Wednesday, April 13, 2016

Analisis Pekerjaan Bidang Wirausaha



9 Aspek Kewirausahaan

1.      Peluang Usaha Baru

Pengertan: peluang usaha baru adalah peluang usaha yang baru diciptakan baik itu baru dalam bidang usahanya tapi pelaku atau orangnya lama atau baru dilakukan oleh pelaku bisnis atau perorangannya tetapi jenis usahanya lama atau bisa juga keduanya.

2.      Pembiayaan
Pengertian: pembiayaan adalah menyediakan sumber daya yang diperlukan. Dimana dalam membuka sebuah usaha dibutuhkan pembiayaan. Dalam pembiayaan terdapat 2 aspek yang diperlukan pemilik usaha yaitu
1.     Pembiayaan dalam bentuk materiil
2.     Pembiayaan dalam bentuk non materiil

3.      Pemasaran
Pengertian: Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.

4.      Kepemilikan
Pengertian: Yang dimaksud dengan kepemilikan adalah hak pelaku usaha untuk memanfaatkan sumber daya. Dalam kepemilikan terdapat 3 jenis , diantaranya adalah:

                                                 I.            Bentuk usaha perorangan
Yaitu bentuk usaha yang sepenuhnya dikuasai oleh satu orang dan segala konsekuensinya di tanggung pul;a oleh 1 orang baik itu untung maupun ruginya

                                                II.            Bentuk usaha persekutuan
Yaitu bentuk usaha yang di pegang oleh 2 orang atau lebih yang bekerja sama dalam suatu bentuk usaha. Dan segala konsekuensinya baik untung maupun rugi ditanggung bersama

                                                 III.            Bentuk usaha perseroan
Yaitu bentuk usaha yang hak kepemilikannya di pegang oleh beberapa orang dalam bentuk saham tapi hanya 1 orang yang aktif dalam menjalankan usaha tersebut dan sisanya hanya mendapatkan laporan cash flow tetapi jika usaha tersebut mengalami kerugian, kerugian tersebut di tanggung bersama semua pihak yang aktif maupun tidak.


5.      Sumber Daya Manusia
Pengertian: suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Tenaga kerja atau sumber daya manusia yang di cari dan dibutuhkan oleh sebuah usaha haruslah memiliki sikap, kualitas dan pelayanan yang baik.

6.      Organisasi
Pengertian: organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

7.      Kepemimpinan.
Pengertian: kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam mengkoordinasikan dan menjalin hubungan antara sesama manusia sehingga mendorong orang lain untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan hasil yang maksimal.Dalam sebuah kegiatan usaha kepemimpinan sangatlah penting karena dalam sebuah usaha haruslah ada sebuah leader yang mendirect para karyawannya agar tujuan dari kegiatan usaha tersebut tidaklah berubah.

8.      Evaluasi usaha
Pengertian: evaluasi usaha adalah suatu aktifitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha. Evaluasi usaha memiliki prinsip dasar utama yaitu dengan membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi. Dalam evaluasi usaha yang dimilikinya, analisis social yang dim
·         Evaluasi lingkungan
Evaluasi lingkungan yang dilakukan adalah biaya dan manfaat social, Jika keuntungan dia cukup besar dapat membantu masyarakat sekitar.
·         Etika sikap dan etika bisnis

9.      Pengembangan usaha
Pengertian: yang dimaksud dengan pengembangan usaha adalah proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi. Dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha.

Daftar Pustaka:



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.