1. Pengertian
Manajemen Talenta
Manajemen talenta adalah serangkaian proses SDM
organisasi terpadu yang dirancang untuk mengembangkan, memotivasi, dan
mempertahankan produktif, terhadap karyawan yang terlibat. Tujuan dari
manajemen bakat adalah untuk menciptakan kinerja tinggi, organisasi
berkelanjutan yang memenuhi tujuannya strategis dan operasional dan tujuan
2.
Bagaimana
Merencanakan dan Mengaktifkan Strategi Manajemen Bakat/ Talenta ?
-
Libatkan pemimpin utama Anda - termasuk CEO Anda. Jelaskan mengapa
organisasi Anda membutuhkan strategi manajemen bakat, garis besar tujuan Anda,
memberitahu pemimpin Anda bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan, dan
meminta dukungannya sepenuh.
-
Tetapkan seorang pemimpin bakat. Menunjuk tingkat senior orang untuk mengembangkan,
memperbarui secara konsisten , dan juara strategi manajemen bakat organisasi
Anda.
-
Audit posisi kunci dan kompetensi yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu
Anda memahami bakat Anda untuk memenuhi tujuan saat ini.
-
Petakan kebutuhan masa depan. Melibatkan manajemen bakat dalam pertemuan
perencanaan strategis organisasi Anda untuk menentukan persyaratan bakat masa
depan.
-
Gunakan otomatisasi untuk meningkatkan proses dan alur kerja. Dukung
program-program anda dengan teknologi, tapi jangan berharap teknologi untuk
menjadi pembuat keputusan pengganti.
-
Masukan metrik yang relevan di tempat kerja untuk mengukur keberhasilan.
Secara teratur berbagi hasil dengan kepemimpinan senior organisasi Anda untuk
rekomendasi perbaikan.
-
Luncurkan strategi manajemen bakat Anda dengan dukungan CEO langsung.
Mintalah CEO Anda untuk secara pribadi mengumumkan strategi manajemen bakat
organisasi Anda. Ini akan menandai pentingnya strategis perencanaan dan program
manajemen bakat.
3. Kesimpulan
Organisasi bisa menjadi proaktif
maupun reaktif terhadap demand/permintaan akan talenta-talenta penting yang
dibutuhkan perusahaan sebagai respon atas perubahan yang terjadi di dalam
perusahaan maupun industri. Oleh karenanya, setiap perusahaan harus memiliki
konsistensi yang sangat besar ditengah tim-tim fungsional perusahaan yang
membutuhkan keahlian maupun kompetensi khusus dan berbeda-beda. Untuk
memperluas strategi manajemen talenta, perusahaan juga harus meningkatkan
pendapatan para pekerja part-time yang mereka miliki dengan asumsi bahwa
merekalah yang akan menjadi sumber bagi perusahaan untuk mencari talenta yang
perusahaan butuhkan di masa yang akan datang. Perlu juga dikomunikasikan antara
manajemen dan karyawan mengenai dampak dari manajemen talenta dengan
pertumbuhan perusahaan. Demikian juga bahwa perusahaan harus mulai memetakan
pencapaian para karyawannya untuk membuat strategi untuk meningkatkan lama
karyawan bekerja di perusahaan dan kepuasan mereka. Perusahaan juga diharapkan
dapat mengenali keahlian dan karakter yang dibutuhkan perusahaan sehingga dapat
dikembangkan dan ditularkan ke semua karyawan dan meminimalisir biaya training
dengan hanya fokus pada area pengembangan penting saja. Perusahaan juga dapat
memberikan pelatihan yang dibutuhkan serta sertifikasinya selain gelar yang
karyawan miliki.
DAFTAR
PUSTAKA
Rachmawati,
Meida. 2014. Strategi Untuk Menerapkan
Talent Management (Manajemen Talenta) Dalam Perusahaan. Vol.7, No.14.
Salatiga: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
http://viavitae.co.id/manajemen-talenta-talent-management/ (diakses tanggal 12
Januari 2017 jam 20.12)
http://allboutmystudy.blogspot.co.id/2015/06/manajemen-talenta.html (diakses tanggal 11 Januari 2017 jam 08.54)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.