Saturday, January 9, 2016

Motivasi Kerja

Menurut Hasibuan (1999:95) menyebutkan bahwa motivasi kerja adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja  seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.

motivasi sebagai daya pendorong yang mengakibatkan seorang anggota organisasi mau dan rela untuk menggerakkan kemampuannya (dalam bentuk keahlian atau keterampilan) tenaga dan waktunya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya dan menunaikan kewajibannya, dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.  Motivasi juga merupakan usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu bergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapatkan kepuasan dengan perbuatannya.

Berdasarkan  berbagai definisi di atas dapat disimpulkan bahwa;

1.    Motivasi kerja merupakan bagian yang urgen dalam suatu organisasi yang berfungsi sebagai alat untuk pencapaian tujuan atau sasaran yang ingin dicapai,

2.    Motivasi kerja mengandung dua tujuan utama dalam diri individu yaitu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pribadi dan tujuan organisasi

3.    Motivasi kerja  yang diberikan kepada seseorang hanya efektif manakala di dalam diri seseorang itu memiliki kepercayaan atau keyakinan untuk maju dan berhasil dalam organisasi.

UNSUR-UNSUR PENGGERAK MOTIVASI
1.     Prestasi (achievement )
2.     Penghargaan (recognition)
3.     Tantangan (challenges)
4.     Tanggung Jawab (responsibility)
5.     Pengembangan (development)
6.     Keterlibatan (involvement )
7.     Kesempatan (opportunity)

Motivasi kerja kerja karyawan lebih didasarkan atas financial dan kesempatan berkarir, apabila karyawan memotivasi dirinya untuk bekerja lebih baik dia akan mendapatkan financial dan peningkatan jabatan sesuai dengan prestasi kerja yang dilakukannya.
Motivasi karyawan juga akan bergerak apabila diberikan penghargaan atas kinerja dan target yang  telah dicapai dan dikerjakannya bisa berupa penghargaan dan tertulis dan tentunya penghargaan financial. Atas prestasi kerja yang telah dicapai seorang karyawan, karyawan tersebut berhak mendapat promosi jabatan ke tingkat lebih tinggi lagi untuk meningkatkan karir seorang karyawan. Karyawan juga dapat diikut sertakan dalam training motivasi dan pengembangan potensi karyawan tiu sendiri.

Apabila karyawan termotivasi seperti ini akan berimbas pula ke peningkatan laba perusahaan, karena karyawan akan berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerjanya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.