Tuesday, June 14, 2016

ANALISIS DAN STUDI DESKRIPTIF PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN, POSISI FIELD SPECIALIST DAN MAINTENANCE TECHNICIAN DI P.T. DOWELL ANADRIL SCHLUMBERGER (DAS)

ANALISIS DAN STUDI DESKRIPTIF PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN, POSISI FIELD SPECIALIST DAN MAINTENANCE TECHNICIAN DI P.T. DOWELL ANADRILL SCHLUMBERGER (DAS)


Reno Firdaus Kusnadi
Jurusan Teknik Industri (PKK), Fakultas Teknik
Universitas Mercu Buana
Jalan Meruya Selatan No. 1 Jakarta Barat
E-Mail : RFirdausKusnadi@gmail.com


ABSTRACT

     This study aims to determine the implementation of the recruitment and selection process of employee at P.T. Dowell Anadrill Schllumberger (Schlumberger Limited.). Especially for Field Specialist and Maintenence Technician position. To investigate the factors, goals, and alternatives that should be considered in the preparation of employee recruitment and selection Field Specialist and Maintenance Technician Models. This arthicle uses descriptive quantitative research method base on the case studies. Based on this study concluded : Analysis and Descriftive study on Recruitment and Selection process for Field Specialist and Maintenance Technician at P.T. Dowell Anadrill Schlumberger compresed of several stages, for recruitment process the company will give the information to all campus which have relations with company, Take the minimum requirenment, how to apply and more information about the selection process ; such as three minutes answering the puzzle (questions), aptitude test (written), group discussion, HR interview, Users interview, and medical examination. The main factors  that influence the management informulating models of recruitment and selection of employees grouped into two parts : internal factors and external factors. The company's main objectives to design model of recruitment and selection is to get a suitably qualified employees, could work underpressure, willing to relocate, and improve the competitiveness of enterprises, who will growth up the carier through the company.

Keywords : Implementation of Recruitment, Selection, Field Specialist, Maintenance Technician.


ABSTRAK

     Artikel studi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari proses rekrutmen dan seleksi karyawan di P.T. Dowell Anadrill Schlumberger (Sclumberger Limited). Khususnya untuk posisi Field Specialist dan Maintenance Technician. Untuk menginvestigasi faktor, tujuan, dan alternatif yang sesuai dari segi persiapan dan pelaksanaan model proses rekrutmen dan seleksi jabatan Field Specialist dan Maintenance Technician. Artikel ilmiah ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang diterapkan di lapangan dan sesuai dengan  studi kasus. Berdasarkan studi artikel ini dapat disimpulkan bahwa proses rekrutmen dan seleksi karyawan untuk posisi Field Specialist dan Maintenance Technician di P.T. Dowell Anadrill Schlumberger melalui beberapa tahapan, untuk proses rekrutmen perusahaan akan memberitahukan perihal peluang karir tersebut ke semua kampus yang sudah bekerjasama. memberikan beberapa persyaratan yang mendasar, bagaimana cara melamar, dan informasi lanjutan untuk proses seleksi, seperti : berbicara dan menjawab pertanyaan dalam 3 menit, tes tertulis, diskusi grup, interview HRD, interview user, dan tes kesehatan. Faktor utaa yang mempengaruhi manajemen dalam menerapkan sistem rekrutmen dan seleksi tersebut terdiri dari 2 faktor, internal dan eksternal. Tujuan utama perusahaan melakukan model rekrutmen dan seleksi ini adalah untuk mendapatkan kandidat yang sesuai persyaratan, dapat bekerja dibawah tekanan, dapat di rotasi ke daerah, dan meningkatan daya saing perusahaan, dan yang mempunyai keinginan maju bersama perusahaan.

Kata Kunci : Pelaksanaan Rekrutmen, Seleksi, Field Specialist, Maintenance Technician.


PENDAHULUAN

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah, terutama minyak dan gas bumi. SDA yang melimpah tersebut menarik perhatian bagi ilmuan-ilmuan dan praktisi bidang perminyakan untuk meneliti dan mengeksplorasi kekayaan Sumber daya alam tersebut. Dengan semakin melimpahnya kekayaan tambang, khususnya minyak dan gas bumi, maka dibutuhkan teknik-teknik dan parah ahli untuk mengeksplorasi kekayaan minyak ini untuk kebaikan dan kemaslahatan manusia sebagai pengguna.

Menurut Malayu S. P. Hasibuan (2009, p-244). "Sumber Daya Manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu. Perilaku dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkunganya sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya". Menurut Steven Wanner, Randall S. Schuller dan Susan E. Jacson (2013, p.13) "Sumber Daya Manusia adalah semua orang yang pada saat ini memberikan kontribusi untuk melakukan pekerjaan organisasi, serta orang-orang yang berpotensial dapat memberikan kontribusi di masa depan dan seseorang yang memberikan kontribusi di masa lalu".

Untuk memperoleh karyawan yang tepat dan berkualitas maka dibutuhkan beberapa proses yang harus dijalankan. Proses untuk mendapatkan karyawan yang tepat dan berkualitas ini terdiri dari proses rekrutmen dan seleksi. proses rekrutmen dan seleksi ini harus benar-benar dipahami dan dimengerti agar dalam penerapan proses ini dapat menghasilkan karyawan yang tepat dan berkualitas seperti yang diinginkan oleh perusahaan. Berikut ini adalahg metode-metode perekrutan calon-calon karyawan untuk bergabung ke organisasi tertentu, menurut Raymond J. Stone (2008). Metode rekrutmen terdiri dari metode rekrutmen dalam dan metode rekrutmen luar. Metode rekrutmen dalam terdiri dari, Pertama adalah sistem pencatatan yang terkomputerisasi yaitu komputer yang mengandung penciptaan bank yang mengandung rincian pribadi, kualifikasi dan sejarah pekerjaan masing-masing. kedua adalah pemasaran lowongan pekerjaan dengan tujuan untuk menginformasikan kepada karyawan mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia. perusahaan dapat melakukannya dengan pemasangan pengumuman, laporan berkala.  metode perekrutan luar terdiri dari pengiklanan di koran lokal maupun nasional masih dilakukan beberapa perusahaan. agar efektif, kepala surat harus memiliki berita yang menarik perhatian, kualitas pribadi, kualifikasi yang terperinci, keahlian dan kemampuan penting demi kesuksesan, kemudian iklan harus menaikan citra perusahaan sebagai tempat yang baik untuk bekerja.

P.T. Dowell Anadrill Schlumberger merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang jasa eksplorasi, dan pengeboran minyak dan gas bumi. Induk perusahaan berada di Paris, Prancis dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri P.T. Dowell Anadrill Schlumberger bernaung dibawah Sclumberger Limited Company, yang memiliki kantor pusat di Jakarta Selatan. Untuk memperluas cakupan lokasi eksplorasinya, perusahaan membuka beberapa kantor cabang (base) di beberapa lokasi di Indonesia, sebagai contoh di Duri Riau dan Balikpapan kalimantan timur. Pada artikel ini akan difokuskan pada perusahaan yang bergerak di Jakarta area.

Proses rekrutmen dan seleksi memiliki peranan penting bagi perusahaan. proses ini dilakukan dengan  benar dapat membantu perusahaan meningkatkan produktifitas dan tercapaiya visi dan misi perusahaan. batasan Jurnal ilmiah ini adalah proses rekrutmen dan seleksi untuk posisi Field Specialist dan Maintenance Technician. Field Specialist adalah posisi yang mengutamakan kandidat ang dapat bekerja di lapangan, memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi, dapat bernegosiasi dengan client, memiliki analisis yang kuat mengenai proses eksplorasi yang terjadi di lapangan, sehingga menghasilkan kepuasan client terhadap performa dari perusahaan. sedangkan posisi Maintenance technician adalah posisi yang mengutamakan kandidat memiliki analisis yang kuat di bidang pemeliharaan mesin dan asset, mengatur jadwal pemeliharaan, melaksanakan proses pemeliharaan, dan membantu supervisor lapangan jika terjadi kendala di lokasi pengeboran yang berkaita dengan proses pemeliharaan tersebut.

Rumusan masalah dalam artikel ilmiah ini adalah bagaimana pengelolaan sumber daya manusia yang ada pada P.T. Dowell Anadrill Schlumberger, khususnya proses rekrutmen dan seleksi posisi Field Specialist dan Maintenance Technician. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sumber daya manusia yang adal di P.T. Dowell Anadrill Schlumberger.


METODE PENULISAN


Jenis metode penulisan jurnal ilmiah ini menggunakan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penulisan yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena  buatan manusia. Fenomena ini bisa berupa bentuk, aktifitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan lainnya. Penulisan deskriptif merupakan mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misal kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau kecendrenungan yang sedang berlangsung (Sugiyono, 2008, p.18). Menggunakan  metode kualitatif karena membutuhkan gambaran kondisi alammiah yang terjadi pada objek, yaitu apa yang terjadi pada perusahan yang ditelitu, sehingga berdasarkan gambaran yang ada, dapat dianalisa lebih mendalam dengan dukungan data-data yang ada, dan diharapkan hasil akhir yang diberikan tidak hanya sekedar data dan informasi, tetapi juga informasi yang bermakna, bahkan ilmu baru yang berguna sebagai usulan.


HASIL DAN PEMBAHASAN

Schlumberger Limited. adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang ekplorasi jasa pengeboran minyak dan gas bumi, saat ini Schlumberger merupakan salah satu perusahaan jasa eksplorasi minyak dan gas bumi terbesar di dunia, berpusat di Prancis dan Amerika Serikat. Bidang jasa yang diberikan oleh perusahaan adalah diantaranya, jasa wireline, pengeboran, cementing, fracturing, artificial lift, dan beberapa bidang jasa lainya. Di Indonesia sendiri P.T. Dowell Anadrill Schlumberger beroperasi di semua wilayah Indonesia, dari ujung sumatera sampai ujung Papua, memiliki satu kantor pusat di Jakarta, dan 3 kantor cabang (base) di jakarta Utara, Duri dan Balikpapan.

Sclumberger meruapakan salah satu perusahaan yang paling banyak diincar oleh kandidat pencari kerja, khususnya lulusan fakultas teknik dari berbagai universitas, ini dapat dilihat dari booth Schlumberger yang selalu penuh dan antrian yang panjang dari kandidat untuk melamar di perusahaan. batasan masalah yang akan dibahas adalah proses perekrutan dan seleksi karyawan Schlumberger untuk posisi Field Specialist dan Maintenance Technician. Deskripsi singkat telah dijabarkan sebelumnya bahwa Field Specialist akan ditempatkan di lokasi eksplorasi yang bertujuan memberikan hasil job yang sesuai dengan kepuasan client, dan Maintenance Technician sebagai ahli teknisi untuk mesin-mesin dan units yang dimiliki oleh perusahaan.

Rekrutmen FS dan MT

Proses rekrutmen yang dilakukan oleh P.T. Dowell Anadrill Schlumberger untuk posisi Field Specialist dan Maintenance Technician dilakukan dengan pengiklanan Walk In Interview yang biasanya dilakukan di JobFair kampus-kampus terkenal di Indonesia. dalam poster/pamflet yang diiklankan dijabarkan tentang nama posisi yang dibutuhkan, persyaratan (requirenment) dan bagaimana cara untuk melamar posisi tersebut. berikut contoh iklan yang disebarluaskan melalui jobfai kampus.


Posisi Field Specialist dan Maintenance technician secara umum dilakukan dengan cara perekrutan eksternal, atau perusahaan mencari kandidat-kandidat yang akan ditempatkan di salah satu posisi dengan pencarian diluar organisasi, karena posisis-posisi tesebut tidak memerlukan kandidat yang memiliki pengalaman kerja yang terlaluy tinggi, bahkan untuk kandidat Fresh graduate bisa melamar untuk posisi ntersebut. Persyaratan umum yang dibutuhkan adalah lulusan dari Diploma 3/ Diploma 4 sari semua area fakultas teknik, dengan minimal IPK sebesar 2.80 dari skala 4.00, memiliki kemampuan berbicara bahasa inggris yang aktif, mudah beradaptasi, memiliki motivasi kerja yang tinggi dan dapat bekerja di bawah tekanan. Kemudian akan diberikan inforasi sejelas2nya mengenai bagaimana kandidat yang tertarik dan memiliki kualifikasi yang sesuai untuk melamar posisi tersebut? dikatakan bahwa kandidat hanya membuka situs perusaahaan di careers.slb.com dan mencari link Field Specialist Trainee / Maintenance Technicia Trainee, kemudian mengisi biodata yang telah diminta pada situs tersebut, menenpelkan daftar riwayat hidup atau CV sebagai bahan pertimbangan perusahaan, kemudian perusahaan akan memberikan informasi mengenai jadwal dan tempat pelaksanaan walk in interview yang akan dilakukan, dan kandidat akan diberitahukan maksimal satu minggu sebelum kegiatan walk in interview berlangsuung via e-mail maupun no handphone yang sudah di-submit saat pengisian formulir.

Seleksi Calon Karyawan

Seleksi karyawan akan dilakukan dengan proses walk in interview yang dilaksanakan secara serentak dan semua kandidat yang sudah melamar akan di undang untuk menghadiri proses seleksi tsb. proses seleksi biasanya dilakukan di aula kampus-kampus tertentu dan di hall sebuah hotel yang sudah bekerjasama dengan perusahaan. berikut adalah tahapan-tahapan proses seleksi yang dilakukan oleh P.T. Dowell Anadrill Schlumberger untuk posisi Field Specialist dan Maintenance Technician :
  • Three Minutes Speaking
    Pada proses ini, kandidat akan diberikan satu kesempatan untuk mengambil secarik kertas yang disediakan oleh tim seleksi Schlumberger, kemudian membacanya secara lantang kemudian menjawab pertanyaan yang diberikan pada kertas tersebut di hadapan HRD. Contoh pertanyaanya seperti : will you working relocate to Papua?. Penilaian tahapan ini adalah bagaimana kandidat menjawab dengan baik dan dengan bahasa inggris yang mumpuni.penialain kedua adalah cara berbicara, cara menjawab dan ekspresi ketika berbicara.
  • Aptitide test
    Proses ini merupakan test tertulis, dimana kandidat yang lolos pada tahapan Three minutes speaking akan diberikan satu lembar kertas jawaban dan beberapa lembar soal, soal terdiri dari 3 bagian, yaitu matematika, bahasa inggris dan pengetahuan umum, semua soal berbasis kepada bahasa inggris, waktu yang diberikan adalah 60 menit.
  • Group Discussion
    Tahapan ini dilaksanakan secara kontinyu, dimana proses pertama sampai ketiga akan dilakukan di hari yang sama. proses group discussion ini, kandidat-kandidat yang telah lolos tahap aptitude test akan dikelompokan kedalam beberpa grup. satu grup biasanya terdiri dari 5-8 orang, tergantung jumlah kandidat yang lolos tahapan aptitude test. kemudian masing2 grup diberikan beberpa perangkat alat, spseti kertas karton, gunting, lem, perekat, dll. kemudia setiap grup diinstruksikan untuk membuat satu maket / prototype sederhana mengenai rig/lokasi pengeboran minyak. Tahapan ini perusahaan akan melihat keaktifan masung2 kandidat di setiap grup. kepemipinanya, cara berbicara, cara mengarahkan teman nya, dll. kemudia setalah maket selesai, tiap-tiap kandidat dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil maketnya tersebut di hadapan semua HRD dan auidience yang hadir, menggunakan bahasa inggris yang aktif.
  • HR-Interview
    Interview dengan pesonnel department, dilakukan setelah proses walk in interview yang terdiri dari Three minutes speaking, aptitude test dan group discussion. kandidat akan diundang satu persatu ke salah satu kantor perusahaan yang terdekat dengan lokasi alamat kandidat. proses interview HR biasanya mencari tahu tentang karakteristik dan minat calon karyawan itu sendiri, dapat dibuktikan dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan interviewer kepada kandidat. mengenai diri sendiri, minat dan bakat, hobby, kemampuan berbicara dan tujuan karir kandidat.
  • User Interview
    Tahapan interview yang terakhir, dimana kandidat yang lolos tahapan HR interview akan diundang kembali untuk hadir di user interview. kandidat akan diseleksi langsung oleh manajer bagian tempat dimana calon karyawan nanti akan ditempatkan, interviewer merupakan manajer bagian departemen tersebut. Biasanya tahapan interview ini bersifat lebih analitis dan mengetahui bagaimana calon karyawan mengambil sebuah keputusan, kemampuan analisa sintesa, kepemimpinan, pertanyaan-pertanyaan teknis dari user biasanya menjadi bahan pertimbangan yang penting dalam tahapan ini, kandidat juga akan ditanya perihal budaya kerja, gaji dan tunjangan yang diberikan, serta gambaran umum tentang jabatan dan pekerjaan yang akan dilakukan kandidat dikemudian hari jiika lolos semua tahapan seleksi.
  • Medical Examination
    Tes seleksi terakhir yaitu tes kesehatan yang dilakukan oleh klinik atau rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan perusahaan. Pemilihan paket tes kesehatan ini dibagi menjadi 2, yaiutu field employee dan office employee. Field employee atau pegawai lapangan mendapatkan paket tes kesehatan yang jauh lebihn lengkap dan kompleks dibandingkan dengan office employee, hal ini menjadi dasar yang kuat bahwa pegawai nanti selain mempunyai kualitas yang kuat dari segi pemikiran dan pendidikan, juga memiliki kondisin fisik yang baik agar pekerjaanya menjadi lebih baik dan tanpa halangan kesehatan yang berarti.
Proses seleksi diatas bersifat negatif, artinya tiap-tiap tahapan dapat menggugurkan kandidat. semakin tahapan berlanjut maka akan semakin sedikit kandidat yang mengikuti proses. P.T. Dowell Anadrill Schlumberger tidak melaksanakan tes psikologi atau psikotest yang pada umumnya dilakukanj oleh beberapa perusahaan, hal ini dikarenakan perusahaan lebih menitikberatkan pada softskill karyawan/calon karyawan, dimana 90% tes dilaksanakan secara berbicara langsung/ speaking. sedangkan hanya 1 tahapan yaitu aptitude test yang dilakukan secara tertulis.

Penempatan Karyawan

Terkait dengan penempatan yang dilakukan oleh P.T. Dowell Anadrill Schlumberger, yang menjadi pertimbangan dalam menempatkan karyawan adalah tentang pekerjaan yang akan dikerjakan oleh karyawan tersebut atau dicocokan dengan kemampuan dari karyawan tersebut. selain itu diperusahaan juga terjadi penanaman nilai-nilai moral yang membuat karyawan tersebut secara tidak langsung menerapkan nilai-nilai tersebut seperti disiplin dan bekerja aman sesuai ketentuan HSE.kemudian kondisi lingkungan yang nyaman juga mendukung karyawan tersebut untuk lebiih konsentrasi dengan bekerja,

P.T. Dowell Anadrill Schlumberger akan memberikan satu tahapan lagi kepada calon karyawan sebelum dia memutuskan untuk menerima pekerjaan dan jabatan tertentu. khususnya untuk posisi Field Specialist, yaitu tahapan Field Exposure. Tahapan ini calon karyawan akan dikirimkan ke kantor cabang perusahaan yang lokasi nya dekat dengan sumur pengeboran dimana karyawan nanti akan bekerja. sebagai contoh, calon karyawan untuk posisi Field Specialist dikirinm ke kantor cabang di Duri, Riau. dimana nanti calon FS akan melihat tahapan-tahapan pekerjaan yang akan dia lakukan, seperti proses keselamatan, proses kualitas, dll. Setelah tahapan ini diharapkan peserta mempunyai gambaran yang jelas dan terperinci mengenai pekerjaan yang akan dia lakukan nanti, konsekuensi dan tekanan pekerjaan yang akan dihadapi. Field exposure dilakukan dalam kurun waktu satu minggu dan ketika calon karyawan kembali ke Jakarta, perusahaan akan menghubungi untuk kontrak perjanjian kerja dan keputusan akhir dari calon karyawan setelah melakukan Field Exposure.

Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan analisis dan pembahasan pada bab 4, maka dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan rekrutmen posisi Field Specialist dan Maintenance Technician dilakukan secara eksternal, dimana perusahaan mencari kandidat dari luar perusahaan dengan cara pemasangan iklan dan pengumuman di kampus-kampus yang sudah bekerjasama dengan perusahaan. Terkadang perusahaan mengalami kesulitan untuk menemukan kandidat yang sesuai untuk menempati posisi tersebut, khususnnya dari segi asal universitas calon karyawan, dan minimal IPK yang diterapkan oleh perusahaan. P.T. Dowell Anadrill Schlumberger secara garis besar lebih mengutamakan kandidat yang berasal dari universtas ternama yang sudah menjalin kerjasama yang sudah baik dengan perusahaan.

Dalam proses seleksi karyawan untuk posisi Field Specialist dan Maintenance technician dilakukan dengan memanggil seluruh kandidat yang melamar via website careers.slb.com dan akan melaksanakan tahapan walk in interview, yang terdisir dari 3 tahapan, yaitu Three Minutes Speaking, Aptitude Test, dan Group Discussion. Tahapan ini dilakuka dalam hari yang sama, proses walk in interview ini bersifat negatif, artinya kandidat akan semakin berguguran dalam setiap tahapan yang dilalui. Kemudian setelah walk in intervew akan dilaksanakan HR interview oleh departemen personalia dan User Interview yang akan dilaksanakan oleh manajer bagian yang nantimya calon karyawan akan ditempatkan, proses seleksi yang terkahir adalah Medical Examination atau tes kesehatan, Jika selurug tahapan seleksi karyawan ini lolos, maka kandidat akan diundang untuk melaksanakan Field Exposure.

Penempatan yang dilakukan oleh P.T. Dowell Anadrill Schlumberger adalah sesuai dengan permintaan tiap-tiap departemen yang ada, dimana kebutuhan karyawan lapangan biasanya jauh lebih besar dibandingkan karyawan office. Untuk Jabatan Field Specialist, kandidat akan dikirim ke lokasi pengeboran secara langsung untuk melihat kondisi dan budaa kerja di lapangan, memahami aspek keselamatan dan kualitas menjadi hal yang vital dalam kegiatan ini, Field Exposure dilakukan satu minggu dan ketika kandidat kembali ke jakarta, baru lah perusahaan akan memberikan penawaran kerja secara resmi, lengkap dengan kontrak kerja dan gaji yang diberikan.

Saran yang diberikan dalam penulisan ini adalah. Pertama, dalam melakukan proses rekrutmen sebaiknya perusahaan berusaha untuk tidak membeda-bedakan asal universitas dimana calon kandidat memenuhi pendidikanyya, karena bisa jadi kandidat terbaik justru muncul dari universitas yang tidak begitu terkenal.  Kedua, Pada tahapan seleksi sebaiknya dilaksanakan juga psikotest dan test bakat skolastik, jadi selain perusahaan mendapatkan kandidat yang terbaik, perusahaan juga mempunyai data psikologi karyawan, minat dan bakat sampai talenta yang sebaiknya menjadi perhatian bagi perusahaan. Ketiga, sebaiknya perusahaan tidak hanya mengirim Field Specialist untuk mengikuti tahapan Field Exposure, karena jabatan Maintenance Technician juga memerlukan orientasi lebih dengan pekerjaanya, khsusnya mengenal analisis pemeliharaan yang sebaimnya diperkenalkan sejak awal.


DAFTAR PUSTAKA


  • Bellionardi, Alpius Rama Kusuma. Pujiarti, Emiliana Sri. 2013. Model Analisis Perekrutan dan Seleksi Karyawan di P.T. Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI). Diunduh tanggal 14 juni 2016. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=126517
  • Kartika, Chandra Syatreya. 2014. Analisis Rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan pada P.T. Arta Boga Cemerlang Surabaya. Diunduh tanggal 14 juni 2016. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=93957
  • Pangow, Claudia Irene. 2106. Studi deskriptif proses rekrutmen dan seleksi karyawan di D'season hotel Surabaya. diunduh tanggal 14 juni 2016. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=397403
  • Harjanto, Arif. 2014. sistem pendukung seleksi calon karyawan berdasarkan hasil tes psikologi kepribadian menggunakan metode AHP (studi kasus di KALIMASADA). diunduh tanggal 14 juni 2016. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=397403
  • Kusnadi, Reno Firdaus. 2016. Penerapan rekrutmen berbasis manajemen talenta. dilihat pada 14 juni 2016. http://sdmberkualitas.blogspot.co.id/2016/03/penerapan-rekrutmen-berbasis-manajemen.html
  • Kusnadi, Reno Firdaus. 2016. Proses seleksi sebagai kebutuhan vital organisasi. dilihat pada 14 juni 2016. http://sdmberkualitas.blogspot.co.id/2016/03/proses-seleksi-sebagai-sebuah-kebutuhan.html
  • Hidayat, Atep Afia. 2015. Rekrutmen dan seleksi. Jakarta. Universitas Mercu Buana.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.