Sunday, April 30, 2023

DASAR DASAR MANAJEMEN


Disusun Oleh : Siti Rahmah Aladawiyah Ainiya (41621010011)

PENGERTIAN DASAR DASAR MANAJEMEN


Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian sumber daya organisasi (seperti tenaga kerja, keuangan, teknologi, dan material) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam pengelolaan organisasi, manajemen juga melibatkan pembuatan keputusan, pengawasan, dan pengambilan tindakan untuk memastikan bahwa sumber daya organisasi digunakan secara efektif dan efisien. Manajemen juga melibatkan koordinasi dan motivasi tenaga kerja, serta komunikasi yang efektif di antara anggota organisasi. Dalam era modern, manajemen seringkali diterapkan secara ilmiah dengan menggunakan teori, prinsip, dan teknik yang terus berkembang untuk mencapai efisiensi dan efektivitas yang lebih baik dalam pengelolaan organisasi.


Terry (2005:1) memberi pengertian manajemen yaitu suatu proses atau kerangka kerja, uang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Hal tersebut meliputi pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan, menetapkan cara bagaimana melakukannya, memahami bagaimana mereka harus melakukannya dan mengatur efektivitas dari usaha-usaha yang telah dilakukan


FUNGSI MANAJEMEN


Pada dasarnya, fungsi manajemen dibagi menjadi tiga, yaitu :


1. Perencanaan (planning)

Perencanaa adalah memikirkan apa yang dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.


2. Pengorganisasian (organizing)


Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil


3. Pengarahan (directing)


Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha. 


UNSUR UNSUR MANAJEMEN 


1. Human (manusia)

2. Money (uang)

3. Materials (bahan)

4. Machenis (mesin)

5. Methods (metode)

6. Market (pasar)


MACAM MACAM KONSEP MANAJEMEN 


1. Manajemen produksi

2. Manajemen sumber daya manusia

3. Manajemen pemasaran

4. Manajemen keuangan

5. Manajemen informasi

6. Manajemen strategi

7. Manajemen operasi


MANAJEMEN STRATEGI


Manajemen strategi (strategic management) menurut (Hunger, 2003) adalah “serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang}. 


MANFAAT MANAJEMEN STRATEGI 


1. Dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan lebih cepat dan lebih tepat. 


2. Menjadi lebih peka dalam menjawab ancaman yang datang dari luar perusahaan. 


3. Membuat keputusan terbaik dikarenakan interaksi kelompok mengumpulkan berbagai strategi yang lebih besar. 


4. Kerjasama dalam tim karyawan di dalam perumusan strategi akan dapat memperbaiki pengertian mereka atas penghargaan produktivitas di dalam setiap perencanaan strategi dan dengan demikian dapat mempertinggi motivasi kerja mereka. 


5. Organisasi yang menggunakan konsep manajemen strategi akan lebih profitable (menguntungkan) dan lebih berhasil daripada yang tidak menerapkannya.


REFERENSI


Hunger. (2003). Manajemen Strategis Konsep- Konsep. (9th ed.). Jakarta: INDEX.


Sarifudin Saputra. (2019). Makalah Dasar Dasar Manajemen. Universitas ; Instititut Agama Islam Negeri Sas Bangka Belitung. 


Siti Qona’ah S. Sos. MM. (2020). Dasar Dasar Manajemen. Jakarta ; Universitas Bina Sarana Informatika. https://repository.bsi.ac.id/repo/files/237854/download/MODUL-DASAR-DASAR-MANAJEMEN-(ok).pdf






No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.