Wednesday, January 6, 2016

Kesehatan dan Keselamatan Kerja PT. Mulya Adhi Paramita

K3 atau Kesehatan dan Keselamatan kerja adalah suatu pemikiran upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja dalam hal ini manusia untuk menuju masyarakat adil dan makmur.
Secara Keilmuan K3 adalah Semua ilmu dan penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, ledakan dan pencemaran lingkungan.

PT. Mulya Adhi Paramita selaku pelaku industri distributor chemical sangat sadar akan pentingnya K3 untuk kelangsungan usaha perusahaan dan meindungi pekerja dari bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari berbagai macam pekerjaan maupun aktifitas di perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan menerapkan K3 sesuai dengan standar OHSAS dan Menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Komitmen PT. Mulya Adhi Paramita terhadap K3 dapat dilihat dari hal-hal berikut :

1.       Penetapan Komitmen dan Kebijakan K3 oleh Top Management
Kebijakan K3 ditetapkan oleh pihak tertinggi di perusahaan sebagai bentuk ketaatan dan kepedulian perusahaan terhadap karyawan, lingkungan maupun peraturan pemerintah yang berlaku.

2.       Tersertifikasi OHSAS 18001
Hal ini menunjukan bahwa sistem K3 yang terdapat di PT. MAP telah terstruktur dan telah dijalankan baik oleh pihak top management maupun tingkat pelaksana. Perusahaan juga menetapkan zona-zona sesuai dengan tingkat bahayanya, sehingga pegawai yang bekerja di zona berbahaya akan memiliki kesadaran yang lebih tinggi untuk menerapkan K3 di zona tersebut.

3.       Memiliki Dokumen ASDAM (Aspek dan Dampak Lingkungan) dan HIRADC (Hazzard Identification Risk Assesment Determining Control)
Dokumen ASDAM dan HIRADC menjadi acuan bagi perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya sehingga pegawai dapat mengetahui risk assessment untuk dirinya maupun untuk lingkungan di setiap pekerjaan yang dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja dan pencemaran lingkungan akibat aktifitas di PT. MAP.

4.       Melakukan Continous Improvement

PT. Mulya Adhi Paramita selalu melakukan evaluasi terhadap penerapan K3 di perusahaan sehingga dapat melakukan perbaikan secara terus menerus dengan tujuan agar memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja, pencemaran lingkungan dan penyakit akibat kerja.


Daftar Pustaka
Mangkunegara, A.R. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosa Karya. Bandung

Permenaker. 1996. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Nomor : Per.05/MEN/1996

OHSAS. 2007. The Essential Health and Safety Manual. OHSAS 18001 Health and Safety Zone.

Didi Purnama. 2012. Hazard Identification Risk Assesment Determining Control. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular. Jakarta. Dalam : http://bbtklppjakarta.pppl.depkes.go.id/index.php/article/read/hazard-identification-risk-asesment-and-determining-control-hiradc-

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.