Friday, November 20, 2015

Manajemen Kompensasi PT Telkomsel Jawa-Bali

Jenis-jenis kompensasi yang diberikan di PT Telkomsel Jawa-Bali dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Gaji Pokok
Nominal gaji pokok yang diberikan PT Telkomsel Jawa-Bali terhadap staff management sebagai karyawan tetap ditentukan oleh top management dan tidak pernah diketahui pedoman sebagai dasar menentukan nominal tersebut. Gaji pokok ini bersifat fix setiap bulannya dan tidak dipengaruhi oleh kinerja karyawan.
Tunjangan jabatan yang diberikan telah disatukan dengan nominal gaji pokok sedangkan presentase tunjangan jabatan tidak pernah diketahui dan hanya diketahui oleh top management yaitu direktur komersial, direktur operasional dan direktur utama.
2. Tunjangan Makan
Tunjangan makan ini bersifat variabel karena disesuaikan dengan kehadiran karyawan untuk bekerja. Nominal tunjangan makan setiap hari dikalikan dengan jumlah hari karyawan aktif bekerja dan diberikan pada setiap periode penerimaan gaji yaitu tanggal 1 dan tanggal 16 .
3. Tunjangan Kesehatan
PT Telkomsel Jawa-Bali memberikan tunjangan kesehatan dalam bentuk mengikutsertakan seluruh karyawan dalam program jamsostek atau yang akan berganti menjadi BPJS dan mengikutsertakan staff management sebagai karyawan tetap ke dalam program asuransi perusahaan swasta yaitu prudential.
4. Tunjangan Transportasi
PT Telkomsel Jawa-Bali memberikan tunjangan transportasi khususnya untuk staff management sebagai karyawan tetap perusahaan. Untuk jabatan manajer akuntansi dan keuangan, manajer pabrik, manajer produksi, manajer pemasaran dan manajer sumber daya manusia diberikan inventaris berupa kendaraan roda empat atau mobil, jabatan kepala bagian gudang, kepala bagian mekanik atau engineering diberikan inventaris kendaraan roda dua tanpa tambahan uang untuk bahan bakar. Sedangkan, untuk staff management sebagai karyawan tetap diberikan fasilitas antar jemput menggunakan mobil dan supir dari perusahaan.
5. Tunjangan Hari Raya (THR)
PT Telkomsel Jawa-Bali memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya sesuai dengan agama yang dianut setiap karyawan. Kompensasi ini bersifat variabel karena nominal yang diberikan berkisar antara 1-3 kali nilai gaji pokok tergantung pada masa kerja dan
keputusan top management. .
6. Penghargaan Masa Kerja
PT Telkomsel Jawa-Bali sangat menghargai loyalitas karyawannya terhadap perusahaan dengan memberikan penghargaan masa kerja dalam bentuk kenaikan gaji pokok dengan nominal yang besar. Kompensasi ini bersifat variabel karena jumlah yang diberikan bergantung pada masa kerja karyawan dan sepenuhnya merupakan keputusan top management bahkan tidak ada pedoman kenaikan gaji berdasarkan rentang tahun masa kerja .
7. Kenaikan Gaji Setiap Tahun
Untuk menyesuaikan dengan biaya hidup yang semakin tinggi,Telkomsel Jawa-Bali memberikan kenaikan gaji setiap tahun yang dipertimbangkan dari presentase nilai kenaikan upah minimum kota. Tetapi presentase kenaikan gaji pokok tidak selalu sama untuk setiap karyawan karena bergantung pada keputusan top management dan tidak ada pedoman pasti yang digunakan untuk menentukan presentase atau nominal kenaikan gaji tersebut.
8. Kegiatan Bersama
Kompensasi non moneter ini diberikan dalam bentuk rekreasi bersama seluruh karyawan PT Telkomsel Jawa-Bali maupun acara panggung untuk memperingati ulang tahun PT BTelkomsel Jawa-Bali dengan diberikan door prize. Kegiatan ini diadakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk memberikan hiburan pada karyawan agar setelahnya dapat bekerja dengan lebih produktif lagi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.