Manajemen
Karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan
dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan
keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu
sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan
perencanaan da perkembangan karirnya selanjutnya. Manajemen
karir adalah proses dimana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat karir
individual dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan (Gutteridge, 1976)\
TUJUAN KARIR
Tujuan
atau sasaran karir adalah “posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh
seorang pegawai bila yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan dan
kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut.” Tujuan atau
sasaran karir tidak otomatis tercapai bila seorang pegawai memenuhi syarat yang
harus dipenuhi karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang
harus memenuhi syarat- syarat yang seringkali di luar kekuasaannya yaitu ada
tidaknya lowongan jabatan yang dituju, ada tidaknya keputusan dan referensi
dari pimpinan, dan ada tidaknya kandidat lain yang sama kualitasnya, semua itu
dapat membatasi kemajuan karir seorang pegawai.
PROSES MANAJEMEN KARIR
TAHAP
1 : Career Exploration
Didasarkan
pada tingkat exploration behavior dikembangkan oleh vocational psychologist.
Exploraion behavior mental atau fisik aktifitas seseorang. Dalam hal ini
diperlukan diperlukan informasi mengenai individu tersebut dalam lingkungan.
Informasi digunakan untuk pengembangkan individu dan accupational concept.
TAHAP
2 : Development of Career Goal
Menurut
goal setting theory, tujuan aka mempengaruhi perilaku melalui direct
attentions, stimulating effort, serta facilitating the development strategies
(Loke dan Lartham) kemampuan dan keahlian lewat pengalaman kerja. Jadi kemajuan
karir diperoleh dalam pengabdian
TAHAP
3 : Political System
Terutama
pada perusahaan yang quasimatrix, seperti perusahaan telekomunikasi, akuntansi
dan projek-projek kompleks yang ada dalam organisasi. Oleh James Rosenbaum
disebut sebagai metode allokasi turnamen.yakni bersaing untuk memperebutkan
kesempatan
1. Mengetahui
kebutuhan karyawan
Biasanya
perusahaan Indofood akan menganalisa akan kebutuhan karyawannya. Dengan
mengetahui kebutuhan karyawannya maka memudahkan perusahaan untuk segera
beroperasi dengan baik. Semua karyawan harus bekerja secara profesional sesuai
dengan tanggung jawabnya.
Dengan begitu
perusahaan akan lebih maju dan besar seperti sekarang ini. Menghargai segala
kebutuhan karyawan dan mengadakan tranining untuk mendapatkan hasil yang
maksimal harus di lakukan.
2. Pelatihan
untuk karyawan
Setiap bulan
atau pun setiap kurun waktu berapa lama diadakan mengenai pelatihan baik untuk
pengembangan kemampuan bagi karyawan lama atau pun pelatihan bagi karyawan
baru. Semua ini dilakukan demi mendapatkan karyawan yang profesional dan juga
ahli dalam bidang pekerjaan yang sedang dijalani. Tenaga profesional, ahli dan
juga terdidik akan membuat perusahaan semakin maju dan dapat berkembang dengan
cepat.
3. Training
karyawan baru
Indofood
memiliki cara tersendiri membuat tenaga kerjanya memahami dengan lebih cepat
yang salah satunya melakukan training. Adapun yang mentraining karyawan baru
adalah karyawan yang lebih senior lagi. Semua itu di lakukan agar lebih cepat
tanggap dan juga cepat mengikuti karyawan lama lainnya.
4. Pemilihan
dengan jalan seleksi
Sebelum masuk
kedalam perusahaan biasanya Indofood memberikan serangkaian tes yang harus
dijalani dan juga syarat untuk masuk ke perusahaan tersebut.
Dengan tes dan
juga syarat masuk ke dalam perusahaan yang matang kita akan mendapatkan talent yang
memang benar-benar unggul dalam bidangnya. Sehingga ketika di berikan
penjelasan ketika mulai bekerja mereka akan lebih paham dan mengerti mengenai
tugasnya.
5. Jenjang
karier dan promosi jabatan
Untuk
mengembangkan kemamuan para karyawannya maka biasanya Indofood akan memberikan
jenjang karier dan promosi jabatan bagi karyawan berprestasi.
Semua yang
berprestasi akan dengan mudah naik jabatan karena Indofood ingin mengembangkan
kemampuan yang dimiliki untuk memajukan perusahaan. Selain itu juga yang di
harapkan perusahaan karyawan akan memberikan loyalitas kepada perusahan demi
mengembangkan dan membuat perusahaan menjadi besar dimasa yang akan datang.
6. Menjalin
kerjasama dan hubungan baik dengan karyawan
Pihak
menagement selalu membina hubungan baik dengan karyawan baik yang di pabrik dan
juga di kantor. Hal ini di lakukan indofood agar tak ada kesenjangan dan juga
meningkatkan omset agar dapat meningkatkan keuntungan.
Selain itu
juga indofood memiliki tujuan untuk mensejahterakan karyawan yang bekerja
memajukan perusahaan. Hubungan baik yang tercipta ini biasanya dilakukan juga
kegiatan diluar lingkungan kerja untuk memberikan refresing dan penyegaran
terhadap para karyawannya.
Semua karyawan
senang dan bersemangat kerja itulah yang di harapakn perusahaan demi kemajuan
perusahaan yang di kelola selama ini. Dengan perusahaan yang maju dan memiliki
omset yang sehat akan memberikan penghidupan bagi karyawannya.
Talent
management di Indofood di lakukan secara rutin dengan tujuan memperhatikan
kinerja perusahaan. Dengan terjalin kerjasama yang baik di harapkan akan dapat
membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dan juga pemenuhan gaji yang naik
seiring tiap tahun kenaikan upah minimum regional dan juga harga bahan bakar
minyak yang meningkat ini.
Training yang
di adakan oleh management ini juga untuk mempertahankan kualitas mutu dan
meningkatkannya lagi.
Dengan
kualitas yang baik akan membantu pengusaha menjadi semakin dicintai oleh
masyarakat. Dengan kesetiaan masyarakat menggunakan produk ini maka akan
menambah panjang umur perusahaan yang di kelola. Hal ini yang selalu di
harapkan perusahaan dan juga pemilik saham Pt. Indofood.
Daftar pustaka :
4.
Complete Source of Medical Jobs and Healthcare
Professions
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.