Thursday, October 1, 2015

Training System di P&G

Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki performansi pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggungjawabnya, atau satu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya.


Pelatihan harus didesain untuk mewujudkan tujuan-tujuan organisasi yang ada pada waktu yang bersamaan juga mewujudkan tujuan-tujuan dari para pekerja secara perorangan.

Di P&G training system dikelola oleh organisasi E&T (Education & Training). Anggota dari E&T merupakan perwakilan dari setiap departemen yang ada di P&G yang bertugas untuk mendata dan memastikan setiap anggota departemen mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan.
Adapun skill yang perlu dimiliki oleh karyawan P&G dibagi menjadi 3 jenis
1.       General skill : skill yang wajib dimiliki oleh setiap karyawan di P&G. Contoh dari jenis skill ini adalah pelatihan mengenai Safety.
2.       Common skill : skill tambahan yang dapat membantu pekerjaan karyawan. Contoh dari skill ini adalah Why-why Analysis, 6W2H.
3.       Technical Skill : skill yang hars dimiliki oleh karyawan untuk specific role. Contoh dari skill ini adalah bagaimana cara mengoperasikan mesin untuk Operator.

Metode Pelatihan
Metode pelatihan yang dilakukan oleh di P&G dibagi menjadi beberapa macam
1.       Classroom Training: pelatihan materi dengan system ceramah.
2.       On Job Training : pelatihan yang dilakukan di lapangan dan karyawan bertindak langsung dalam proses
3.       Web Base Training : Training yang dilakukan dengan system online.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.