Friday, June 17, 2016

Definisi Manajemen SMD(Sumber Daya Manusia)

Disusun Oleh: Mutiara Zulul Fadilla
41614010043
Teknik Industri

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Model Manajemen Sumber Daya Manusia

Di dalam memahami berbagai permasalahan pada manajelen sumber daya manusiadan sekaligus dapat menentukan cara pemecahannya perlu diketahui lebih dahulu model-model yang digunakan oleh perusahaan kecil tidak bias menerapkan model yang biasadigunakan oleh perusahaan besar. Demikian pula sebaliknya. Dalam perkembangan model-model ini berkembang sesuai dengan situasi dan kondisi serta tuntutannya.Untuk menyusun berbagai aktifitas manajemen sumber daya manusia ada 6 (enam) modelmanajemen sumber daya manusia yaitu:

1. Model Klerikal
Dalam model ini fungsi departemen sumber daya manusia yang terutama adalah memperolehdan memelihara laporan, data, catatan-catatan dan melaksanakan tugas-tugas rutin.

2. Model HukumDalam model ini, operasi sumber daya manusia memperoleh kekutannya dari keahliandi bidang hukum.


3. Model FinansialAspek pinansial manajemen sumber daya manusia belakangna ini semakin berkembangkarena para manajer semakin sadar akan pengaruh yang besar dari sumber daya manusiaini meliputi biaya kompensasi tidak langsung seperti biaya asuransi kesehatan, pension,asuransi jiwa, liburan dan sebagainya, kebutuhan akan keahlian dalam mengelola bidangyang semakin komplek ini merupakan penyebab utama mengapa para manajer sumber dayamanusia semakin meningkat.


4. Model ManjerialModel manajerial ini memiliki dua versi yaitu versi pertama manajer sumber daya manusiamemahami kerangka acuan kerja manajer lini yang berorientasi pada produktivitas. Versikedua manajer ini melaksanakan beberpa fungsi sumber daya manusia.
5. Model HumanistikIde sentral dalam model ini adalah bahwa, departemen sumber daya manusia dibentuk untukmengembangkan dan membantu perkembangan nilai dan potensi sumber daya manusia didalam organisasi. 


6. Model Ilmu PerilakuModel ini menganggap bahwa, ilmu perilaku seperti psikologi dan perilaku organisasimerupakan dasar aktivitas sumber daya manusia.


Fungsi manajemen:

1. Perencanaan
2. Rekrutmen
3. Seleksi
4. Orientasi, Pelatihan dan Pengembangan
5. Evalauasi Kinerja
6. Komensasi
7. Pengintegrasian
8. Pemeliharaan
9. Pemberhentian

http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-tugas-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia-sdm-ilmu-ekonomi-manajemen-manajer-msdm.html 
http://hildaagustina.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-manajemen-sumber-daya.html 
http://www.davishare.com/2014/12/makalah-manajemen-sumber-daya-manusia.html
http://adhielc.blogspot.co.id/2012/10/makalah-tentang-manajemen-sumber-daya.html
https://indriani393.wordpress.com/makalah/manajemen-sumberdaya-manusia/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.