahaan. Serta kompensasi tambahan finansial atau non finansial yang diberikan
berdasarkan kebijaksanaan terhadap semua karyawan dan usaha meningkatkan
kesejahteraan mereka.
Kompensasi
yang baik akan memberi beberapa efek positif pada organisasi/perusahaan seperti
:
1.
Mendapatkan
karyawan berkualitas baik
2.
Memacu
pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi
3.
Memikat
pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada
4.
Mudah
dalam pelaksanaan administrasi maupun aspek hukumnya
5.
Memiliki
keunggulan lebih dari pesaing/kompetitor
Dalam rangka memberikan
daya tarik, motivasi dan mempertahankan pekerja terbaik, Bank ABC menyusun
sistem kompensasi berdasarkan praktek dibidang perbankan serta selalu
memperbaharui sesuai dengan perkembangan bisnis serta praktek pasar tenaga
kerja bidang perbankan dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan peraturan
perundangan yang berlaku. Upah pekerja Bank ABC terdiri dari upah pokok,
tunjangan premium dan tunjangan peralihan yang disusun untuk memberikan
penghargaan dalam rangka mewujudkan keadilan internal berdasarkan :
1.
Kontribusi
dan peran jabatan
2.
Pengalaman
kerja yang relevan dan telah terbukti
3.
Keahlian
dan kompetensi yang dibutuhkan
4.
Kinerja
atau prestasi
Selain
pemberian kompensasi untuk memberikan motivasi karyawan dalam meningkatkan
kinerjanya, manajemen juga memberikan reward atau penghargaan terbaik berupa
finansial ataupun non finansial terhadap pengabdian maupun prestasi yang dicapai
pegawai Bank ABC. Pegawai Bank ABC juga mendapat jaminan kesehatan berupa BPJS
yang merupakan program pemerintah.
Bank ABC juga memberikan kompensasi financial
tidak langsung yang diberikan dalam bentuk cuti tahunan. Perusahaan juga
memberikan rencana pensiun, BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk kompensasi. Untuk
tingkatan manager keatas diberikan fasilitas tambahan berupa mobil dinas.
Seperti
contohnya pada bagian frontliner (CS/Teller) ada reward yang diberikan setiap 3
bulan sekali yaitu “best Customer Service dan Teller” yang penilaiannya dilihat
dari performa selama 3 bulan terakhir, reward yang diberikan berupa uang atau
berwisata beserta sertifikat.
Kompensasi
memang sangat dibutuhkan oleh pegawai selain untuk meningkatkan kinerja juga
untuk lebih berprestasi dalam bekerja, selama reward masih selalu diberikan
pasti karyawan akan tetap menggapai kinerja yang terbaik.
Untuk memberikan penyegaran kepada
pegawai, Bank ABC memberikan refreshing 1 tahun sekali berwisata untuk
mengurangi tingkat kejenuhan karyawan, selama refreshing pegawai akan
mendapatkan kompensasi berupa uang saku dan diberikan fasilitas selama
refreshing.
Dengan
memberikan kompensasi dari perusahaan kepada para pegawainya, diharapkan
pegawai dapat meningkatkan produktifitas kerja dan meningkatkan prestasi
kerjanya. Dengan begitu perusahaan juga akan mendapatkan timbal balik berupa
laba/benefit yang besar juga.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.