Oleh: Waskito Sandy Utomo (@AA09-waskito)
Abstrak
Artikel
ini dibuat untuk mengetahui seberapa pentingnya komunikasi di dalam sebuah
organisasi. Dan dalam artikel dijelaskan apa itu komunikasi organisasi. Adapun
informasi yang didapatkan dari internet terkait komunikasi organisasi ini.
Dalam sumber tersebut dijelaskan tetang komunikasi dan komunikasi organisasi.
Kata kunci: artikel,komunikasi,organisasi
Abstract
This
article was created to find out how important communication is in an organization.
And in the article it is explained what organizational communication is. The
information obtained from the internet related to this organizational
communication. In this source explained about communication and organizational
communication.
Keywords:
article,communication,organization
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam
keseharian manusia selalu dituntut untuk membangun relasi antara satu dan yang
lainnya. Seutuhnya secara fitrah manusia yang terkombinasi dari lintas
individu, etnis, budaya, agama yang berbeda-beda. Manusia sebagai eksistensi
merupakan perwujudan makhluk yang dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhannya.
Kebutuhan ini sebagai tuntutan realitas dunia yang kompetitif. Untuk mewujudkan
eksistensi itu manusia mencoba memrakarsai realitas sosial agar tidak terpuruk
dalam ketidakmampuan. Sehingga secara manusiawi dituntut untuk memenuhi semua
itu.
Permasalahan
1. Apa
itu komunikasi organisasi?
2. Bagaimana
alur komunikasi di dalam organisasi?
Tujuan
1. Mengetahui
apa itu komunikasi organisasi
2. Tahu
seperti apa alur komunikasi dalam organisasi
SOLUSI
DAN PEMBAHASAN
A. Komunikasi
Pengertian komunikasi atau communication berasal dari
bahasa latin communis atau dalam bahasa inggrisnya common berarti sama. Apabila
kita berkomunikasi berarti kita dalam keadaan berusaha untuk menimbulkan suatu
persamaan dalam hal sikap dengan seseorang. Jadi pengertian komunikasi secara
harfiah adalah proses menghubungi atau mengadakan perhubungan. Jennifer M.
George (2006 : 437) mendefinisikan bahwa komunikasi adalah membagi informasi
antara dua orang atau lebih atau kelompok untuk mencapai pemahaman bersama,
(Comunication the shering of information between two or more individuals or
group to reach a common understanding).
Berkomunikasi merupakan suatu kebutuhan hidup manusia.
Dengan berkomunikasi manusia akan dapat berhubungan antara satu dengan yang
lain, sehingga kehidupan manusia akan bermakna. Disisi lain ada sejumlah
kebutuhan dalam diri manusia itu hanya dapat dipenuhi melalau komunikasi dengan
sesama. Makin banyak manusia itu melakukan aktivitas komunikasi antara satu
dengan yang lainnya, akan semakin banyak informasi yang didapatnya dan semakin
besar peluang keberhasilan seseorang itu dalam kehidupannya.
B. Komunikasi
Organisasi
Organisasi dapat diartikan sebagai suatu sistem
individu yang relatif stabil yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
melalui struktur hierarki dan pembagian kerja. Tata hubungan di antara anggota
organisasi relatif stabil; kestabilan susunan organisasi menjadikan organisasi
berfungsi secara efektif dalam mencapai tujuannya. Susunan organisasi dapat
meramalkan komunikasi di antara anggotanya dan karenanya mempermudah
tercapainya tujuan organisasi tersebut (Rogers, 1976: 6).
Komunikasi organisasi adalah proses pengiriman dan
penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam organisasi baik yang terjadi di
dalam kelompok formal maupun kelompok informal di dalam organisasi (Safaria, 2004
: 133). Goldhaber (Muhammad, 2009 : 67) memberikan definisi komunikasi
organisasi sebagai berikut : “organizational communication is the process of
creating and exchanging message within a network of interdependent relationship
to cope with environmental uncertainty.” Dalam definisi ini terlihat bahwa
komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam
satu jaringan hubungan yang saling tergantung sama lain untuk mengatasi
lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. Dan tujuan
komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling
pengertian.
Hal yang membedakan komunikasi organisasi dan
komunikasi di luar organisasi adalah struktur hierarki yang merupakan
karakteristik dari setiap organisasi. Misalnya, saya sebagai pimpinan
perusahaan tekstil memerintahkan kepada pedagang sayur keliling untuk mengisi
faktur penjualan barang jika mengeluarkan barang dagangannya, barangkali
pedagang tersebut akan menuduh saya sebagai orang aneh. Lain halnya jika
permintaan tersebut disampaikan kepada Kepala Bagian Penjualan bawahan saya,
yaitu dengan menginstruksikan bahwa pengeluaran barang dari perusahaan tekstil
harus tertulis di dalam faktur penjualan tersebut.
C. Alur
Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi memegang peran
yang sangat penting dalam pengintegrasian dan pengkoordinasian semua bagian dan
aktivitas di dalam organisasi, salah satu fungsi penting stuktur organisasi
adalah membatasi aliran komunikasi. Hal ini akan mengurangi permasalahan yang
diakibatkan oleh kelebihan informasi. Beberapa dari permasalahan organisasi
dipecahkan dengan tidak meningkatkan tetapi justru membatasi aliran komunikasi
dan merinci secara jelas informasi yang bagaimana yang harus dikumpulkan,
diproses dan dianalisis.
Berikut
Alur Komunikasi dalam Organisasi:
1. Alur
Komunikasi Kebawah
Komunikasi kebawah
menunjukan arus pesan yang mengalir dari para atasan atau para pimpinan kepada
bawahannya. Kebanyakan komunikasi ke bawah digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan
yang bersifat tugas-tugas dan pemeliharaan. Pesan tersebut biasanya berhubungan
dengan pengarahan, tujuan, disiplin, perintah,pertanyaan dan kebijaksanaan umum.
2. Alur
Komunikasi Ke Atas
Yang dimaksud dengan komunikasi ke
atas adalah pesan yang mengalir dari bawahan kepada atasan atau dari tingkat
yang lebih rendah kepada tingkat yang lebih tinggi. Semua karyawan dalam suatu
organisasi kecuali yang berada pada tingkatan yang paling atas mungkin
berkomunikasi ke atas. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk memberikan
balikan, memberikan saran dan mengajukan pertanyaan. Komunikasi ini mempunyai
efek pada penyempurnaan moral dan sikap karyawan, tipe pesan adalah integrasi
dan pembaruan.
KESIMPULAN
DAN SARAN
Berkomunikasi merupakan suatu
kebutuhan hidup manusia. Dengan berkomunikasi manusia akan dapat berhubungan
antara satu dengan yang lain, sehingga kehidupan manusia akan bermakna. Organisasi
dapat diartikan sebagai suatu sistem individu yang relatif stabil yang bekerja
sama untuk mencapai tujuan bersama melalui struktur hierarki dan pembagian
kerja. Komunikasi organisasi adalah proses pengiriman dan penerimaan berbagai
pesan organisasi di dalam organisasi baik yang terjadi di dalam kelompok formal
maupun kelompok informal di dalam organisasi. Komunikasi organisasi memegang
peran yang sangat penting dalam pengintegrasian dan pengkoordinasian semua
bagian dan aktivitas di dalam organisasi, salah satu fungsi penting stuktur
organisasi adalah membatasi aliran komunikasi.
Saran saya sebagai penulis berkomunikasilah
dengan orang, dengan berkomunikasi kita bisa dapat pengetahuan yang mungkin
kita belom tau. Dalam menyampaikan informasi sampaikan lah informasi tersebut secara
jelas dan tepat agar orang lain yang menerima informasi tersebut tidak salah
pengertian terhadap informasi yang disampaikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Argha
Hernanda Sasmita, Endang Fatmawati. 2012. Alur Komunikasi Organisasi di UPT Perpustakaan
Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Jawa Tengah: Universitas
Diponegoro (UNDIP) Semarang. Dalam https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/727/703
(Di akses pada 28 Mei 2023)
Kuswarno
Engkus. 2001. Efektivitas Komunikasi Organisasi. Dalam https://scholar.archive.org/work/fsexir66i5gvzhjmaklhtzj5la/access/wayback/http://ejournal.unisba.ac.id:80/index.php/mediator/article/download/699/381
(Di akses pada 28 Mei 2023)
Zahara
Evi. 2018. Peranan Komunikasi Organisasi bagi Pimpinan Organisasi.
Sumatera Utara: Universitas Dharmawangsa. Dalam https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/viewFile/8/6
(Di akses pada 28 Mei 2023)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.