Thursday, June 2, 2016

Efektifitas Penerapan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Berbasis Manajemen Talenta

ABSTRAK

Manajemen Talenta merupakan sistem strategis dan terstruktur dengan terpadu dimulai dari proses rekrutmen, memelihara sampai mengembangkan karyawan yang bertalenta. atau disebut juga proses perekrutan, pengembangan dan retensi pada karyawan secara terpadu dalam jangka waktu yang panjang.
Pertnyaanya adalah, apakah yang dimaksud manajemen talenta? perusahaan seperti apa yang menerapkan manajemen talenta? apa peran dan hasil yang didapatkan suatu perusahaan ketika sudah menerapkan siste manajemen talenta? dasn bagaimana caranya berkomitmen terhadap sistem manajemen talenta, bahkan mengembangkanya ke arah yang lebih baik.

PENDAHULUAN

Dewasa ini perusahaan besar memiliki sistem manajemen SDM yang lebih terstruktur, apa dampaknya? tentu dengan semakin baiknya manajemen SDM yang diterpakan akan semakin menambah nilai postif untuk perusahaan. sudah selayaknya SDM dengan talenta tertentu harus menempati posisi tertentu, sehingga terjadi kesesuaian yang menghasilkan kinerja yang optimal dan maksimal untuk karyawan maupun perusahaan. tentunya pada saat proses rekrutmen, dimana proses ini adalah proses paling awal perusahaan mencari dan menemukan karyawan2 yang memiliki nilai tambah, yang disebut talenta.

Yang membedakan antara satu negara dengan negara lain adalah manusianya. yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lain adalah manusianya. dan yang membedakan satu manusia dengan manusia lain adalah karakter dan kompetensinya, menurut Arief Yahya dalam laporan tahunan Telkom Indonesia (2013).

Maka dapat didefinisikan sebagai berikut : Talenta merupakan bentuk kemampuan khusus. Bakat merupakan suatu kondisi dimana menunjukan potensi seseorang untuk mengembangkan kecakapan dalam suatu bidang tertentu. Bakat ada yang timbul terpendam. Aptitude didefinisikan sebagai bakat, ketangkasan, kecerdasan, kesanggupan, dan kecenderungan. Hal ini menyangkut kapasitas untuk berprestasi dikemudian hari. Dari beberapa definisi diatas dapat ditarik benang merah bahwa talenta adalah kemampuan yang didapatkan dari lahir, yang dikembangkan dengan hoby dan dukungan keluarga maupun sekitarnya.

Sementara itu, untuk memprediksi kinerja individu dimasa datang melalui kriteria-kriteria memecahkan masalah dan membuat keputusan, mencapai target kerja, dan menyampaikan ide atau gagasan, biasanya menggunakan managerial aptitude test. beragam tes menyangkut bakat atau talenta sudah banyak diterapkan, baik dilingkugan organisasi bisnis, politik, sosial, pemerintahan, maupun perguruan tinggi. dikenal juga test bakat skolastik yaitu tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan. Tes ini juga mencerminkan tingkat kecerdasan IQ seseorang.

DEFINISI MANAJEMEN TALENTA

Diseluruh dunia, khususnya perusahaan - perusahaan kelas dunia telah terjadi evolusi dan reformasi organisasi sospol dan ekonomi. hal ini menuntut adanya perubahan manajemen secara mendasar. dari era kompetensi berubah ke era talenta. Perkembangan manajemen talenta dengan latar belakang sejumlah isu yang berkembang (Affif, 2013)  : Bagaimana merekrut SDM secara lebih efektif yang berbasis kompetensi? ; Bagaimana cara mengembangkan pemimpin untuk memperuat budaya, menanamkan nilai-nilai, dan menciptakan suksesi kepemimpinan berkelanjutan ; Bagaimana kesenjangan kompetensi dapat diidentifikasi dengan  cepat sehingga organisasi dapat memberikan pelatihan, atau mengembangkan program untuk mengisi kesenjangan tersebut. ; Bagaimana kita dapat mempekerjakan orang-orang yang tepat. ; Bagaimana cara mengelola para pekerja dengan konsisten dan terukur sehingga setiap pekerja diperlakukan adil, bertanggungjawab, digaji dan dihargai secara sepadan?

Peranan man ajemen talenta pada suatu perusahaan semakin penting dan sangat vital. ternyata menurut beberapa penelitian terbukti dari 80% keberhasilan bisnis sebanyak 20% disumbangkan oleh karyawannya. karyawan adalah asset dan unsur investasi efektif perusahaan. dengan demikian talenta mereka seharusnya dikelola dan dikembangkan melalui sistem manajemen talenta yang baik. Selain itu sistem manajemen talenta juga berarti perbaikan proses pekerjuaan yang dicerminkan dengan perbaikan sistem informasi manajemen dan penerapan pengembangan SDM yang efektif. dengan hal ini karyawan akan siap dengan menerima tanggung jawab yang lebih besar.

APLIKATIF MANAJEMEN TALENTA DI PERUSAHAAN BESAR

Dengan beberapan definisi dan pengertian sistem manajemen talenta, disini kita akan membahas lebih lanjut terkait denga aplikatif dan contoh penerapan sistem manajemen talenta yang sukses dan diakui oleh dunia.

Langkah-langkah implementasi meliputi : ikut berbagi pelatihan mengenai manajemen talenta dan fungsi-fungsi manajemen SDM yang terkait dengannya. ; pelajari konsep dan praktek manajemen talenta dari berbagai publikasi ; lakukan benchmarking pada organisasi yang telah bagus dari berbagai program manajemen talenta ; perjelas visi, misis dan strategi organisasi serta kriteria talenta yang dimaksudkan ; identifikasi kompetisi inti organisasi. ; perjelas posisi-posisi kunci atau level manajerial yang penting sebagai sasaran pusat pengembangan telenta.

Pengembangan manajemen talenta diharapkan menghasilkan manajer masa depan yang memiliki keunggulan. dalam hal ini mengapa hanya sedikit great manajer dibandingkan bukan great manager dibeberapa perusahaan? karena jumlahnya lah yang sedikitn dan langka. dalam hal ini manajer yang buruk trtrnyata menempati 82% dari jumlah manajer yang ada.


Daftar Pustaka :

  • Hidayat, Atep Afia. 2011. Sistem manajemen talenta. jakarta. Universitas mercu Buana.
  • Rachmawati, Meida. 2014. Strategi untuk menerapkan talent management dalam perusahaan. dinunduh tanggal 2 juni 2016.
  • Kusumawijaya, Ida Ketut. 2011. Peran mitra strategis dan agen perubahan dalam manajemen talenta dan kinerja manajer. diunduh tanggal 2 juni 2016.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.