Monday, May 29, 2023

Kuis 11: PENTINGNYA KOMUNIKASI DI DALAM SEBUAH ORGANISASI

 Oleh: Waskito Sandy Utomo (@AA09-waskito)


Abstrak

Artikel ini dibuat untuk mengetahui seberapa pentingnya komunikasi di dalam sebuah organisasi. Dan dalam artikel dijelaskan apa itu komunikasi organisasi. Adapun informasi yang didapatkan dari internet terkait komunikasi organisasi ini. Dalam sumber tersebut dijelaskan tetang komunikasi dan komunikasi organisasi.

Kata kunci: artikel,komunikasi,organisasi

Abstract

This article was created to find out how important communication is in an organization. And in the article it is explained what organizational communication is. The information obtained from the internet related to this organizational communication. In this source explained about communication and organizational communication.

Keywords: article,communication,organization

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam keseharian manusia selalu dituntut untuk membangun relasi antara satu dan yang lainnya. Seutuhnya secara fitrah manusia yang terkombinasi dari lintas individu, etnis, budaya, agama yang berbeda-beda. Manusia sebagai eksistensi merupakan perwujudan makhluk yang dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan ini sebagai tuntutan realitas dunia yang kompetitif. Untuk mewujudkan eksistensi itu manusia mencoba memrakarsai realitas sosial agar tidak terpuruk dalam ketidakmampuan. Sehingga secara manusiawi dituntut untuk memenuhi semua itu.

Permasalahan

1.     Apa itu komunikasi organisasi?

2.     Bagaimana alur komunikasi di dalam organisasi?

Tujuan

1.     Mengetahui apa itu komunikasi organisasi

2.     Tahu seperti apa alur komunikasi dalam organisasi

 

SOLUSI DAN PEMBAHASAN

A.    Komunikasi

Pengertian komunikasi atau communication berasal dari bahasa latin communis atau dalam bahasa inggrisnya common berarti sama. Apabila kita berkomunikasi berarti kita dalam keadaan berusaha untuk menimbulkan suatu persamaan dalam hal sikap dengan seseorang. Jadi pengertian komunikasi secara harfiah adalah proses menghubungi atau mengadakan perhubungan. Jennifer M. George (2006 : 437) mendefinisikan bahwa komunikasi adalah membagi informasi antara dua orang atau lebih atau kelompok untuk mencapai pemahaman bersama, (Comunication the shering of information between two or more individuals or group to reach a common understanding).

Berkomunikasi merupakan suatu kebutuhan hidup manusia. Dengan berkomunikasi manusia akan dapat berhubungan antara satu dengan yang lain, sehingga kehidupan manusia akan bermakna. Disisi lain ada sejumlah kebutuhan dalam diri manusia itu hanya dapat dipenuhi melalau komunikasi dengan sesama. Makin banyak manusia itu melakukan aktivitas komunikasi antara satu dengan yang lainnya, akan semakin banyak informasi yang didapatnya dan semakin besar peluang keberhasilan seseorang itu dalam kehidupannya.

B.    Komunikasi Organisasi

Organisasi dapat diartikan sebagai suatu sistem individu yang relatif stabil yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama melalui struktur hierarki dan pembagian kerja. Tata hubungan di antara anggota organisasi relatif stabil; kestabilan susunan organisasi menjadikan organisasi berfungsi secara efektif dalam mencapai tujuannya. Susunan organisasi dapat meramalkan komunikasi di antara anggotanya dan karenanya mempermudah tercapainya tujuan organisasi tersebut (Rogers, 1976: 6).

Komunikasi organisasi adalah proses pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam organisasi baik yang terjadi di dalam kelompok formal maupun kelompok informal di dalam organisasi (Safaria, 2004 : 133). Goldhaber (Muhammad, 2009 : 67) memberikan definisi komunikasi organisasi sebagai berikut : “organizational communication is the process of creating and exchanging message within a network of interdependent relationship to cope with environmental uncertainty.” Dalam definisi ini terlihat bahwa komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. Dan tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian.

Hal yang membedakan komunikasi organisasi dan komunikasi di luar organisasi adalah struktur hierarki yang merupakan karakteristik dari setiap organisasi. Misalnya, saya sebagai pimpinan perusahaan tekstil memerintahkan kepada pedagang sayur keliling untuk mengisi faktur penjualan barang jika mengeluarkan barang dagangannya, barangkali pedagang tersebut akan menuduh saya sebagai orang aneh. Lain halnya jika permintaan tersebut disampaikan kepada Kepala Bagian Penjualan bawahan saya, yaitu dengan menginstruksikan bahwa pengeluaran barang dari perusahaan tekstil harus tertulis di dalam faktur penjualan tersebut.

C.    Alur Komunikasi Organisasi

            Komunikasi organisasi memegang peran yang sangat penting dalam pengintegrasian dan pengkoordinasian semua bagian dan aktivitas di dalam organisasi, salah satu fungsi penting stuktur organisasi adalah membatasi aliran komunikasi. Hal ini akan mengurangi permasalahan yang diakibatkan oleh kelebihan informasi. Beberapa dari permasalahan organisasi dipecahkan dengan tidak meningkatkan tetapi justru membatasi aliran komunikasi dan merinci secara jelas informasi yang bagaimana yang harus dikumpulkan, diproses dan dianalisis.

Berikut Alur Komunikasi dalam Organisasi:

1.     Alur Komunikasi Kebawah

Komunikasi kebawah menunjukan arus pesan yang mengalir dari para atasan atau para pimpinan kepada bawahannya. Kebanyakan komunikasi ke bawah digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang bersifat tugas-tugas dan pemeliharaan. Pesan tersebut biasanya berhubungan dengan pengarahan, tujuan, disiplin, perintah,pertanyaan dan kebijaksanaan umum.

2.     Alur Komunikasi Ke Atas

Yang dimaksud dengan komunikasi ke atas adalah pesan yang mengalir dari bawahan kepada atasan atau dari tingkat yang lebih rendah kepada tingkat yang lebih tinggi. Semua karyawan dalam suatu organisasi kecuali yang berada pada tingkatan yang paling atas mungkin berkomunikasi ke atas. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk memberikan balikan, memberikan saran dan mengajukan pertanyaan. Komunikasi ini mempunyai efek pada penyempurnaan moral dan sikap karyawan, tipe pesan adalah integrasi dan pembaruan.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

            Berkomunikasi merupakan suatu kebutuhan hidup manusia. Dengan berkomunikasi manusia akan dapat berhubungan antara satu dengan yang lain, sehingga kehidupan manusia akan bermakna. Organisasi dapat diartikan sebagai suatu sistem individu yang relatif stabil yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama melalui struktur hierarki dan pembagian kerja. Komunikasi organisasi adalah proses pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam organisasi baik yang terjadi di dalam kelompok formal maupun kelompok informal di dalam organisasi. Komunikasi organisasi memegang peran yang sangat penting dalam pengintegrasian dan pengkoordinasian semua bagian dan aktivitas di dalam organisasi, salah satu fungsi penting stuktur organisasi adalah membatasi aliran komunikasi.

            Saran saya sebagai penulis berkomunikasilah dengan orang, dengan berkomunikasi kita bisa dapat pengetahuan yang mungkin kita belom tau. Dalam menyampaikan informasi sampaikan lah informasi tersebut secara jelas dan tepat agar orang lain yang menerima informasi tersebut tidak salah pengertian terhadap informasi yang disampaikan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Argha Hernanda Sasmita, Endang Fatmawati. 2012. Alur Komunikasi Organisasi di UPT Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Jawa Tengah: Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Dalam https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/727/703 (Di akses pada 28 Mei 2023)

Kuswarno Engkus. 2001. Efektivitas Komunikasi Organisasi. Dalam https://scholar.archive.org/work/fsexir66i5gvzhjmaklhtzj5la/access/wayback/http://ejournal.unisba.ac.id:80/index.php/mediator/article/download/699/381 (Di akses pada 28 Mei 2023)

Zahara Evi. 2018. Peranan Komunikasi Organisasi bagi Pimpinan Organisasi. Sumatera Utara: Universitas Dharmawangsa. Dalam https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/viewFile/8/6 (Di akses pada 28 Mei 2023)



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.