Manajemen kinerja adalah suatu proses
strategis dan terpadu yang menunjang keberhasilan sebuah organisasi melalui
pengembangan dan kontribusi seluruh kinerja Sumber daya manusia.
Keberhasilan sebuah organisasi sangat
ditentukan melalui pencapaian kinerja optimal oleh pelaku utama di dalamnya,
baik pada level pimpinan, menengah, maupun entry level/ lower level. Kolaborasi
holistik dari seluruh level tersebut selayaknya memerlukan strategi yang
efektif melalui harmonisasi dalam rangka
menuju organisasi yang berkelanjutan.
Dalam Sistem Manajemen Kinerja
meliputi 3 bagian yaitu : pendefinisian kinerja, pengukuran kinerja, pemberian
umpan balik informasi kinerja. Di PT.Mulya Adhi Paramita (MAP) juga terdapat
sistem manajemen kinerja yang telah dibuat sedemikian rupa oleh perusahaan
untuk karyawan.
1.
Pendefinisian Kerja.
Dalam hal ini HRD (human resources department) MAP mengkhususkan
aspek-aspek kinerja yang relevan dengan perusahaan. HRD melakukan job analysis
dan melakukan rekrutmen untuk mendapatkan sumber daya manusia yang cocok dengan
job analysis tersebut yang nantinya akan bekerja sama dalam perusahaan untuk
mencapai visi misi perusahaan.
2. Pengukuran Kinerja.
PT. MAP setiap tahunnya melakukan appraisal atau penilaian
kinerja karyawan di semua departemen. Seorang karyawan akan dinilai oleh atasan
langsung dan tidak langsung. Terdapat beberapa poin yang masuk dalam penilaian
kinerja seperti absensi, kedisiplinan, kemampuan, kompetensi dan lain-lain.
Hasil dari appraisal tersebut akan sangat berpengaruh kepada kenaikan gaji dan
bonus yang akan diterima oleh seorang karyawan setiap tahunnya.
3. Umpan Balik Kinerja.
Setelah dilakukan
appraisal atau penilaian kinerja, hasil dari appraisal tersebut di berikan
kepada karyawan yang terkait. Hal ini dimaksudkan agar karyawan mengetahui
poin-poin mana yang dianggap kurang baik sehingga untuk kedepannya karyawan
tersebut dapat melakukan perbaikan diri menjadi lebih baik lagi dan lebih
menyesuaikan dengan tujuan dari perusahaan. Apabila seorang karyawan
mendapatkan nilai yang baik dalam sebuah appraisal, perusahaan akan memberikan
kenaikan gaji yang sesuai atau kenaikan golongan sebagai bentuk penghargaan
dari hasil baik yang diberikan oleh karyawan.
Daftar Pustaka
- Ma’arif, M.S. dan Lindawati K. Manajemen Kinerja – Implementasi Menuju Organisasi Berkelanjutan. IPB Press. Bogor.
- Jalil, H. 2014. Penilaian dan Pengembangan MSDM – Penilaian Kinerja. Universitas Trisakti. Dalam : http://blog.trisakti.ac.id/jalil/files/2013/10/Wright-Bab-8.doc
- Rojuaniah. 2014. Manajemen Kinerja. Universitas Esa Unggul. Dalam : http://www.esaunggul.ac.id/article/manajemen-kinerja/
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.