Thursday, November 12, 2015

Manajemen Kinerja di PT. Panarub Dwikarya Cikupa

       Setiap setahun sekali PT. Panarub Dwikarya Cikupa selalu melakukan penilaian terhadap kinerja para karyawannya mulai dari tingkat staff dan operator hingga ke level manajemen. Aspek-aspek yang dinilai dalam penilaian tahunan tersebut, antara lain :


  1. Dimensi kinerja (Performance)A
  2. spek kompetensi Karyawan
  3. Reward & Penalty
  4. Aspek Kedisiplinan

Dari dimensi kinerja tersebut karyawan akan dinilai sebagai berikut :

  1. Kualitas / Keakuratan : Hasil kerja memenuhi akurasi ataupun standar kualitas yang diharapkan.
  2. Kecepatan / Ketepatan : Karyawan bekerja dengan cepat, tepat waktu tanpa mengurangi kualitas kerja.
  3. Kesadaran Biaya (Cost Awareness) : Karyawan peduli dengan effisiensi proses dan biaya yang akan dikeluarkan.
  4. Penanganan Masalah (Problem Solving) : Karyawan mampu menangani, memecahkan masalah dan follow up pemecahan masalah tersebut.

Sedangkan untuk aspek kompetensi Karyawan yang dinilai, yaitu sebagai berikut :

  1. Orientasi terhadap pelanggan : Karyawan memahami pandangan dan permintaan customer (internal & eksternal), termasuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk melayani demi memenuhi harapan dan mengantisipasi kebutuhan di masa yang akan datang.
  2. Mengembangkan dan menjaga hubungan : kemampuan untuk menjalani relasi yang baik dengan customer (internal & eksternal), memahami pandangan orang lain dan dapat menyelesaikan konflik.
  3. Kerjasama kelompok : kemampuan untuk bekerja dalam tim dan kesediaan menerima tugas untuk mencapai tujuan tim.
  4. Motivasi perorangan : kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan, bertanggungjawab terhadap penyelesaian tugas, menunjukkan inisiatif dan memastikan bahwa tujuannya tercapai.
  5. Kemandirian : kemampuan untuk dapat berdiri sendiri, mengatasi kepentingan tanpa bergantung kepada orang lain, bertindak penuh integritas.
  6. Fleksibilitas : kemauan untuk berubah dan belajar, mengembangkan ide atau gagasan terbaru.
  7. Health Safety & Environment : Karyawan peduli terhadap kesehatan, keamanan dan keselamatan di area kerja.
  8. Kepemimpinan (khusus Pimpinan) : kemampuan untuk mengatur, mendelegasikan tugas, memotivasi, mengawasi dan mengarahkan bawahan untuk mencapai tujuan dan berperan sebagai role model yang positif.

       Kedisiplinan Karyawan juga menjadi factor penentu dalam hal penilaian kinerja Karyawan, baik itu secara kehadiran (Ijin, Alpha, dan terlambat) atau sanksi (SP1, SP2, SP3, hingga skorsing).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.