Sunday, July 16, 2023

Pentingnya Manajemen Organisasi Bagi Mahasiswa

 


Abstrak

Manajemen organisasi adalah proses untuk mengendalian yang dimulai dari perencaan dan pengorganisasian terkait dengan sumber daya dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang bermacam-macam. Manajemen adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk mangatur semuanya dengan baik, agar dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efesien. Manajemen Dalam kehidupan sehari-hari sangat pentig, karena dengan adanya manajemen kita bisa mengatur semua kegiatan agar dapa dilakukan dengan efesien dan efektif. Hadir organisasi dalam kehidupan mahasiswa dikampus tentu mampu memberi warna tersendiri. Dimana mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya diluar perkuliahaan sehingga menjadi manusia yang siap dalam menghadapi tantangan zaman. Dalam berorganisasi guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi baru dalam menjalankan tugasnya sebagai aktivis organisasi. Dengan prinsip-prinsip manajemen suatu organisasi akan dapat mencapai tujuannya prinsip itu pula yang seharusnya dapat diterapkan dalam pengelolaan organisasi kemahasiswaan. Mahasiswa dapat merasakan manfaat dari adanya organisasi kemahasiswaan yang mampu memberikan suguhan-suguhan dan dampak postif

Kata kunci: manajemen, organisasi mahasiswa.

PENDAHULUAN

Dalam semua orang memiliki tujuan dalam hidupnya masing-masing. Manajemen organisasi merupakan suatu hal yang penting dalam lembaga pendididkan ataupunmasyarakat, terutama di kalangan mahasiswa Kenapa demikian ? karena organisasi sangat bermanfat dan membantu untuk menjalankan sebuah tujuan yang ingin dicapai dalam segi apapun itu. Maka dari itu, penting bagi kita untuk berorganisasai sehingga kita bisa menambah pengetahuan, pengalaman, wawasan,kekeluargaan dan menjalin hubungan social antar sesama agar dapat melatih diridan mengembangkan potensi yang kita miliki dengan mempelajarinya sebaikmungin, karena organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang bekerja untukmencapai suatu tujuan yang sama.

organisasai juga merupakan salah satualat komunikasi yang kuat karena dengan cara berkomunikasi senantiasamelakukan sosialisasi dan berinteraksi satu sama lain sehingga dapatmenghubungkan dan membangkitkan kinerja dalam suatu tim. untukmengembangkan peranannya sebagai mahasiswa lakukan dengan cara bergabungdi organisasi mahasiswa, karena dengan berorganisasi mahasiswa bisa lebihmengembangkan perannya sebagai mahasiswa baik itu itu akademis maupunintelektual karena pada dasarnya akan terjun di masyarakat, dan tidak perlukhawatir bahwa mengikuti organisasi dapat mengganggu aktivitas perkuliahanataupun tugas, hal itu tidak menuntuk kemungkinan untuk tidak menjadikan suatubeban, justru dengan mengikuti organisasi kita dapat melatih mental, rasa percaya diri dan tidak gerogi karena sudah terbiasa belajar dari organisasi tersebut.

Rumusan masalah

  1.             Apa pengertian organisasi
  2.            Mengapa organisasi itu penting?
  3.            Apa fungsi manajemen dalam organisasi kemahasiswaan?

Tujuan

  1.           Untuk mengetahui hubungan organisasi antar masyarakat
  2.           Untuk mengetahui manajemen organisasi kemahasiswaan


PEMBAHASAN

1.       Pentingnya wadah yang terdapat dalam sekumpulan orang-orang yang bekerja mengemban tugas untuk mencapai suatu tujuan yang baik, yang didalamnya terdapat struktur pembagian kerja dan struktur tata kerja antar kelompok pemegang posisi.

Namun bagi sebagian mahasiswa menjadi seorang akademis saja tidaklah cukup, kebutuhan akan pengalaman dinamika kehidupan mahasiswa yang lebih berwarna mendorongnya untuk terjun kedunia organisasi. Bagi kalangan mahasiswa menjadi organisatoris merupakan suatu kebutuhan dan kebanggan, bahkan tidak jarang pula yang ketika sebelum masuk perguruan tinggi tidak aktif berorganisasi namun setelah manyandang status mahasiswa mereka menjadi aktivis kampus.

2.       Penting nya berorganisasi

Disisi lain organisasi juga sangat penting dalam kehidupan. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya pentingnya sebuah organisasi dalam kehidupan yaitu:

a.       Melatih mental agar ketika berbicara tidak gugup

b. Pengembangan diri untuk meningkat intergritas kepribadian yang dapat menerapkan, meningkatkan dan mengembangkan ilmu kepengetahuan

c.       Menjadi mahasiswa yang kritis

d.       Menambah teman

3.       Fungsi manajemen dalam organisasi mahasiswa

Dalam pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu ranah manajemen adalah organisasi, maka dalam hal keorganisasian Salam (2014: 30) mengatakan bahwa secara sederhana manajemen diartikan mengelola, mengatur sumber daya organisasi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari serangkaian kegiatan menggerakan seluruh sumber daya organisasi agar secara sinergik menuju pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien. pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Organisasi itu sendiri secara bahasa berasal dari istilah Yunani organon dan istilah Latin organum yang berarti alat, bagian, anggota, atau badan (Manullang, 2012: 59). Secara istilah, banyak pendapat berbeda terkait pendefinisian organisasi tergantung dari sudut pandang siapa yang mendefinisikan. Namun secara garis Manullang besar organisasi memiliki tiga ciri, yaitu:

1) Adanya sekelompok orang

2) Terjadinya hubungan dalam suatu kerjasama yang harmonis

3) Tujuan bersama yang dicapai melalui kerja organisasi yang didasarkan atas hak, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing anggotanya.

Pentingnya peran penting manusia dalam tubuh organisasi mendorong setiap orang yang terlibat didalamnya untuk menjunjung tinggi perilaku organisasi (organizational behavior). Perilaku organisasi ini sangat penting untuk diterapkan dalam berorganisasi, hal ini dikarenakan perilaku organisasi itu terkait dengan apa yang dilakukan individu dalam suatu organisasi dan bagaimana perilaku mereka mempengaruhi kinerja organisasi. Dalam organisasi, kebutuhan akan manajemen tidak terelakkan lagi, karena dalam pelaksanaannya manajemen memiliki empat fungsi pokok, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC).

- Planning berarti memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini, minggu depan, bulan depan, tahun depan, setelah lima tahun, dan seterusnya) dan membuat rencana untuk dilaksanakan.

- Organizing berarti menciptakan suatu struktur organisasi dengan bagianbagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bagianbagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut. Pengorganisasia juga dapat dimaknai sebagai upaya membuat penggunaan maksimal dari sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana dengan baik. 

- Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. 

- Controlling adalah proses pengawasan performa setiap unsur untuk memastikan bahwa jalannya organisasi sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan

KESIMPULAN

Dalam kehidupan yang serba canggih ini manajemen sangat berperan penting dalam kehidupan. Jadi, manajemen harus dilakukan dalam segala sesuatu didunia ini. Karena semua yang dilakukan perlu adanya manajemen agar dapat terlaksana dengan baik, walaupun manajemen sangat sulit dilakukan karena setiap manusia terkadang ingin bebas melakukan hal yang mereka inginkan tanpa adanya konsep apa yang harus dilakukannya dan merasa bosan bahkan sungkan untuk menepati manajemen jadwal yang sudah dibuat.

Dalam suatu organisasi, manajemen sangat dibutuhkan. Dengan manajemen organisasi akan berjalan dengan baik, karena dalam prosesnya manajemen memiliki empat fungsi pokok, yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (bertindak) dan controlling (pengawasan). Jika fungsi-fungsi tersebut dapat dijalankan dengan baik maka bukan hal yang mustahil tujuan organisasi akan dapat tercapai secara efektif dan efisien.


DAFTAR PUSTAKA
 Astuti, A. R. T. (2019). Manajemen Organisasi (Teori dan Kasus). IAIN Parepare Nusantara Press. 
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Pengantar Manajemen 
Follet, M. P. (2005). Pengertian Manajemen. Manajemen: Dasar, Pengertian dan masalah. PT Bumi Aksara, Jakarta.







No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.