Sunday, July 16, 2023

PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS

 

ABSTRAK

            Artikel ini membahas tentang bagaimana menerapkan manajemen waktu dalam kehidupan guna mencapai efektivitas. Waktu adalah sumber daya yang pasti namun dengan mudah bisa berlalu tanpa bisa kembali untuk digunakan pada kesempatan berikutnya. Pentingnya menjaga waktu untuk dapat digunakan sebaik-baiknya . Seorang perlu belajar dan berlatih menyelamatkan waktu dan menggunakannya secara baik, efektif dan efisien. Artikel ini disusun untuk mengetahui pentingnya manajemen waktu, karna dengan manajemen waktu dapat membantu kita bekerja lebih efektif dengan skala prioritas 

Kata Kunci: Manajemen Waktu, Efektivitas.

PENDAHULUAN

            Manajemen waktu merupakan salah satu keterampilan penting kepemimpinan, bahkan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan suatu bisnis. Kepemimpinan dalam organisasi, khususnya terkait masalah pengambilan keputusan tentang masa depan bisnis, sangat tergantung pada pihak tingkat manajemen.Waktu merupakan hal penting dalam hidup. Pentingnya menjaga waktu untuk dapat digunakan sebaik-baiknya. Waktu  merupakan  komoditi yang terbatas. Semua    orang mempunyai   sumber   waktu   yang sama  yaitu  24  jam. Didalam 24 jam itu ada yang harus dikelola secara efektif. Manajemen waktu sangat memberikan pengaruh dan hasil yang lebih baik jika diterapkan dengan sungguh-sungguh dan disiplin.

Manajemen waktu adalah tindakan dan proses perencanaan dan pelaksanaan kontrol sadar atas sejumlah waktu yang akan digunakan untuk aktivitas tertentu, khususnya untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Waktu adalah sumber daya yang pasti namun dengan mudah bisa berlalu tanpa bisa kembali untuk digunakan pada kesempatan berikutnya. Seorang perlu belajar dan berlatih menyelamatkan waktu dan menggunakannya secara baik, efektif dan efisien.

 RUMUSAN MASALAH

  1. Apa Definisi Manajemen Waktu?

2.      2. Apa Fungsi Manajemen Waktu?

3.     3.  Apa Manfaat Penerapan Manajemen Waktu?

PEMBAHASAN

1.      Definisi Manajemen Waktu

Menurut     Forsyth     (2009), pengertian  dari manajemen  waktu  adalah  cara  bagaimana  membuat waktu  menjadi  terkendali  sehingga menjamin terciptanya sebuah efektifitas     dan     efisiensi     juga produktivitas.dalam  hal  ini,  diatur

tentang bagaimana tata cara dalam pengelolaan dari waktu yang ada

Menurut Dewi (2011:7) mengatakan bahwa manajemen waktu adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas waktu.Waktu menjadi saalah satu sumber daya unjuk kerja.Sumber daya yang mesti dikelola agar sebuah tugas dapat dikerjakan secara efektif dan efisien.

Dari penjelasan berikut dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas waktu melalui memprioritaskan, menjadwalkan, melaksanakan sebuah kegiatan sehingga sebuah pekerjaan dapat dikerjakan secara efektif dan efisien.

 

2.      Fungsi Manajemen Waktu

Manajemen waktu memiliki beberapa fungsi untuk pengelolaan waktu agar menjadi lebih efektif dan efisien. Hal itu berdasarkan pada Dewi (2011:9-11) fungsi-fungsi manajemen waktu sebagai berikut:

1.      Perencanaan Waktu

Perencanaan diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dengan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam artian ini perencanaan waktu merupakan penentuan waktu yang tepat agar sesuai dan tepat dengan tujuan yang direncanakan berkaitan dengan waktu, maka rencana membuat jadwal bisa harian, mingguan, dan bulanan.Rencana dibuat dengan menitikberatkan prioritas kerja seseorang. Ciri-ciri perencanaan waktu, yaitu:

 a. Jelas, dalam mengidentifikasi pekerjaan yang dilakukan. Jadwal kegiatan harus didistribusikan secara harian, mingguan, dan bulanan sehingga seseorang dapat mengerjakan tugas yang diembannya.

b. Realistis, dalam arti berdasarkan pemikiran dalam mengatur jadwal, bila Anda baru saja menyelesaikan tugas, jangan memaksa diri untuk menyelesaikan tugas yang selanjutnya. Jadi, jangan sampai Anda terkekang dengan jadwal yang anda buat tersebut.
c. Fleksibel, dalam artian ini, jadwal kegiatan yang telah dibuat hendaknya dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi serta dapat mengantisipasi perubahan yang ada.
d. Berkesinambungan, dalam arti perencanaan jadwal kegiatan pimpinan berjalan terus menerus sehingga stagnan atau berhenti pada periode tertentu.

  1. Meningkatkan produktivitas efisiensi dalam pekerjaan
  1. Meningkatkan Kepuasan Pekerjaan dan Peningkatan Peluang
  1. Mengurangi Kadar Stress dan Tekanan
  1. Mencapai Target dan Tujuan

2.      Pengkoordinasian Waktu  

Pengkoordinasian adalah suatu usaha untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan orang lain atau diri sendiri agar mau bekerja secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana dan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini pengkoordinasian waktu adalah kegiatan untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan kegiatan agar kegiatan dapat tercapai secara efektif dan efisien serta sesuai dengan perencanaan waktu yang telah dibuat serta tujuan yang diinginkan.

3.      Pengawasan Waktu

Pengawasan adalah kegiatan untuk memastikan apakah semua pekerjaan telah berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.Dalam hal ini pengawasan waktu adalah kegiatan untuk menyesuaikan jadwal kegiatan dengan yang telah direncanakan sebelumnya.Tujuannya adalah untuk mengoreksi jadwal yang tidak sesuai dengan rencana, ketepatan waktu dan kualitas pekerjaan yang hasilkan pada masing-masing kegiatan.Ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan menyusun jadwal selanjutnya.

 

3.      Manfaat Penerapan Manajemen Waktu

Adapula manfaat dari penerapan manajemen waktu pada kehidupan kita yakni:

Sebuah manajemen waktu yang baik akan mampu membawa fokus dan perhatian Anda pada target pencapaian. Anda tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas jika Anda mempunyai manajemen waktu yang tersusun baik.

Pekerjaan yang selesai tepat waktu dan sesuai tentu akan menambah rasa puas secara pribadi dan memberi Anda lebih banyak kelebihan waktu serta peluang untuk mengeksplorasi peluang- peluang lain yang ada.

Dengan tercapainya target pekerjaan dan ketepatan waktu dapat mengurangi beban kerja, stress juga tekanan. Disamping itu Anda juga berpeluang untuk merevisi pekerjaan yang Anda rasa kurang memadai dengan lebih cermat tanpa khawatir.

Target yang diinginkan akan lebih cepat terealisasi dan sasaran yang hendak dituju menjadi jelas serta terselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

 

DAFTAR PUSTAKA

Dewi, Irra.Manajemen Kesektariatan.2011. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya 

Widyastuti.2004. “Manajemen Waktu Menurut Para Ahli”.

Forsyth, P. 2009. Janganlah sia - siakan waktumu. Yogyakarta: PT. Gara Ilmu.

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-manajemen-waktu-pengertian-manfaat-serta-fungsinya/

https://media.neliti.com/media/publications/167302-ID-time-management-menggunakan-waktu-secara.pdf

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.