Friday, May 26, 2023

Kuis 10 Kepemimpinan dalam Kewirausahaan


oleh : Marisa Rezzy Rachmawati (41621010010)


 Abstrak

Karakteristik seorang pemimpin berkaitan dengan kekuasaan yang dimilikinya, bahkan hingga saat ini para ilmuwan juga menekankan kebutuhan akan konsep kepemimpinan sebagai fenomena kekuasaan. Sementara kewirusahaan merupakan konsep yang mampu menjamin terjadinya proses perbanyakan populasi organisasi, dan sekaligus meletakkan landasan bagi tumbuhnya populasi baru. pertumbuhan populasi baru itu, berdasar kajian sosiologis cukup terkait dengan kewirausahaan yang dapat mempengaruhi terjadinya stratifikasi maupun ketidaksamaan dalam kehidupan masyarakat banyak.

Kata kunci : Pemimpin, Kewirausahaan.


Abstract

The characteristics of a leader are related to the power he has, even today scientists also emphasize the need for the concept of leadership as a phenomenon of power. Meanwhile, entrepreneurship is a concept that is able to guarantee the process of increasing the population of organizations, and at the same time laying the foundation for the growth of a new population. Based on sociological studies, the growth of the new population is quite related to entrepreneurship which can affect the occurrence of stratification and inequality in the lives of many people.

Keywords: Leader, Entrepreneur.


Pendahuluan

Istilah entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang padanannya dalam bahasa Indonesia disebut wirausaha. ada yang menggunakan istilah wiraswasta. Kareana swasta dalam bahasa indonesia berarti bukan milik pemerintah maka dalam tulisan ini memilih menggunakan istilah wirausaha. Menurut Shefsky (1994) kata entrepreneur berasal dari Bahasa Latin yaitu entre, pre, dan neur: dimana entre artinya masuk, pre artinya sebelum dan neur artinya pusat syaraf. Jika diartikan secara leterlek memang agak membingungkan, tetapi jika dicermati perkataan ini mengandung mAkna pekerjaan syaraf atau dapat dimaknai proses berfikir untuk melakukan sesuatu mengatasi berbagai problematika. dan Kepemimpinan dalam konteks kewirausahaan, harus terlihat dalam tubuh organisasi perusahaan secara umum, khususnya tentang bagaimana sikap kewirausahaan dalam menangani pengelolaan kepemimpinan strategis dalam hubunganya dengan kinerja perusahaan. Dalam hal ini penting untuk menentukan batas-batas atau definisi tentang perushaaan yang diritis dan didirikan oleh kewirausahaan.


Rumusan masalah

Adapun rumusan masalah yang diambil dari pemaran materi yang telah disampaikan, antara lain:

1. Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan?

2. Apa saja sifat dari kepemimpinan wirausaha?

3. Karakteristik apa saja yang harus dimiliki wirausaha?

4. Apa sifat kepemimpinan yang harus dimiliki?


Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah yang diambil dari uraian pendahuluan diatas, antara lain:

1. Dapat mengetahui definisi kepemimpinan.

2. Dapat mengetahui sifat kepemimpinan sebagai wirausaha.

3. Dapat memahami karakteristik jiwa wirausaha.

4. Dapat mengetahui sifat kepemimpinan yang harus dimiliki.


Pembahasan

Menurut arti secara harfiah, pimpin berarti bimbing. Memimpin berarti membimbing atau menuntun. Pemimpin merupakan orang yang memimpin ataupun seorang yang menggunakan wewenang serta mengarahkan bawahannya guna mengerjakan pekerjaan mereka untuk mencapai tujuan tertentu dari organisasi. Seperti manajemen,kepemimpinan (leadership) telah didefinisikan dengan berbagai cara yang berbeda oleh berbagai orang yang berbeda pula. Menurut Stoner, (1996 : 161) menyatakan bahwa kepemimpinan adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktifitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok. Sedangkan kewirausahaan menurut Alma (2003) meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi.Kewirausahaan ini didasarkan pada disain produk yang efektif dan keberhasilan komersialisasi. menghasilkan disain dan manufaktur produk yang efektif dan efisien, hal ini dapat menjadi dasar bagi daya saing srategis. Kewirausahaan meliputi komitmen, cara berpikir, dan tindakan untuk mengembangkan dan mengelola inovasi. Kaitannya dengan kepala sekolah sebagai pemimpin yang berjiwa wirausaha Menurut Sagala (2004:176) disebut dengan kepemimpinan wirausaha pemimpin pendidikan seperti kepala sekolah.

Sifat Kepemimpinan Wirausaha sifat benar benar ada pada diri inividu dengan seluruh pribadi manusia yaitu mempunyai eksistensi dalam diri pribadi. Sifat (trait) oleh Allport (1951) adalah system neuropsikis yang digeneralisasikan dan diarahkan, dengan kemampuan untuk menghadapi bermacam macam perangsang secara sama, memulai serta membimbing tingkah laku adaptif dan ekspresi secara sama. Sedangkan sikap (attitude) berhubungan dengan sesuatu objek yaitu memberikan penilaian menerima atau menolak (tingkah laku) terhadap objek yang dihadapi (Suryabrata,1986:242). Mengacu pada pemahaman tersebut, maka sifat kepemimpinan memang ada dalam diri masing-masing individu yang tampak menurut kodrat kepemimpinannya secara khas.

Kepemimpinan berjiwa wirausaha perlu mempunyai karakteristik sebagai berikut:

a. Pemimpin yang Kreatif

Kreativitas sebagai buah karya dari berpikir yang diujudkan dalam bentuk karya nyata yang bermanfaat bagi kemajuan manajemen pendidikan.

b. Pemimpin yang Inovatif

selalu dijumpai bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang kreatif tetapi tidak inovatif.

c. Internal Locus Control

Seorang yang berjiwa wirausaha merupakan orang yang percaya pada Internal locus control artinya nasibnya, kehidupannya, keberhasilannya tergantung pada upaya dan semangatnya untuk berhasil.

d. Pekerja keras.

e. Percaya diri

Alma (2002:40) menegasakan bahwa seseorang yang percaya diri dimulai dari pribadi yang mantap tidak mudah terombang ambing, emosionalnya boleh dikatakan sudah stabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam, tingkat sosialnya tinggi, mau menolong orang lain,memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, objektif, dan kritis.

Sifat-sifat Kepemimpinan

berbagai studi perbandingan sifat-sifat pemimpin cenderung lebih tinggi, mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi, lebih ramah, dan lebih percaya diri dari pada yang lain dan mempunyai kebutuhan akan kekuasaan lebih besar. Tetapi kombinasi sifat-sifat tertentu yang akan membedakan antara pemimpin atau calon pemimpin dari pengikut, belum pernah ditemukan. Sehingga timbul anggapan para peneliti sifat-sifat kepemimpinan bahwa pemimpin dilahirkan, bukan dibuat, atau seseorang itu dilahirkan membawa atau tidak membawa sifat-sifat yang diperlukan bagi seorang pemimpin.


Kesimpulan

Kepemimpinan wirausaha akan tampak menonjol dilihat dari sikap mental seorang pemimpin. Jika orangnya mudah was was atau ragu, maka orang iti tidak akan mampu mengambil keputusan secara tepat, dan orang ini akan gagal dalam wirausaha. Tetapi jika seorang pemimpin itu senantiasa meningkatkan kapasitasnya,maau belajar dari pengalaman dirinya sendiri maupun orang lain, memiliki mental baja, ada dorongan dari dalam dirinya untuk selalu meraih kesuksesan, maka pemimpin ini mempunyai watak wirausaha, dan orang ini akan mencapai kesuksesan yang sampai pada tahap yang spektakuler.


Daftar pustaka

Alma, B. (2004). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Bygrave, W. D. (1994). The Portable MBA In Entrepreneurship. New York: John Eilley & Son.

Howard E. Aldrich (2005). Entrepreneurship. The Handbook Of Economic Sociology. Editor: Neil J. Smelser and Richard Swedberg. IInd Ed. Princeton University Press, Princeton and Oxford;


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.