Thursday, November 19, 2015

Manajemen Kompensasi Bank ABC

Manajemen kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung maupun barang tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atau jasa yang diberikan pada perusahaan. Serta kompensasi tambahan finansial atau non finansial yang diberikan berdasarkan kebijaksanaan terhadap semua karyawan dan usaha meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kompensasi yang baik akan memberi beberapa efek positif pada organisasi/perusahaan seperti :

1.    Mendapatkan karyawan berkualitas baik
2.    Memacu pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi
3.    Memikat pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada
4.    Mudah dalam pelaksanaan administrasi maupun aspek hukumnya
5.    Memiliki keunggulan lebih dari pesaing/kompetitor

Dalam rangka memberikan daya tarik, motivasi dan mempertahankan pekerja terbaik, Bank ABC menyusun sistem kompensasi berdasarkan praktek dibidang perbankan serta selalu memperbaharui sesuai dengan perkembangan bisnis serta praktek pasar tenaga kerja bidang perbankan dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan peraturan perundangan yang berlaku. Upah pekerja Bank ABC terdiri dari upah pokok, tunjangan premium dan tunjangan peralihan yang disusun untuk memberikan penghargaan dalam rangka mewujudkan keadilan internal berdasarkan :

1.    Kontribusi dan peran jabatan
2.    Pengalaman kerja yang relevan dan telah terbukti
3.    Keahlian dan kompetensi yang dibutuhkan
4.    Kinerja atau prestasi

Selain pemberian kompensasi untuk memberikan motivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya, manajemen juga memberikan reward atau penghargaan terbaik berupa finansial ataupun non finansial terhadap pengabdian maupun prestasi yang dicapai pegawai Bank ABC. Pegawai Bank ABC juga mendapat jaminan kesehatan berupa BPJS yang merupakan program pemerintah.

Bank ABC juga memberikan kompensasi financial tidak langsung yang diberikan dalam bentuk cuti tahunan. Perusahaan juga memberikan rencana pensiun, BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk kompensasi. Untuk tingkatan manager keatas diberikan fasilitas tambahan berupa mobil dinas.

Seperti contohnya pada bagian frontliner (CS/Teller) ada reward yang diberikan setiap 3 bulan sekali yaitu “best Customer Service dan Teller” yang penilaiannya dilihat dari performa selama 3 bulan terakhir, reward yang diberikan berupa uang atau berwisata beserta sertifikat.

Kompensasi memang sangat dibutuhkan oleh pegawai selain untuk meningkatkan kinerja juga untuk lebih berprestasi dalam bekerja, selama reward masih selalu diberikan pasti karyawan akan tetap menggapai kinerja yang terbaik.

Untuk memberikan penyegaran kepada pegawai, Bank ABC memberikan refreshing 1 tahun sekali berwisata untuk mengurangi tingkat kejenuhan karyawan, selama refreshing pegawai akan mendapatkan kompensasi berupa uang saku dan diberikan fasilitas selama refreshing.

Dengan memberikan kompensasi dari perusahaan kepada para pegawainya, diharapkan pegawai dapat meningkatkan produktifitas kerja dan meningkatkan prestasi kerjanya. Dengan begitu perusahaan juga akan mendapatkan timbal balik berupa laba/benefit yang besar juga.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.