Sunday, November 29, 2015

Manajemen Kompensasi pada PT Rigspek Perkasa

Pada PT Rigspek Perkasa adalah perusahan jasa inspeksi teknik, dimana bergerak dalam pemeriksaan dan sertifikasi alat angkat berat pada perusahaan-perusahaan oil & gas. Manajemen kompensasi cenderung bersifat adil terutama bagi para inspektur. Manajamen kompensasi diharapkan dapat memotivasi karyawan untuk lebih meningkatkan kualitas pribadi dalam pekerjaan, karena apa yang menjadi bisnis utama PT Rigspek perkasa adalah Skill dan Kualifikasi para inspektur.


Ada beberapa elemen kompensasi pada PT Rigspek Perkasa yaitu:
1.       Kompensasi Langsung
Yaitu upah yang dibayarkan pada karyawan sesuai dengan skill, kualifikasi, pendidikan dan pengalaman yang dimiliki karyawan tersebut. Semakin banyak skill dan kulifikasi yang dimiliki maka akan semakin tinggi upah bulanan yang akan didapatkan. Dengan demikian  karyawan akan merasa sepadan antara upah dan kompetensi.
2.       Kompensasi Tidak langsung
Kompensasi tidak langsung yang diberikan PT Rigspek Perkasa antara lain adalah tambahan cuti, THR, dan Training bersertifikasi. Cuti tambahan akan diberikan bagi karyawan yang bekerja didalam lingkungan perusahaan pada hari libur. THR didapatkan setiap tahun dan Training sertifikasi akan didapatkan bagi karyawan yang memilki kemaun belajar yang tinggi yang dapat dilihat dari peningkatan hasil kinerja karyawan tersebut.
3.       Insentif
Karena merupakan perusahaan jasa, hampir 90% pekerjaan dilakukan di luar PT Rigspek Perkasa yaitu Perusahaan-perusahaan lain yang membutuhkan jasa inspektur pemeriksaan. Untuk setiap pekerjaan di luar PT Rigspek Perkasa maka akan ada insentif bagi para inspektur dalam hitungan per hari kerja disertai tunjangan makan perhari. Adapun jumlah insentif tidak sama pada setiap inspektur, disebabkan tidak samanya kompetensi masing-masing inspektur dan perbedaan Customer yang diberikan servis.
Dengan adanya penilaian terhadap pemberian kompensasi yag adil pada PT Rigspek Perkasa yang di latar belakangi faktor kompetensi, tingkat pendidikan, dan pengalaman, diharapkan dapat memacu para inspektur untuk lebih loyalterhadap perusahaan dan mau meningkatakan kualitas pribadi masing-masing.

Tinjauan Pustaka:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.